Menikmati karya Yayoi Kusama di Museum Macan, Perhatikan Aturannya

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan) menjadi tuan rumah untuk giliran ketiga pameran seni rupa Milik Yayoi Kusama. Mulai dari 12 Mei hingga 9 September 2018, eksebisi bertajuk “Life is The Heart of Rainbow” tersebut digelar. Sebanyak 130 karya dari seniman kawakan Jepang tersebut dipamerkan di museum ini. Tapi ternyata, terdapat beberapa aturan untuk pengunjung yang datang menikmati karya Yayoi Kusama di Museum Macan. Seperti apa ya?

Tas Harus Dititipkan

Pola polkadot yang identik dengan Yayoi Kusama via instagram
Pola polkadot yang identik dengan Yayoi Kusama via instagram/@museummacan

Saat memasuki lokasi pameran, tas dan barang bawaan besar harus dititipkan. Karena pameran ini tak hanya memamerkan lukisan, beberapa karya seni instalasi juga dapat ditemukan. Tas dan barang bawaan besar ditakutkan dapat menyenggol karya yang ada di dalam galeri.

Jangan Menyentuh Karya Seni

Yaypi Kusama (tengah) saat berfoto dengan beberapa kru via instagram
Yaypi Kusama (tengah) saat berfoto dengan beberapa kru via instagram/@museummacan

Bagi yang sering datang ke eksebisi seni, peraturan ini bukanlah hal yang asing. Peraturan ini juga menjadi salah satu yang terpenting. Karena dikhawatirkan dapat merusak karya seni yang dipamerkan. Meskipun merasa tanganmu bersih, jangan pernah sekalipun menyentuh lukisan atau karya seni yang ada.

Jangan Membawa Kamera, Daripada Sia-sia

Tak perlu membawa kamera profesional via instagram
Tak perlu membawa kamera profesional via instagram/@museummacan

Pada pameran kali ini, kamu tidak dapat membawa kamera masuk ke lokasi. Bahkan hanya kamera handphone diperbolehkan, itupun harus diambil tanpa menggunakan flash. Karena pihak museum mengkhawatirkan penggunaan kamera profesional akan memakan waktu lama dan ruang yang lebar.

Jangan Melanggar, Daripada Dikeluarkan

Benar-benar taati peraturan ya, daripada rugi sendiri via instagram
Benar-benar taati peraturan ya, daripada rugi sendiri via instagram/@museummacan

Banyak peraturan yang harus dipatuhi saat datang ke eksebisi ini. Seperti tidak membawa makanan ke dalam ruang eksebisi, mengecilkan suara ponsel, dan menjaga bicara tidak terlalu keras. Jika tidak ditaati, pihak museum memiliki hak untuk mengeluarkan pengunjung.

Peraturan di atas adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat mengunjungi eksebisi di Museum Macan 12 Mei hingga 9 September 2018 mendatang. Menikmati karya seni memang tak bisa sembarangan. Karena proses pembuatannya cukup sulit dan memakan waktu lama. Jangan sampai terlewat ya.

Tags
Indonesia Jakarta Museum macan Yayoi Kusama
Share