Wisata Sepanjang Sungai di Kalimantan Utara

Kalimantan Utara terkenal dengan rimbunnya hutan, banyaknya sungai yang melintas, serta keadaan alam yang masih asri. Potensi wisata ini memicu tumbuh suburnya wisata di pulau terbesar ke tiga di dunia ini. Salah satunya, wisata sepanjang sungai. Yuk, kita ulik sama-sama, yuk, wisata apa saja yang tersedia di sepanjang sungai Kalimantan Utara Teman Traveler!

Taman Tepian Sungai Kayan

Taman tepian Sungai Kayan via Facebook

Taman di tepian Sungai Kayan ini panjangnya 2,5 kilometer. Membentang di pinggir sungai mulai dari kawasan Jalan Jenderal Sudirman (Kampung Arab) hingga Jalan Katamso (Tugu Cinta Damai). Taman terbaru di tepian Sungai Kayan bernama Taman Sabanar, berlokasi di Jl Sabanar Lama ( samping pelabuhan Kayan II ). Taman ini dibangun sepanjang 650 meter di tepi aliran Sungai Kayan.

Taman-taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas jogging track, panggung musik dan kesenian, fasilitas umum seperti tempat duduk bersantai, serta sejumlah gazebo yang ikonik.

Kulteka Tanjung Selor

Matahari terbenam di Kulteka via instagram/izrail.maliq

Sesuai namanya, kawasan ini menyajikan berbagai kuliner nusantara seperti ayam bakar, ayam goreng, bakso, nasi goreng, soto, dan lainnya. Teman Traveler juga dapat menikmati beragam minuman khas Kalimantan Utara di sini. Harga menunya lumayan bersahabat dan akksesnya juga cukup dekat dari pusat kota Tanjung Selor. 

Suasana makan dengan deru ombak sungai adalah salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Tanjung Selor

Arung Jeram Long Beluah

Serunya rafting via instagram/agueszp

Wisata alam arung jeram Sungai Keburau terdapat di Desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat. Arung jeram Sungai Keburau menyuguhkan dua tantangan, yakni bagi yang pemula dan bagi yang sudah profesional dengan panjang alur sungai 9 KM.

Ada dua giram atau arus di daerah ini yaitu Giram Gaharu dan Giram Kerabang. Giram Gaharu memiliki panjang sekitar 500 meter sementara Giram Kerabang lebih dari 1 km. Penggemar adrenalin harus mencoba wisata arung jeram ini pastinya. 

Crown Water Sport

wisata sepanjang sunga kalimantan utara
Crown Water Sport via instagram/syafruddin_pernyata

Bingung cari tempat berakhir pekan di Bulungan, Kalimantan Utara? Cobalah keindahan alam permandian di Sungai Kilometer 16, Crown Water Sport. Letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tanjung Selor, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih 30 menit. Harga tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau yakni Rp 5000 per orang. Teman traveler bisa melakukan cliff jumping, berendam, berenang, hingga memancing di wisata air ini. 

Taman, kuliner khas hingga olahraga menantang bisa kalian temukan di wisata sepanjang sungai di Kalimantan Utara. Jadi, segera jadikan Kalimantan Utara sebagai salah satu destinasi wisata kalian, Teman Traveler!

Tags
Indonesia Kalimantan Utara Wisata Wisata Indonesia wisata sungai
Share