4 Wisata untuk Sambut Tahun Baru Islam, Jalan-jalan Sambil Tambah Ilmu

Tahun Baru Islam akan datang sebentar lagi. Sudah saatnya Teman Traveler mencari rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi. Maka dari itu, Traveling Yuk akan memberikan beberapa daftar tempat wisata yang cocok dijelajahi untuk menyambut Tahun Baru Islam. Berikut rekomendasinya. 

Masjid As Safinatun Najah 

wisata tahun baru islam
Masjid As Safinatun Najah via instagram/kitfrique007

Teman Traveler yang suka berkunjung ke tempat unik, bisa datang ke Masjid As Safinatun Najah. Di sini kalian akan melihat masjid dengan bentuk menyerupai Kapal Nabi Nuh. Menariknya lagi, tempat ibadah ini juga dikelilingi kolam air, sehingga menimbulkan kesan kapal benar-benar berada di tengah laut. Selain itu, kolam tersebut juga berfungsi untuk membersihkan kaki jamaah yang ingin masuk masjid. 

Kelebihan lain dari masjid ini terdapat beberapa fasilitas yang jarang ditemukan di tempat ibadah lain. Yaitu perpustakaan, klinik kesehatan dan ruang pertemuan. Apabila kalian tertarik menjelajah masjid ini, datanglah ke Jl. Kyai Padak, Kecamatan Ngaliyan, Semarang. 

Museum Islam Nusantara 

wisata tahun baru islam
Museum Islam Nusantara via instagram/cakapid

Bagi yang ingin tahu tentang sejarah Islam, Museum Islam Nusantara adalah tempat yang tepat. Berlokasi di kawasan Pondok Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, museum ini menyediakan banyak sekali informasi tentang perkembangan Agama Islam. Mulai dari awal masuknya Islam ke dunia sampai dengan era reformasi. Bentuk informasinya pun juga beragam, ada gambar-gambar, kalimat yang tertempel di dinding serta buku-buku yang tersimpan rapi di etalase. 

Makam Pangeran Jayakarta 

Makam Pangeran Jayakarta via instagram/cempakawan_

Ziarah makam tidak harus pergi ke tempat Wali Songo. Di Jakarta, tepatnya di Jl. Jatinegara Kaum No.49, Jakarta Timur, ada Makam Pangeran Jayakarta yang dapat kalian kunjungi. Makam tersebut berada di dalam komplek Masjid Assalafiyah yang sempat dirahasiakan selama tiga abad dan dibuka pada tahun 1965. 

Sejak saat itulah, Makam Pangeran Jayakarta menjadi salah satu objek wisata religi di Jakarta. Makam ini juga kerap didatangi oleh para politisi tanah air. Tak ketinggalan juga para prajurit TNI yang suka berziarah ke makam untuk mengenang jasa Pangeran Jayakarta yang telah berhasil mengusir VOC dan kawan-kawannya. 

Kirab Kebo Bule  

Kirab Kebo Bule via instagram/soloevent

Di setiap malam satu suro, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pasti menggelar ritual yang bernama Kirab Kebo Bule. Ritual ini diadakan untuk memohon berkah serta keselamatan sebagai wujud refleksi diri untuk menyambut Tahun Baru Islam. 

Bagi masyarakat Solo sendiri, Kirab Kebo Bule merupakan tradisi yang tidak boleh dilewatkan. Begitu juga para wisatawan yang sedang berlibur ke kota ini, mereka rela untuk melihat ritual yang diadakan sekali setiap tahunnya. Sebagian dari mereka percaya bahwa siapa saja yang mengikuti kirab ini dapat membawa keberkahan hidup ke depannya. 

Itulah wisata yang direkomendasikan Traveling Yuk untuk menyambut Tahun Baru Islam. Semuanya tersebar di Pulau Jawa. Nah, apa Teman Traveler punya rekomendasi wisata yang ada di luar Jawa? Kalau ada, bisa share di kolom komentar, ya. 

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Tengah Jawa Timur Jombang semarang Solo Wisata wisata tahun baru islam
Share