4 Landmark Tanjung Selor, Kalimantan Utara, yang Harus Kalian Kunjungi

Ternyata tidak susah untuk berwisata di daerah Tanjung Selor, Kalimantan Utara. Berbagai destinasi wisata air terjun, pantai, taman, hutan, kuliner dan landmark tersedia di sini. Tidak akan ada lagi kebingungan harus ke mana menghabiskan musim liburan di daerah Kalimantan Utara. Nah, berikut referensi wisata landmark di Tanjung Selor dari Travelingyuk.

Museum Kesultanan Bulungan

Museum Kesultanan Bulungan via Facebook

Museum Kesultanan Bulungan adalah satu-satunya jejak peninggalan Kesultanan Bulungan. Sayangnya bangunan ini bukan bangunan istana asli, hanya replika. Hal ini dikarenakan istana telah dihancurkan dengan cara dibakar, Teman Traveler.

Bangunan museum ini mencirikan bangunan khas Kalimantan Utara dengan perpaduan warna kuning, putih, dan silvernya. Terlebih lagi, museum tersebut diapit oleh pemandangan nan hijau, sungguh indah.

Museum Kesultanan Bulungan menghadirkan peninggalan sejarah yang terawat dengan baik, seperti tempat tidur Sultan, kursi, meja, foto-foto Sultan, beserta duplikat pakaian kebesarannya, hingga peralatan dapur istana.

Tugu Cinta Damai

Tugu Cinta Damai via instagram/anditya_art2114

Tugu Perdamaian yang merupakan landmark utama Tanjung Selor. Di atas tugu terdapat patung burung Enggang yang dianggap suci dan dikeramatkan oleh Suku Dayak.

Burung Enggang adalah burung khas Kalimantan. Burung ini kini makin langka seiring dengan pembukaan lahan-lahan hutan, sebab hidup bebas di hutan-hutan belantara Kalimantan.

Islamic Center Nunukan

Islamic Center Nunukan via Instagram/ obyrezapost

Landmark wisata religi yang wajib dikunjungi bagi yang beragama Islam adalah Islamic Center Nunukan atau dikenal sebagai Islamic Center Hidayatur Rahma. Masjid yang berlokasi dekat dengan Kantor Bupati Nunukan ini dibangun pada tahun 2013 dengan menelan biaya sekitar 300 miliar.

Bangunan masjid ini memang sangat megah dan membutuhkan waktu 2 tahun lamanya untuk proses pembangunan. Arsitekturnya mengadopsi gaya Timur Tengah dan dipadukan dengan kebudayaan Kalimantan Utara. Pencahayaannya pun sangat menawan. Cocok sebagai tempat swafoto para pelancong maupun masyarakat sekitar.

Alun-Alun Kota Nunukan

Alun-alun kota Nunukan via instagram/alifiaqa

Hal yang pertama kali harus dilakukan saat menginjak Tanjung Selor adalah mengunjungi Alun-Alun Kota Nunukan. Desainnya begitu indah dengan adanya kolam yang berada di tengah, serta berdekatan dengan Tugu Dwikora. Alun-Alun Kota Nunukan telah menjelma menjadi tempat wisata di Kalimantan Utara yang menyenangkan untuk segala waktu.

Sudah tahu kan, mau kemana saja saat mengunjungi Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Teman Traveler? Siapkan kameramu untuk menangkap segala keseruan saat berwisata di sini. Selamat Liburan!

Tags
Indonesia Kalimantan Utara Landmark Tanjung selor Wisata
Share