Destinasi Ziarah Kubur Populer di Indonesia, Alternatif Wisata untuk Lebaran

Ziarah kubur merupakan salah satu tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Biasanya dilakukan menjelang, sedang, dan setelah Ramadan, yaitu Lebaran. Nah, ziarah kubur tentu saja memiliki berbagai tujuan. Buat kamu yang ingin memperdalam iman dan lain sebagainya. Ada beberapa destinasi ziarah kubur populer di Indonesia. Bisa menjadi alternatif wisata juga, bukan?

Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati, via Instagram/bilm10
Makam Sunan Gunung Jati, via Instagram/bilm10

Lokasi pertama yang banyak disambangi orang-orang saat ziarah adalah makam Sunan Gunung Jati. Ini merupakan salah satu dari sembilan Wali Songo yang membantu penyebaran agama Islam di berbagai pelosok Nusantara. Guna mengenang jasa beliau, banyak orang datang ziarah kubur. Alamat Makam Sunan Gunung Jati ini berada di Jl. Alun-alun Astana Gunung Jati No. 53, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat.

Makam Bung Karno, Blitar

Makam Bung Karno, via Instagram/bundariananda
Makam Bung Karno, via Instagram/bundariananda

Destinasi untuk ziara lainnya yang kondang adalah Makam Bung Karno. Alamatnya berada di Jl. Ir. Soekrno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Blitar. Sebenarnya, tempat ini tidak hanya ramai kala Ramadan ataupun lebaran saja, pada hari biasa juga. Namun, tentu saja saat Ramadan akan semakin membludak pengunjungnya. Selain makam, kamu bisa berkunjung ke museum yang berisi ragam saksi bisu berbagai kegiatan Soekarno di masa lalu.

Setono Gedong Kediri

Setono Gedong, via Instagram/ikmalkhoiri
Setono Gedong, via Instagram/ikmalkhoiri

Di Kediri terdapat Setono Gedong yang juga ramai saat bulan Ramadan dan lebaran. Tempat ini merupakan salah satu yang kondang lantaran terdapat makan Syech Wasil Syamsudin yang dipercaya sebagai seorang ulama besar dari Persia yang datang ke Nusantara untuk menyebarkan agama Islam. Alamatnya berada di Jl. Doho, Kota Kediri di seberang Stasiun Kediri.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, via Instagram/lismaa_wt
Masjid Agung Demak, via Instagram/lismaa_wt

Ziarah kubur populer di Indonesia adalah Masjid Agung Demak yang berada di Jl. Raya Sultan Fatah No. 57, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Ini merupakan lokasi yang kerap kali didatangi pengunjung saat Ramadan dan Idul Fitri tiba.

Banyak orang datang ke sini untuk berziarah. Pasalnya, di dalam kompleks masjid ini terdapat beberapa makam Raja Kesultanan Demak. Salah satunya adalah Sultan Fatah. Oh iya, selain itu, ini merupakan masjid tertua yang berada di Indonesia.

Destinasi wisata ziarah makam ini menjadi alternatif yang bisa kamu kunjungi saat lebaran bersama dengan keluarga. Semoga lebaran kali ini, kamu bisa berkumpul dengan seluruh keluarga ya.

Tags
Indonesia wisata religi ziarah kubur populer ziarah kubur populer di Indonesia
Share