4 Inspirasi Tempat Jalan-jalan Sambil Ngabuburit

Advertisement

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk berkegiatan di luar rumah. Malah dengan aktivitas di luar rumah, ibadah puasa menjadi tak terasa panjang. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah jalan-jalan sambil ngabuburit. Tapi destinasi juga harus dipilih dahulu. Jangan sampai pergi ke destinasi yang malah menguras tenaga dan puasa gagal di tengah jalan. Berikut ini adalah pilihan destinasi yang aman untuk menunggu berbuka puasa.

1. Taman Bermain

Amusement Park dapat menjadi destinasi pilihan saat puasa via instagram
Amusement Park dapat menjadi destinasi pilihan saat puasa via instagram/@felixdaritan

Taman Bermain yang dimaksud di sini adalah semacam amusement park. Namun juga harus pandai-pandai memilih wahana yang akan dinaiki. Wahana ekstrim adalah salah satu yang harus dihindari. Karena hal tersebut dapat menyebabkan perutmu terkocok dan mual. Selain itu berteriak juga dapat membuat tenggorokanmu lebih cepat kering.

2. Museum

Pengunjung yang sedang mengambil gambar karya seni di Museum Macan via instagram
Pengunjung yang sedang mengambil gambar karya seni di Museum Macan via instagram/@museummacan

Museum bukanlah hal yang susah untuk ditemukan. Setiap kota tentu memiliki tempat yang berisi benda-benda langka ini. Apalagi saat ini museum bukan lagi menjadi destinasi wisata yang usang. Perkembangan era membuat museum menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Museum Macan yang berisi seni kontemporer di Jakarta Barat.

3. Pasar Ta’jil

Saat Ramadhan, pasar tajil selalu menarik untuk ngabuburit via
Saat Ramadan, pasar tajil selalu menarik untuk ngabuburit via balitoday.net

Setiap daerah pasti memiliki pasar ta’jil dadakan di bulan Ramadan. Tempat seperti ini juga dapat menjadi destinasi jalan-jalan saat ngabuburit. Menu yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari makanan tradisional hingga modern. Beberapa pasar ta’jil ramadan biasanya juga menyuguhkan konser musik kecil. Seperti pasar ta’jil di Jalan Soekarno Hatta, Malang.

4. Perpustakaan

Bagian depan Micro Library via instagram
Bagian depan Micro Library via instagram/@karimaania

Bagi yang gemar membaca, perpustakaan dapat menjadi destinasi yang cocok. Rungan yang tenang dan dingin dapat menjadi tempat yang nyaman untuk ngabuburit. Apalagi saat ini di Indonesia perpustakaan tak selalu hadir dengan bentuk yang kaku. Di Indonesia juga terdapat perpustakaan dengan bangunan unik dan teknologi modern. Seperti Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru; Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta Pusat; atau Micro Library di Bandung.

5. Mall

Arcade games di Mall juga dapat menjadi waktu menunggu berbuka yang seru via instagram
Arcade games di Mall juga dapat menjadi waktu menunggu berbuka yang seru via instagram/@aninurhayani15

Banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di dalam Mall, belanja baju untuk lebaran misalnya. Jika suka menghabiskan waktu dengan bermain game, kamu dapat mengunjungi counter arcade games yang ada di dalam Mall. Ruangan yang dilengkapi dengan pendingin juga dapat menjaga badan tetap sejuk dan tidak mudah haus.

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk beraktivitas. Malah akan lebih seru jika ibadah puasa dilakukan dengan kegiatan yang menarik. Memang benar tidur adalah ibadah saat bulan Ramadan. Tapi kalau tidur terus, apa badan nggak malah pegel-pegel?

Advertisement
Tags
Indonesia Inspirasi destinasi Ramadan Wisata
Share