Tempat Wisata di Jakarta yang Ternyata Variatif Banget

Jakarta menjadi salah satu magnet bagi turis, baik itu domestik atau pun mancanegara. Selain merupakan ibukota negara, ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik minat para traveler untuk singgah sejenak di sana. Selain itu, objek wisata di Jakarta juga sangat variatif lho.

Para traveler bisa menemukan beragam jenis atraksi wisata, mulai dari yang berbau fashion, taman hiburan, kehidupan malam, kuliner, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Yuk, mari kita kulik lebih dalam seputar tempat-tempat wisata di Jakarta yang oke untuk dikunjungi.

1. Monuman Nasional (Tugu Monas)

Monas
Monas [via Instagram]
Kurang afdol rasanya jika berlibur ke Jakarta tidak mampir ke monumen yang satu ini. Monas memang telah lama menjadi ikon dari Jakarta, sehingga tentunya objek wisata tersebut banyak diburu oleh para traveler. Monumen ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 3 sore. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa menggunakan bus Trans Jakarta Koridor I Blok M-Kota. dan berhenti di halte Monumen Nasional. Dan kemudian turun di halte Monumen Nasional.

2. Taman Mini Indonesia Indah

TMII
TMII [via Instagram]
Sama seperti Monas, Anda wajib mampir ke taman rekreasi ini saat berkunjung ke Jakarta. Hal ini karena Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat TMII, sudah menjadi semacam ikon dari ibukota Indonesia. Berlokasi di Jakarta Timur, Anda bisa mencapai objek wisata ini dengan menggunakan bus TransJakarta. Untuk Koridor 1, dari arah Blok M-Kota, silakan transit di Semanggi dan berpindah ke Koridor 9.

3. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah [via Instagram]
Museum Fatahillah menyimpan sejarah bangsa Indonesia dan juga merupakan salah satu ikon dari Jakarta. Nama resmi dari objek wisata ini adalah Museum Sejarah Jakarta. Namun, kebanyakan orang memang lebih sering menyebutnya Museum Fatahillah, karena letak dari museum ini berada di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Jika turun di Stasiun Kota, Anda bisa berjalan kaki melewati jalan Lada untuk menuju Museum Fatahillah .

4. Kawasan Kota Tua Jakarta

Kota Tua
Kota Tua [via Instagram]
Kalau ditanya, kawasan apa yang banyak dikunjungi oleh para traveler yang mampir ke Jakarta, jawabannya tentu Kawasan Kota Tua. Di tempat ini, masyarakat lokal atau pun turis saling berbaur untuk menikmati panorama jadul di sekitar Kota Tua. Kawasan cagar budaya ini bisa Anda capai dengan menggunakan transportasi umum seperti bus Transjakarta, Busway atau KRL.

5. Pulau Tidung

Pulau Tidung
Pulau Tidung [via Instagram]
Jakarta juga memiliki destinasi wisata yang menawarkan panorama alam yang indah, seperti misalnya Kepulauan Seribu. Nah, Pulau Tidung menjadi salah satu pulau yang terkenal di kalangan wisatawan. Selain letaknya yg dekat dengan Jakarta, pemandangan alam di pulau ini sangatlah mempesona. Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa naik kapal fery dari dermaga Muara Angke selama sekitar 2 Jam 30 Menit. Bila ingin lebih cepat, Anda bisa baik speedboat dari Marina Ancol dengan jarak tempuh hanya 1 Jam.

6. Dufan (Dunia Fantasi)

Dufan
Dufan [via Instagram]
Jika Anda berwisata dengan anak-anak, Dufan bisa menjadi destinasi yang patut dikunjungi. Di taman hiburan ini, Anda bisa menemukan banyak sekali wahana seru, baik itu untuk dewasa atau pun anak-anak. Beberapa wahana yang jadi favorit pengunjung adalah wahana arum jeram, halilintar, Tornado, dan masih banyak lagi. Jika posisi Anda dari Stasiun Kota, naikl angkutan umum 15 atau 15 A, turun di Ancol.

7. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal [via Instagram]
Selain Monas, Masjid Istiqlal adalah ikon dari Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan. Masjid nasional negara Indonesia ini bisa Anda jumpai dengan mudah di pusat ibukota. Selain digunakan untuk aktivitas ibadah, masjid ini juga dipakai sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia. Karena kemegahannya, masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta. Sebagian besar adalah turis domestik atau asing yang beragama Islam.

8. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan [via Instagram]
Kebun Binatang Ragunan yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, merupakan salah satu daya tarik dari ibukota Jakarta. Didirikan sejak tahun 1864, koleksi satwa di kebun binatang ini sudah mencapai 295 spesies dan 4040 spesimen. Untuk tiket masuk, orang dewasa harus membayar sekitar Rp 4000 dan anak-anak Rp 3000. Harga tiket itu belum termasuk biaya parkir, tiket wahana.

9. Kidzania Jakarta

 Kidzania Jakarta
Kidzania Jakarta [via Instagram]
Jika Anda bingung ingin membawa anak liburan ke mana, Kidzania bisa menjadi pilihan yang tepat. KidZania Jakarta adalah pusat bermain anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment). Dan konsep ini adalah yang pertama di Asia Tenggara, yang ditawarkan bagi anak-anak usia 2-16 tahun. KidZania bisa Anda temukan di Pacific Place L6-601 Sudirman Central Business District di Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

10. Sky Rink Taman Anggrek

Sky Rink Taman Anggrek
Sky Rink Taman Anggrek [via Instagram]
Tak perlu ke luar negeri hanya untuk merasakan serunya meluncur di atas es. Anda bisa pergi ke Ice Skating Sky Rink di Mall Taman Anggek, Jakarta. Usut punya usut, Sky Rink disebut sebagai tempat bermain ice skating indoor pertama di Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang yang penasaran ingin pergi ke objek wisata ini. Harga tiket untuk hari biasa sekitar Rp 60000 dan akhir pekan sekitar Rp 85000. Pengelola juga menyewakan kaos kaki, sarung tangan, dan locker untuk menyimpan barang bawaan Anda.

Apakah Anda tertarik untuk liburan ke Jakarta? Jika ya, segera buat list tempat-tempat yang akan Anda kunjungi saat di sana.

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat Wahana Wisata
Share