10 Jajanan Gorengan Jogja, Enaknya Bikin Nambah Terus!

Jalan-jalan ke Jogja jangan hanya mencoba gudeg saja. Pasalnya Jogja punya banyak jajanan gorengan Jogja yang enak dan murah meriah. Pastinya dijamin Teman Traveler bakal ketagihan dengan deretan jajan berikut ini. Intip yuk apa saja!

Tahu Walik

Tahu Walik via Instagram/@makandanjajan

Jajanan pertama yang wajib dicoba saat ke Jogja adalah Tahu Walik. Jajanan asal Banyuwangi ini dibuat dari tahu yang berisi aci dan digoreng terbalik untuk memberikan kesan renyah.

Rasanya yang gurih dan renyah sangat pas dipadukan dengan irisan cabe. Untuk harga Tahu Walik biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 500 – Rp 3.500an. Tahu Walik ini bisa kamu temukan di Jalan Perumnas, Utara SD Muhammadiyah Condongcatur. 

Cakwe Jumbo

Cakwe jumbo via Instagram/@jogjafooddrink

Siapa yang tak suka makan cakwe? Apalagi kalau ukurannya jumbo. Cakwe jumbo ini bisa kamu temukan di samping Hotel Tentrem tepatnya di jalan AM Sangaji (utara hotel Tentrem). Ukurannya yang jumbo bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2.500.

Buat kamu yang suka jalan-jalan sore, kebetulan Cakwe ini mulai dijual pada jam 3 sore sampai habis.

Chicken Popcorn

Chicken Popcorn via Instagram/@jogjacarimakan

Kalau biasanya kamu hanya bisa membeli chicken popcorn di mall ataupun gerai ayam goreng, kali ini bisa beli di pinggir jalan. Selain murah, chicken popcorn ini terasa lebih enak dan lebih renyah.

Untuk kamu yang ingin mencoba segera datang ke depan Masjid Syuhada. Dengan harganya Rp 500an bisa segera habis kalau tidak datang sebelum jam 10 pagi.

Lumpia

Lumpia via Instagram/@temenbuncit

Memang tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba Lumpia di Jogja. Lumpia merupakan jajanan legendaris karena sudah ada sejak 40 tahun lalu. Berbeda dengan Lumpia Semarang yang berisi rebung, lumpia Jogja ini berisi sayuran, ayam cincang, dan telur puyuh.

Lumpia ini akan semakin nikmat jika ditambahkan topping bawang putih tumbuk. Dengan harga Rp 5 ribu kamu sudah bisa membelinya di Jalan Malioboro No.18 (Dekat Hotel Mutiara).

Molen

Molen via Instagram/@jogjacarimakan

Setelah makan makanan berat memang paling cocok ngemil molen nih. Molen merupakan jajanan yang terbuat dari pisang dan biasanya juga bisa diisi cokelat sebagai varian. Makin nikmat lagi jika dimakan selagi hangat-hangatnya, renyah banget!

Untuk kamu yang lagi pingin makan molen, bisa mencari Gorengan Rezeki yang terletak di Depan Indomaret Jalan Jogja-Solo KM 10. Molen ini biasanya dihargai Rp 500 sampai seribu rupiah.

Pisang Kipas

Pisang Kipas via Instagram/@jogjacarimakan

Kalau makan pisang goreng sudah biasa, kali ini ada pisang kipas dengan bentuk unik yang wajib dicoba. Rasanya yang manis dan dipadukan renyahnya pisang selalu menjadi candu untuk pecinta makanan manis. Ukurannya yang jumbo cukup dihargai Rp 1.500 – Rp 3.500.

Pisang kipas ini bisa dibeli di Jalan Laksda Adi Sucipto km 6 no 6A (timur Hotel Royal Ambarrukmo, Jogja.

Tolpit

Tolpit via Instagram/@eatventure.inc

Meski kepanjangannya terbilang ngeres, namun jika mencoba mengigit Tolpit dijamin bikin kamu pingin nambah terus. Alasannya diberi nama unik ini karena bentuknya yang mirip alat kelamin lelaki yang terjepit. Rasanya yang manis dan gurih selalu bikin ketagihan.

Harganya yang Rp 5 ribu sudah dapat 3 biji. Untuk menemukannya kamu bisa datang di berbagai pasar tradisional Bantul seperti Pasar Sanden, Pasar Celep Srigading Bantul, Pasar Bantul, Pasar Kotagede. 

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan via Instagram/@jogjacarimakan

Siang-siang di Jogja memang paling enak menyantap tempe mendoan. Tempe ini akan semakin enak jika diiris tipis dan digoreng dengan tepung sehingga menciptakan gurih dan renyah. Apalagi jika dicocol dengan sambal kecap yang begitu menggoda.

Tempat membeli tempe mendoan yang direkomendasikan adalah di Alembana Coffee yang terletak di Jalan Cendrawasih no.10 Mrican, Caturtunggal, Sleman. Dengan harga 13 ribu kamu sudah dapat banyak tempe mendoan. 

Onde-onde Gardena

Onde-onde Gardena via Instagram/@meyriskaaa

Onde-onde Gardena ini merupakan jajanan hits dari Jogja. Onde-onde satu ini dikenal dengan ukurannya yang besar dan isiannya yang banyak. Apalagi satu onde-onde ini hanya Rp 2 ribuan saja. Selain manis dan mengenyangkan, pastinya kantong dijamin hemat. 

Onde-onde Gardena bisa kamu temukan di depan Gardena Departement Store, Jalan Urip Sumoharjo No.40, Klitren, Gondokusuman, Klitren, Gondokusuman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Corndog

Corndog via Instagram/@jogjakakilima

Corndog dikenal dengan bentuknya yang unik dan menggugah selera. Biasanya satu tusuk corndog sudah cukup membuat kenyang karena isian dan tepungnya yang tebal. Selain itu, biasanya corndog juga ditambahkan topping seperti mozzarella, kentang, ataupun mie kremes.

Jika ingin berburu corndog di Jogja kamu bisa temui Mimilk Susu yang terletak di Kampung Tugu (50 meter utara tugu Jogja), Jl. Nusa Indah Condong Catur, dan Jl. Palagan km 7 Sariharjo di samping selatan STIM YKPN. Untuk satu tusuk corndog dihargai Rp 15 ribu.

Itu dia deretan jajanan gorengan Jogja yang bisa kamu coba. Dijamin enak dan murah banget. Tertarik buat coba yang mana dulu nih?

Tags
jajanan jogja kuliner Jogja
Share