Wisata Uji Adrenalin di Indonesia, Siapkan Stamina dan Mental Lebih untuk Jelajah Negeri!

Wisata uji adrenalin di Indonesia, cocok untuk Teman Traveler yang memang mencintai tantangan. Sensasi deg-degan dan darah yang berdesir, malah bikin ketagihan. Ketakutan seperti dijadikan bahan bakar untuk menaklukkannya. Indonesia sebagai negeri dengan bentang alam sempurna, tentu saja memiliki objek-objek yang bisa memuaskan para adrenalin junkie. Hanya, untuk mencobanya, stamina dan mental harus disiapkan dengan lebih. Siap?! Berikut ulasannya!

1. Swing Ekstrem di Enrekang, Sulawesi Selatan

Swing Ekstrem di Bukit Cekong via Instagram/ andirahadi

Wisata uji adrenalin pertama yang bisa dicoba adalah swing ekstrem di Enrekang. Tepatnya di Puncak Bukit Cekong dan Buttu Macca. Kedua lokasi ini, siap jadi saksi bisu keberanian Teman Traveler. Karakteristik Enrekang, Sulawesi Selatan memang berada di ketinggian. Swing Ekstrem di Bukit Cekong misalnya, ayunan ekstrem ini berada di ketinggian 150 meter. Di bagian bawah terdapat jurang yang terjal. Hal serupa bisa dirasakan saat liburan ke Buttu Macca. Di sini Teman Traveler harus siap ‘dilemparkan’ dari ketinggian, seperti ketapel yang dilepaskan begitu saja. Berani?

Tantang Keberanianmu di Buttu Macca via Instagram/ saiffuul

2. Arung Jeram di Sungai Alas, Aceh

Arung Jeram di Sungai Alas Aceh via Instagram
Arung Jeram di Sungai Alas Aceh via Instagram/ ubaidiselian

Khusus bagi pecinta rafting dengan medan menantang, Sungai Alas siap mengajak Teman Traveler deg-degan. Aliran Sungai Alas langsung menuju ke Samudera Hindia lho. Gimana? Sungai Alas miliki batuan-batuan yang berkontur menantang. Jeram yang dimilikinya pun kencang dan deras. Melakukan arung jeram di Sungai Alas sama dengan melintasi Taman Nasional Gunung Leuser. Terbayang bagaimana suasana di sekitarnya? Ya! Penuh dengan rimbun pepohonan. Untuk sampai ke lokasi, Teman Traveler bisa datang dari Medan atau Aceh. Masing-masing membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 hingga 14 jam. Lumayan!

3. Naik Gondola di Pantai Timang, Jogja

Naik Gondola di Pantai Timang, Antara Deg-degan dan Senang via Instagram/ pierrenewmaster

Wisata uji adrenalin yang satu ini sudah sangat terkenal. Banyak kalangan penasaran lalu mencobanya. Teman Traveler penasaran juga? Siap-siap ‘menggantung’ di lintasan sepanjang 100 meter ya. Gondola tersebut menghubungkan antara tebing di Pantai Timang dengan Pulau Panjang. Sensasi menggantung saat berada di gondola, lebih menantang karena di bagian bawah, deburan ombak Samudera Hindia dan batu karang siap mengancam kapan saja. Belum lagi, gondola yang digunakan merupakan gondola tradisional; terbuat dari kayu dan dikerek tenaga manusia. Penasaran? Siapkan mental lebih ya.

4. Panjang Tebing di Lembah Harau, Sumatera Barat

Panjat Tebing di Lembah Harau via Instagram/ skygers_indonesia

Jangan terkecoh dengan namanya; lembah! Sensasi utama yang ditawarkan objek wisata di sekitar Kota Payakumbuh ini justru tebing yang menjulang setinggi 300 meter. Tertarik untuk mencoba memanjatnya? Teman Traveler harus menyiapkan stamina dan mental terlebih dahulu. Jika ingin mencoba, cari tahu lebih jauh mengenai keamanannya ya! Sebagai informasi, pemanjat tebing di Lembah Harau rata-rata adalah mereka yang sudah profesional.

5. Menyelam ‘Bersama’ Gunung Berapi Bawah Laut di Banua Wuhu, Pulau Sangihe, Sulawesi Utara

Menyelam di Banua Wuhu Bersama Gunung Berapi, Sulawesi Utara via Instagram/ sumurdiladang

Wisata uji adrenalin di Indonesia yang setidaknya sekali seumur hidup patut Teman Traveler coba adalah menyelam ‘bersama’ gunung berapi bawah laut di Banua Wuhu. Lokasinya ada di sekitar Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Menurut sejarah, pada tahun 1800-an, di kawasan ini terdapat gunung berapi. Namun, gunung berapi tersebut tenggelam secara perlahan-lahan. Karenanya ketika menyelam di Banua Wuhu, Teman Traveler akan merasakan suhu air yang hangat; sekitar 37 hingga 38 derajat celcius. Hanya hati-hati saat menyelam ya, karena akan ada gelembung-gelembung bersuhu panas yang bisa membahayakan.

6. Menyusuri Goa Vertikal di Leang Pute, Maros

Siapa Berani Taklukkan Leang Pute di Maros via Instagram
Siapa Berani Taklukkan Leang Pute di Maros? via Instagram/ kamajayashagir

Susur gua horizontal, sudah banyak ditawarkan. Bagaimana dengan susur goa vertikal? Teman Traveler harus menggunakan peralatan khusus untuk sampai ke dalam goa? Leang Pute, adalah bagian dari Taman Nasional Bantimurung di Sulawesi Selatan. Dengan kedalaman sekitar 260 hingga 270 meter, masuk ke dalam Leang Pute lalu menyusurinya Teman Traveler harus didampingi tenaga ahli. Jangan lupa siapkan stamina dan mental yang tebal!

7. Caving di Goa Vertikal Terdalam di Indonesia, Goa Hatusaka

Sudah Membuatmu Tertantang? via Instagram/ tnmanusela

Satu lagi wisata uji adrenalin yang menguji keberanian, kekuatan serta mental Teman Traveler. Adalah susur goa vertikal terdalam di Indonesia. Jika Leang Pute kedalamannya sekitar 260 – 270 meter, Goa Hatusaka di Maluku Tengah miliki kedalaman 424 meter. Dua kali lipatnya!

Habis Sudah Kata-kata untuk Goa Hatusaka via Instagram/ tnmanusela

Sungguh ketika ingin dan berniat untuk mengunjunginya, masuk ke dalam goa, Teman Traveler harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Benar-benar harus didampingi dengan tenaga ahli atau yang sudah berpengalaman. Seperti, tim penjelajah goa Acintyacunyata Speleological Club. Mereka adalah tim Indonesia pertama yang berhasil mencapai dasar goa ini.

Wisata uji adrenalin di beberapa lokasi di Indonesia, nyatanya sebagian besar membutuhkan persiapan yang matang. Meski ketagihan dengan ketegangan dan menganggap rasa takut adalah sensasi menyenangkan, ada baiknya untuk selalu dan lebih dulu mengutamakan keselamatan. Setuju?!

Tags
goa hatusaka Indonesia Wisata wisata ekstrem Wisata Ekstrim wisata uji adrenalin di indonesia
Share