4 Oleh-oleh Berbahan Umbi Khas Malang yang Menyehatkan

Umbi adalah salah satu bahan pangan bergizi tinggi. Selain kandungan seratnya yang tinggi, umbi juga dapat menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Warga Malang pun menyulap aneka ragam umbi menjadi penganan khas alias oleh-oleh berbahan umbi.

Teman traveler yang sedang sowan ke Malang, pastikan mencoba berbagai penganan berikut ini dan menjadikannya sebagai buah tangan saat kembali ke kota asal. Yuk, kita simak bersama!

1. Bakpao Telo, Bakpia Ungu yang Padat Gizi

Dua-duanya sama-sama enak via instagram/oleholehid

Bakpao identik dengan makanan dari daratan Cina yang menggunakan tepung terigu dalam pembuatannya. Nah, kalau di Repoeblik Telo, bakpao diolah menggunakan tepung ubi jalar sehingga bebas gluten. Rasanya jangan ditanya, sedap sekali dan aroma telo-nya sangat terasa.

Bakpao yang diproduksi Repoeblik Telo dominan dengan warna ungu. Tersedia dalam berbagai macam isian seperti cokelat, keju, kacang tanah, daging, strawberry, nanas, dan isian kacang hijau. Bakpao ini cocok dinikmati saat masih hangat dengan segelas teh manis. Ada banyak varian makanan dari ubi jalar yang dibuat di Repoeblik Telo, namun yang paling ikonik memang bakpia dan bakpao telo.

2. Bolu Kukus Khas Singosari

Varian Singosari Bolu Malang via instagram/sbm_agunara

Penggemar bolu harus mencoba Singosari Bolu Malang. Tekstur bolunya sangat lembut karena terbuat dari tepung ubi jalar alias telo. Paduan krim dan taburan keju di atas bolu membuat oleh-oleh berbahan umbi ini semakin istimewa rasanya mulai dari gigitan yang pertama. Teman traveler dijamin pengen nambah lagi.

Singosari Bolu Kukus tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu bolu susu, bolu cokelat, serta varian telo ungu. Yap, betul sekali, karena terbuat dari telo ungu, bolu ini pun berwarna ungu. Bolu kukus ini bisa bertahan 4 hari di suhu ruangan dan apabila bolu ini disimpan di lemari pendingin bisa awet hingga seminggu. Psst, bolu ini tidak mengandung bahan pengawet lho.

3. Keripik Umbi, Camilan Khas Legendaris Kota Malang

Keripik Ubi Ungu via dok.anekakeripikmalang

Ada yang tahu keripik umbi apa saja yang tersedia di Malang? Malang memiliki keripik umbi singkong (cassava chips), keripik ubi madu (sweet potato chips), keripik ubi ungu (purple sweet potato chips), keripik umbi kentang (potato chips), dan keripik umbi Gadung (wild root yam). Selain keripik oleh-oleh berbahan umbi, Malang juga punya banyak keripik buah-buahan.

Rajanya keripik di Malang tak lain adalah Aneka Keripik Malang. Teman traveler bisa mengunjungi gerai penjualan Aneka Keripik Malang di Jl. Mergan Lori Ruko Kav.8, Tanjung Rejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Tokonya buka setiap hari Senin sampai Sabtu, pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

4. Malang Strudel Taro

Malang strudel Taro via dok.MalangStrudel

Malang Strudel yang hits itu juga memiliki varian rasa ubi ungu yang harus temen traveler cobain lho. Ada potongan ubi ungu asli di dalam strudelnya. Ubi ungu ini berpadu dengan adonan kue yang lembut serta puff pastry yang crunchy. Dijamin lezat menggoda.

Nah, sudah tahu kan aneka oleh-oleh berbahan umbi khas Malang yang menyehatkan. Teman traveler pilih yang mana nih?

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang
Share