Wisata Uruek Meuh, Keindahan Tersembunyi di Aceh

Advertisement

Aceh yang juga dikenal sebagai Negeri Serambi Mekah punya banyak tempat keren. Sebagain besar tersembunyi di belantara-belantara yang jarang terjamah. Satu nama yang perlu kamu tahu adalah Uruek Meuh, lebih dikenal juga dengan sebutan Lingkok Kuwieng.

Wisata Aceh
Wisata Aceh Lingkok Kuwieng via instagram @amarmarjam14

Nama Uruek Mueh sendiri populer di kalangan masyarakat setempat. Artinya adalah lubang emas. Diambil dari bentuk dan warna bebatuan kars yang menyerupai bongkahan emas.

Datang ke sini akan membuat Teman Traveler makin yakin bahwa Aceh adalah serpihan surga di dunia. Lingkok Kuwieng ini adalah sebuah lembah yanag dikelilingi pepohonan rindang. Di belah aliran sungai yang airnya jernih dan nampak menyegarkan sekali.

Lingkok Kuwieng
Lingkok Kuwieng Via Instagram @albiruny_09

Yang membuatnya semakin indah adalah kontur tebing-tebing dan bebatuan nampak seperti wisata-wisata di luar negeri. Sekilas seperti ada yang menatanya hingga membentuk ukiran-ukiran alami. Alirannya tenang dan begitu indah.

Para ahli memprediksi jika tebing-tebingnya merupakan batuan kars yang terbentuk karena aliran air sejak ribuan tahun silam. Proses pengikisan batu telah membentuk pemandangan yang indah. Menjadikannya salah satu lembah terindah di Indonesia.

Wisata Alam di Aceh
Wisata Alam di Aceh

Lokasi Lingkok Kuwieng berada di Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie. Menempati lokasi tersembunyi di pedalaman hutan hagu. Dari pusat kecataman Padang Tiji jaraknya sekitar 20 km. Di sini pengunjung bisa melakukan aktivitas yang seru. Mulai dari mandi di aliran yang menyegarkan hingga menikmati air terjun.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Lingkok Kuwieng ini, sangat disarankan menggunakan kendaraan bermotor yang prima seperti motor trail, karena cocok untuk medan yang berat. Menuju lokasi memang berupa tanah dan banyak ditemukan bebatuan besar sehingga menyulitkan untuk dilalui. Tak jarang pula teman traveler bakal menaiki tanjakan ektrim karena memang lokasi dari tempat wisata ini berada di perbukitan.

Advertisement
Tags
wisata aceh
Share