5 Objek Wisata yang Sebaiknya Dihindari Saat Lebaran

Dapat jatah libur panjang saat lebaran adalah kejadian yang langka, jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Apakah kamu termasuk yang akan mudik ke kampung halaman? Nantinya jangan cuma meluapkan kerinduan dengan berdiam di rumah. Ajak keluargamu untuk pergi ke tempat wisata. Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu dulu destinasi mana saja yang sebaiknya perlu dihindari karena ramai banget.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Pantai Ancol [image source]
Bagaimana tidak ramai, objek wisata Jakarta hanya memiliki beberapa pantai dan tidak semuanya dijadikan tempat wisata. Akirnya Ancol diserbu wisatawan. Jangankan saat lebaran, di hari biasa saja pengunjungnya bisa ribuan orang lho. Sebagai Alternatifnya, kamu bisa mendatangi museum atau taman kota seperti Monas.

Monas [image source]
Lokasi Monas :  Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Puncak Bogor

Puncak Bogor [image source]
Yang satu ini jangan ditanya lagi, setiap ada libur panjang pasti jalanannya akan ramai kendaraan. Posisinya yang dekat dengan Jakarta, membuat warga ibukota memilih objek wisata Bogor. Kawasan puncak memang menjanjikan suasana yang sejuk penuh dengan pemandangan alam. Namun jika harus lelah di jalan dan menghadapi kerumunan wisatawan. Pasti liburan akan jadi hal yang membosankan. Tenang, Bogor masih punya tempat lain untuk dikunjungi seperti Kebun Raya misalnya. Memang akan banyak yang datang, tapi karena areanya luas, kamu bisa lebih puas.

Kebun Raya Bogor [image source]
Lokasi Kebun Raya Bogor : Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

3. Pantai Kuta

Pantai Kuta [image source]
Sudah sejak Pantai Kuta mendulang kepopuleran seiring dengan naikya pamor temat wisata Bali di mata turis mancanegara. Terutama saat momen lebaran atau libur panjang, hamparan pasir pantainya akan dipenuhi turis dari berbagai daerah. Bahkan kamu bisa melihat seolah-olah Ancol pindah ke Bali saking ramainya. Hindari Kuta dan pilih saja objek wisata Bali yang masih sepi seperti Pura Besakih atau Danau Beratan Bedugul. Kesejukan udaranya akan membuatmu betah berlama-lama.

Besakih [image source]
Lokasi Pura Besakih : Desa Besakih, Rendang, Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis [image source]
Jogja dapat menjadi destinasi yang asyik untuk lebaran kali ini. Namun jika kamu salah memilih tempat. Bisa-bisa rencanamu akan berakhir dengan kekesalan. Selain Malioboro tentunya, kawasan Pantai Parangtritis kemungkinan besar akan ramai pengunjung. Agar lebih santai, alihkan saja ke Situs Ratu Boko atau Prambanan.

Situs Ratu Boko [image source]
Lokasi Situs Ratu Boko : Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih [image source]
Saat lebaran memang paling enak menikmati alam dan Bandung. Sebagai salah satu primadona wisata Indonesia, Bandung punya destinasi andalan. Memang ada banyak pilihan, tapi hindari Kawah Putih Ciwidey. Kemacetan saat puncak liburan bisa sangat panjang. Belum lagi area wisatanya yang ramai dikunjungi banyak orang. Apalagi jika kamu berangkat terlalu siang, bisa dipastikan akan lama di jalan.

Kawah Putih [image source]
Itulah beberapa destinasi wisata yang sebaiknya kamu hindari lebaran ini. Namun jika ngebet ingin ke sana juga tidak ada salahnya. Sebaiknya berangkat lebih pagi dan bawa perbekalan secukupnya. Selamat libur lebaran. Next