5 Tempat Ibadah Keren di Sumut, Serasa di Luar Negeri

Advertisement

Tempat ibadah biasanya identik dengan nuansa kaku dan sakral. Namun demikian tak sedikit bangunan religius yang punya arsitektur unik hingga kemudian juga dikembangkan sebagai tempat wisata. Di Sumatra Utara, setidaknya ada lima tempat ibadah yang bisa dijadikan spot keren untuk berfoto.

Semua bangunan religius tersebut meminjam filosofi arsitektur dari negara-negara asing, seperti Roma, Tiongkok, dan juga Arab. Berada di dekatnya saja sudah seperti membuat kita serasa berada di luar negeri. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar lima tempat ibadah dengan arsitektur keren di Sumatra Utara.

1. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur di Sumatra Utara
Vihara Gunung Timur di Sumatra Utara via Instagram _warisan_nusantara_

Vihara Gunung Timur merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota Medan. Letaknya ada di Jl Hang Tuah, Medan Polonia. Nuansa oriental ala Tiongkok sangat kental terasa di kompeks rumah ibadah yang mulai berdiri tahun 1960an ini.

Dengan luas mencapai setengah hektar, bangunan ini diklaim beberapa sumber sebagai kelenteng Tionghoa terbesar di Medan, bahkan Sumatra. Beberapa objek menarik di Vihara Gunung Timur antara lain patung ikan kepala naga yang ada di bagian atap, serta patung Singa Hitam dan Putih yang ada di gerbang depan.

2. Masjid Azizi Langkat

Masjid Azizi Langkat dengan arsitektur Turki
Masjid Azizi Langkat dengan arsitektur Turki via Instagram andibyan

Masjid Azizi memiliki bentuk unik, sebagai perpaduan antara arsitektur Turki dan Arab. Dibangun oleh Sultan Langkat Pertama pada 1899 Masehi, bangunan bersejarah ini baru rampung pada 1902 di masa kepemimpinan putranya, Sultan Tengku Abdul Aziz Jalik Rakhmatsyah.

Warna kuning, corak khas Melayu Islam, amat mendominasi bangunan Masjid Azizi. Dilihat dari luar, bangunan ini mirip masjid-masjid di India. Namun begitu masuk, pengunjung akan disambut hiasan kaligrafi di dinding-dinding, tak jauh beda dengan bangunan peninggalan Ottoman di Turki.

3. Vihara Avalokitesvara

Patung Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara
Patung Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara via Instagram ainni.im

Vihara Avalokitesvara terletak di Jl Pusuk Buhit, Karo, Pematang Siantar. Kompleks bangunan peribadatan ini belakangan menjadi wisata tempat ibadah favorit di Sumatra Utara karena kehadiran patung Dewi Kwan Im.

Berbeda dengan patung sejenis di lokasi lainnya, Dewi Kwan Im di Vihara Avalokitesvara punya tinggi mencapai 22,8 meter atau tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu di sini juga terdapat patung-patung unik yang melambangkan shio atau horoskop menurut kepercayaan Tiongkok.

4. Pagoda Taman Alam Lumbini

Pagoda Taman Lumbini
Pagoda Taman Lumbini via Instagram rudytanjung88

Pagoda Taman Alam Lumbini merupakan replika Pagoda Shwedagon di Myanmar. Dibuka sejak 2010, bangunan unik berwarna emas ini juga menjadi pagoda tertinggi di Indonesia.

Sebelum bisa mencapai lokasi pagoda, pengunjung harus berjalan dulu melewati jembatan gantung yang membentang sepanjang 20 meter. Selama perjalanan, wisatawan akan dimanjakan dengan asrinya pemandangan hutan di sisi kanan dan kiri. Hal ini juga yang menjadi daya tarik hingga menjadi wisata tempat ibadah yang banyak dikunjungi di Sumatra Utara.

5. Graha Maria Annai Valangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Graha Maria Annai Velangkanni via Instagram j_sie74

Bangunan megah ini merupakan Gereja Katholik yang terletak di Jl Sakura, Medan. Dibangun pada 2005, bangunan ini terbuka bagi siapapun, tanpa memandang aliran kepercayaan. Sejumlah wisatawan pun sering datang ke sini untuk sekedar berfoto-foto.

Begitu memasuki ruang peribadatan utama, pengunjung akan disambut mural indah di bagian atap. Kemegahan bangunan ini seolah-olah membuat kita sedang berada di Thailand.

Bagian dalam Graha Maria Annai Velangkanni
Bagian dalam Graha Maria Annai Velangkanni via Instagram krista_vidi

Itulah tadi beberapa tempat ibadah keren di Sumatra Utara, yang punya arsitektur mirip dengan bangunan di luar negeri. Jika ingin merasakan sedikit atmosfer berada di negara lain, tak ada salahnya mencoba berwisata ke lokasi-lokasi tersebut.

Advertisement
Tags
Rumah Ibadah Sumatra Utara Wisata
Share