Pulau Palambak Aceh, Surga Pemburu Pantai Cantik nan Sepi

Advertisement

Tak hanya Bali, Aceh punya banyak pantai indah untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Gapang, Pantai Sumur Tiga, dan Pantai Bangkaru. Namun jika ingin mencari pemandangan alami dengan suasana sepi, coba saja melancong ke Pulau Palambak.

Pulau Palambak terletak di Kabupaten Aceh Singkil dan menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Banyak. Hamparan pasir putih menghiasi pantai yang ada di sini. Keindahannya juga masih terasa begitu alami serta eksotis.

Suasana Masih Relatif Sepi

Perairan di Pulau Palambak
Perairan di Pulau Palambak via Instagram wnr_imaginarium

Suasana di Pulau Palambak masih relatif sepi. Mungkin karena perjalanan ke sini cukup jauh. Dari Aceh Singkil, pengunjung harus menumpang kapal ferry dan menyusuri laut selama kurang lebih tiga setengah jam. Alternatif lainnya adalah menyewa speed boat, yang bisa mengantar sampai ke tujuan dalam 60 menit.

Pesona utama Pulau Palambak ada pada keindahan alamnya yang masih asri. Pasir pantainya terasa lebih lembut dibanding pantai lain pada umumnya. Selain itu batu karang yang bercokol di sini berukuran cukup besar. Menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri untuk disimak.

Banyak kegiatan menyenangkan

Pengunjung nikmati udara segar Pulau Palambak
Pengunjung nikmati udara segar Pulau Palambak via Instagram chintyafr_

Sejumlah kegiatan menarik bisa dilakukan di Pulau Palambak. Wisatawan bisa menyewa perahu kayak atau kano dan menyusuri perairan sekitar. Selain itu ada pula beberapa bungalow disewakan bagi yang ingin menginap. Tapi jika ingin menghemat biaya, membawa tenda sendiri pun juga dipersilahkan.

Bagi yang ingin mencari suasana tenang dan menepi sejenak dari hingar bingar kehidupan kota, Pulau Palambak juga bisa jadi pilihan tepat. Duduk di tepi pantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi tentunya tidak kalah mengasyikkan. Asal perhatikan waktu kunjungan, jangan sampai datang kala cuaca sedang tidak bersahabat.

Pilihan cottage beragam

Pengunjung berfoto di cottage Pulau Palambak
Pengunjung berfoto di cottage Pulau Palambak via Instagram vivispa_makeup

Pulau Palambak juga siap menyambut wisatawan yang ingin menginap dan menghabiskan waktu lebih lama di sini. Di sekitar pulau, terdapat total sepuluh cottage atau pondok wisata yang siap digunakan. Tarif menyewanya pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar 250 ribu rupiah per malam.

Selama berada di sini, wisatawan bisa berjalan-jalan menikmati suasana pulau yang masih asri. Bisa juga bersantai menikmati pemandangan dan panorama sekitar, maupun menanti suasana syahdu saat matahari terbenam.

Island Hopping

Jernihnya perairan Pulau Palambak
Jernihnya perairan Pulau Palambak via Instagram aroyhandsibuan

Bagi pengunjung yang tertarik melakukan island hopping alias perjalanan menjelajah beberapa pulau kecil, Pulau Palambak bisa menjadi titik start yang bagus. Sebagai bagian dari gugusan Kepulauan Banyak, lokasi ini memang letaknya berdekatan dengan sejumlah pulau kecil yang tak kalah indah.

Menurut sejumlah sumber, wisatawan bisa mengontak pemilik penginapan atau pihak pengelola pondok wisata untuk meminta tolong mencarikan kapal yang bisa disewa. Kapal tersebut bisa dimanfaatkan melakukan kegiatan island hopping, yang tentunya bakal sangat mengasyikkan.

Itulah tadi beberapa keiistimewaan Pulau Palambak, surga bagi para traveler yang ingin mencari pantai indah dengan suasana relatif sepi. Jadi jika lain kali sedang berada di Aceh, tak ada salahnya menyisihkan sedikit dana dan waktu untuk mengunjungi lokasi eksotis ini.

Advertisement
Tags
Aceh Wisata Wisata Alam
Share