Kuliner di Banyumas, dari Camilan hingga Makanan Berkuah

Advertisement

Saat ini makanan dan camilan luar negeri tengah menjamur di Indonesia. Namun jika kamu sedang liburan ke Jawa Tengah, singgahlah sebentar ke daerah Banyumas. Di sini ada beberapa kuliner sederhana namun punya citarasa yang tidak kalah dari makanan kekinian. Berikut ini daftar kuliner di Banyumas.

1. Cimplung

Cimplung
Cimplung via instagram/@spirit_arum

Cimplung adalah camilan khas Banyumas yang berbahan dasar singkong. Cara pembuatannya pun sangat sederhana. Singkong yang sudah dikupas dan dipotong, direbus bersama gula merah dalam air hingga mendidih. Setelah itu, campurkan sedikit garam dan masukkan sedikit vanili serta daun pandan sebagai pengharum. Cimplung dikatakan matang setelah singkong berubah warna menjadi kecokelatan. Sederhana bukan? Meski begitu tapi citarasa cemplung luar biasa enak loh. Ada rasa manis yang legit dan sedikit gurih.

Cimplung di Banyumas
Cimplung di Banyumas via instagram/@oktavilia

2. Soto Sangka

Soto Sangka, Banyumas
Soto Sangka, Banyumas via instagram/@marshalliushans

Soto Sangka adalah kuliner di Banyumas yang sudah hampir berusia satu abad. Diberi nama Soto Sangka karena sosok pertama yang membuat makanan ini bernama Mbah Sangka. Dulu, Mbah Sangka menjajakan sotonya dengan cara berkeliling. Tapi kini soto ini bisa kamu temui di warung sederhana berukuran 4×6 meter di Daerah Kedunguter, Banyumas. Semangkuk kecil Soto Sangka berisi nasi, suwiran ayam kampung, dan kuah kaya rempah hanya seharga Rp3.000. Selain rempah proses memasak di atas tungku api juga menyumbang kenikmatan soto Sangka. Bagaimana cukup menggiurkan bukan?

Soto Sangka
Soto Sangka via instagram/@rukifajarindrianto

3. Kraca

Kraca di Banyumas
Kraca di Banyumas via instagram/@pietkartiko

Kraca adalah sejenis siput air yang biasanya dijumpai di pesawahan, tepi kolam atau sungai. Di Banyumas, mollusca bernama lain escargot ini disulap menjadi hidangan enak nan bergizi. Sebenarnya, proses memasaknya tidak begitu lama. Namun karena mengandung banyak lendir dan kotoran, maka kraca harus melalui tahap pencucian yang panjang. Kraca biasanya disajikan dengan kuah santan dengan bumbu yang terdiri dari kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit dan bumbu lainnya. Sayur kraca juga menjadi buruan banyak orang saat bulan Ramadhan tiba, sebagai menu berbuka puasa.

Kraca
Kraca via instagram/@ulfapuss_

4. Nopia

Nopia Banyumas
Nopia Banyumas via instagram/@indri.windura

Jika Jogja punya bakpia, Banyumas terkenal dengan kue nopia. Sekilas bentuknya mirip dengan bakpia, tapi kulit nopia tipis, keras, dan lebih putih. Proses pembuatannya pun cukup unik, yaitu dengan menempelkan bakpia yang telah dibentuk ke dalam gentong yang terdapat bara api di dalamnya. Rasanya beragam, ada coklat, gula merah, hingga durian. Ukurannya sendiri ada yang besar dan kecil. Selain bisa dimakan di tempat, jajanan ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banyumas. Harganya pun terjangkau. Rata-rata dijual dengan harga antara Rp10.000-Rp30.000.

Nopia
Nopia via instagram/@mrslennyl

Kuliner di Banyumas lengkap kan? Bukan hanya makan di warungnya langsung, tapi kamu juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau bahkan mencobanya sendiri di rumah.

Advertisement
Tags
Banyumas Indonesia Jawa Tengah kuliner banyumas
Share