Menyusuri Sekonyer, Sungai Amazonnya Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah memiliki kawasan yang masih liar. Hutan-hutan yang terbentang luas serta beragam flora dan fauna dapat ditemukan di provinsi ini. Salah satunya adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Pada kawasan ini pengunjung dan para pecinta alam dapat menikmati kehidupan alam liar yang beragam. Termasuk kegiatan menyusuri Sungai Sekonyer yang menyerupai Amazon.

Menyusuri Sungai dengan Kapal Klotok

Menyusuri alam liar Kalimantan Tengah dengan menggunakan kapal klotok via instagram
Menyusuri alam liar Kalimantan Tengah dengan menggunakan kapal klotok via instagram/@vidi_sehat

Sungai Sekonyer sepanjang 45 kilometer membelah Taman Nasional Tanjung Puting dengan segala keindahan di kanan dan kirinya. Beribu flora dan berbagai macam fauna hidup di sekitarnya. Pada sungai yang mirip Amazon tersebut, pengunjung dapat berkeliling menggunakan Kapal Klotok dengan biaya mulai 2,3 juta rupiah per orang. Pada perjalanan yang biasanya menempuh waktu 3 hari 2 malam tersebut, wisatawan mendapatkan fasilitas makan di atas kapal selama perjalanan.

Fasilitas Kapal Klotok yang Cukup Lengkap

Penumpang kapal klotok sedang berfoto di viewing deck via instagram
Penumpang kapal klotok sedang berfoto di viewing deck via instagram/@vidi_sehat

Kapal Klotok merupakan perahu tradisional Kalimantan yang terbuat dari kayu ulin. Kapal inilah yang akan menjadi alat transportasi para pengunjung untuk menyusur Sungai Sekonyer. Ukurannya bervariasi, kapal berukuran kecil memiliki dimensi 3 x 12 meter dan terdiri dari dua lantai. Lantai dua biasanya menjadi tempat tidur saat malam hari serta memiliki viewing deck untuk melihat pemandangan. Mengingat perjalanan yang ditempuh cukup panjang, kapal ini juga memiliki toilet yang cukup bersih dan fasilitas pendukung lainnya seperti konsumsi.

Orang Utan menjadi Daya Tarik

Salah satu kapal klotok yang dapat digunakan untuk menyusuri Sungai Sekonyer via instagram
Salah satu kapal klotok yang dapat digunakan untuk menyusuri Sungai Sekonyer via instagram/@fatoer

Dari perjalanan menyisir Sungai Sekonyer, wisatawan juga dapat bertemu dengan orang utan yang hidup bebas di habitatnya. Dari data Orangutan Foundation Internasional, terdapat sekitar 6.000 spesies yang hidup bebas di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting. Selain itu, orang utan juga dapat ditemukan pada camp-camp khusus yang ada di kawasan tersebut.

Jelajah Hutan di Malam Hari

Tak hanya berupa kapal, namun fasilitasnya juga tergolong lengkap via instagram
Tak hanya berupa kapal, namun fasilitasnya juga tergolong lengkap via instagram/@orangutan_days

Selain menyusuri Sungai Sekonyer, kamu juga dapat melampiaskan hasrat untuk menjelajah. Karena saat perahu klotok berlabuh di Pondok Ambung, kamu dapat turun bersama guide dan melakukan night trekking sepanjang satu hingga dua kilometer dari tepi sungai. Beragam flora fauna seperti babi hutan, ular, tapir, hingga glowing mushroom dapat ditemukan di hutan tersebut.

Tak perlu jauh pergi ke Amerika Selatan untuk dapat merasakan sensasi mengelilingi Sungai Amazon. Keindahan Sungai Sekonyer juga layak kamu coba. Sepertinya seru bukan menyusuri sungai dan melihat alam liar Taman Nasional Tanjung Puting

Tags
Indonesia Kalimantan Tengah Sekonyer Wisata
Share