Pergi ke Zona de Silencio, Tidak Ada Sinyal Karena Energi Alien?

Advertisement

Kamu mungkin sudah pernah dengar tentang Segitiga Bermuda, sebuah area di mana pesawat dan kapal atau benda apa pun akan tersedot ke dalam gerbang dunia lain tanpa jejak. Tapi sudah dengar kalau ada juga gurun yang punya julukan serupa? Tak sekadar julukan, tapi juga punya karakter yang sama, loh.

Di tempat ini, jangankan bisa update status atau story media sosial, sinyal TV dan radio saja tidak bisa tembus masuk loh. Ingin tahu di mana? Baca selengkapnya yuk!

Tentang Zona de Silencio yang Tidak Bisa Ditembus Sinyal

Foto via Visita Chihuahua

Zona de Silencio adalah sebuah daerah di Meksiko yang terletak di gurun tandus Mapimi, sekitar 1.000 km dari kota Durango. Daerah ini juga dikenal sebagai Zona del Silencio (Zona Senyap) karena tidak ada sinyal radio, televisi, atau telepon yang dapat ditembus di wilayah ini. Wilayah ini juga dikenal dengan sebutan Segitiga Bermuda Meksiko karena sejumlah keanehan yang terjadi di daerah ini.

Insiden Pesawat yang Membuat Zona Ini Mendadak Terkenal

Foto via Amusing Planet

Meskipun kondisi gurun tandus Mapimi telah ada sejak lama, Zona de Silencio baru mulai menarik perhatian dunia pada tahun 1950-an. Pada tahun 1950, sebuah kecelakaan pesawat milik Fransisco Sarabia terjadi di daerah ini. Setelah insiden tersebut, ada sejumlah laporan tentang keanehan yang terjadi di daerah ini, seperti radio yang berhenti bekerja, sinyal yang berhenti diterima, dan akumulasi listrik yang tinggi.

Mengapa Tidak Bisa Ditembus Sinyal Apapun?

Selama bertahun-tahun, Zona de Silencio telah menarik banyak peneliti. Mereka mencoba untuk mengetahui apa yang membuat sinyal radio, televisi, dan telepon tidak dapat diterima di daerah ini. Namun, setelah berbagai penelitian yang dilakukan, penyebab pasti dari kondisi senyap ini masih belum diketahui. Beberapa teori telah dikemukakan, salah satunya adalah bahwa ada sebuah konsentrasi energi magnet yang tinggi di wilayah ini yang mencegah sinyal-sinyal dari luar untuk diterima.

Keanehan Lain yang Tak Kalah Bikin Merinding

Foto via Amo mexico

Selain itu, sejumlah laporan aneh telah muncul dari wilayah ini, seperti laporan tentang anjing yang mati karena berkabung, dan laporan tentang objek aneh yang dilihat di langit pada malam hari. Beberapa peneliti juga menyatakan bahwa orang yang mengunjungi Zona de Silencio mengalami sejumlah gejala kesehatan aneh, seperti mual dan pusing yang tak dapat dijelaskan.

Sampai saat ini, Zona de Silencio masih menjadi salah satu tempat misterius di Meksiko. Meskipun penyebab pasti dari kondisi senyap ini masih belum diketahui, daerah ini telah menarik banyak peneliti untuk mencari tahu apa yang terjadi di daerah ini. Tapi tempat ini juga menarik banyak perhatian sehingga sering kali jadi destinasi berwisata juga.

Advertisement
Tags
segitiga bermuda tempat unik Zona de Silencio
Share