Eksotisme Sumbawa, 12 Destinasi Wisatanya Membuat Traveler Tak Sabar Untuk Segera Berkelana

Advertisement

Eksotisme Pulau Sumbawa tidak kalah jika dibandingkan Pulau Lombok dan Bali. Hanya saja belum banyak wisatawan yang mengetahui kekayaan alam pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Untuk itu Travelingyuk mengajak kalian untuk berkenalan dengan destinasi wisata yang ada di pulau ini.

Pulau Sumbawa dengan Pulau Lombok dipisahkan oleh Selat Alas, sedangkan bagian timur pulau ini dipisahkan oleh Selat Sape dari Pulau Komodo di provinsi Nusa Tenggara Timur. Samudera Hindia menjadi batas bagian selatan dan sebelah utara berbatasan dengan Laut Flores. Sudah bisa ditebak dengan banyak batas laut, pulau ini memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang keren abis. Berikut 12 destinasi wisata di Pulau Sumbawa yang mengajakmu segera berkelana.

1. Pelabuhan Poto Tano,Gerbang Masuk Pulau Sumbawa Yang Keren Punya

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sumbawa pasti akan melewati Pelabuhan Poto Tano, salah satu pelabuhan di Indonesia dengan view yang paling keren. Pelabuhan ini berada di bagian barat pulau dan menjadi penghubung antara pulau Lombok dengan pulau Sumbawa. Inilah gerbang utama wisatawan untuk memasuki Little Paradise di Nusa Tenggara Barat.

Pelabuhan Poto Tano, via instagram
Pelabuhan Poto Tano, via instagram

Selain sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal yang datang ke Sumbawa dari Lombok, Pelabuhan Poto Tano juga berada di posisi yang strategis dengan kepungan perbukitan hijau yang indah. Keindahannya inilah yang membuat setiap wisatawan yang tiba di Pelabuhan Poto Tano tidak langsung pergi menjelajahi Sumbawa. Mereka memilih untuk beristirahat sambil menikmati suasana sekitar yang indahnya aduhai.

2. Paserang Island, Pulau Pertama Yang Bisa Wisatawan Jelajahi Sesampainya di Sumbawa

Melihat keindahan gugusan pulau di tengah samudera dari Pelabuhan Poto Tani sudah bikin perasaan jadi adem. Tapi bagaimana jika melakukan island hopping ke pulau-pulau tersebut? Pasti sangat menyenangkan. Nah itu bisa dilakukan jika wisatawan mau menyewa kapal boat untuk menyeberang ke pulau-pulau tersebut.

Paserang Island, via instagram
Paserang Island, via instagram

Salah satu pulau yang tengah naik daun di seberang Pelabuhan Poto Tano adalah Paserang Island. Pulau Paserang adalah satu dari gugusan pulau kecil di seberang pelabuhan Poto Tano yang diberi nama Gili Balu. Gugusan pulau ini berderet dengan jumlah 8 pulau. Untuk menuju ke Pulau Paserang butuh waktu sekitar 15 menit menyeberang menggunakan speedboat.

3. Uji Adrenalin di Tanjung Munangis

Tanjung Munangis atau Menangis adalah nama dari sebuah tanjung yang berada di bagian timur pulau Sumawa. Penamaannya yang unik tidak lepas dari kisah legenda penguasa Sumbawa bernama Sultan Samawa. Dikisahkan pada zaman dahulu putri Sultan terjangkit penyakit yang tidak bisa disembuhkan hingga akhirnya ia membuat sayembara dengan hadiah dijadikan menantu untuk pria dan dijadikan anak angkat jika wanita bagi siapa saja yang bisa menyembuhkan penyakit puterinya.

Tanjung Munangis, via instagram
Tanjung Munangis, via instagram

Singkat cerita tabib yang bisa menyembuhkannya bernama Zainal Abidin, pria tua renta dari Ujung Pandang, Sulawesi. Sultan tidak rela jika puterinya dinikahkan dengan pria tua yang sudah bungkuk. Akhirnya ia mengganti hadiah dengan harta, si pria tua kecewa lantas ia kembali ke Ujung Pandang dengan sedih. Puteri Sultan mengejar pria tua tersebut hingga ke daerah tanjung di sisi timur Sumbawa.

Di sana ia melihat pria tua berubah menjadi pria muda yang tampan. Ia menyesal dengan keputusan ayahnya lantas ia mengejar pria tampan hingga tenggelam di tengah laut sambil menangis. Dari sana kemudian tanjung tersebut dinamakan Tanjung Munangis. Saat ini Tanjung Munangis terkenal sebagai spot uji adrenalin untuk melakukan cliff jumping.

4. Pulau Nisa Pudu, Secuil Tanah Surga di Kabupaten Dompu

Pulau Nisa Pudu adalah secuil tanah surga yang jatuh di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pulau besar dengan kecil yang hanya menyerupai sebuah bukit di tengah laut. Pulau Nisa Pudu mempunyai laut berwarna hijau tosca yang sangat jernih seperti kristal.

Pulau Nisa Pudu, via instagram
Pulau Nisa Pudu, via instagram

Perjalanan menuju ke Pulau Nisa Pudu membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal sewaan dengan biaya sekitar Rp. 300 ribu yang berangkat dari kawasan Kempo. Aktivitas di Nisa Pudu paling asyik adalah berenang atau berkeliling pulau yang hanya butuh 10 menit saja untuk mengelilinginya. Pulau Nisa Pudu sendiri merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Dompu, Provinsi NTB.

5. Pulau Moyo, Sensai Liburan Kelas Dunia di Sumbawa

Pulau Moyo adalah sedikit destinasi wisata Indonesia yang pernah menjadi tempat berlibur tokoh dan artis dunia salah satunya adalah mendiang Putri Diana. Pulau ini cukup terpencil di sisi utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Pun demikian pulau kecil ini memiliki segudang tempat keren berupa pantai hingga air terjun.

Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo, via instagram
Air Terjun Mata Jitu, Pulau Moyo, via instagram

Di dalam pulau Moyo juga telah berdiri resor mewah dengan tarif selangit. Meski tidak setenar Pulau Bali, maupun Tiga Gili di Lombok tapi Pulau Moyo masuk dalam sederet tujuan wisata mewah di negeri ini. Travelingyuk sudah pernah membahas potensi wisata pulau ini, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya di sini.

6. Mendaki Gunung Tambora yang Luar Biasa

Gunung Tambora di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat ini tidak boleh dilewatkan dalam lawatanmu ke Pulau Sumbawa. Gunung yang terkenal karena letusannya yang maha dahsyat di era kehidupan modern manusia ini ternyata menyimpan banyak keindahan alam yang perlu diungkapkan.

Gunung Tambora, via instagram
Gunung Tambora, via instagram

Gunung Tambora pernah mengalami letusan besar di tahun 1815 bahkan letusan tersebut jauh lebih besar ketimbang letusan Gunung Krakatau. Menurut sejarah akibat dari letusan itu puluhan ribu nyawa manusia melayang dan wilayah Eropa sampai tertutup debu vulkanik serta mengalami perubahan iklim. Kini wisatawan bisa menyaksikan sisa-sisa kedahsyatan letusan Tambora dengan mendaki ke puncaknya. Dari sana terlihat kawah menganga berdiameter 7 kilometer dan berkedalaman 800 meter.

7. Pantai Maluk, Spot Surfing Favorit Turis Asing

Buat wisatawan yang suka dengan surfing bisa datang ke Pantai Maluk yang terletak di desa Maluk, kecamatan Jereweh, kabupaten Sumbawa Barat. Pantai ini selain terkenal dengan keindahan alam serta damainya pemandangan Teluk Maluk juga memiliki ombak besar yang disukai para peselancar.

Pantai Maluk, via instagram
Pantai Maluk, via instagram

Ombak di Pantai Malu memiliki ketinggian rata-rata di atas 2 meter yang sangat menggoda peselancar untuk segera menceburkan diri ke laut dan menunggangi papan selancar guna menakhlukkan gulungan ombak yang dahsyat. Jadi jangan kaget jika datang ke pantai ini kemudian pengunjung yang dijumpai kebanyakan turis ketimbang wisatawan domestik.

8. Masih di Kecamatan Jereweh Kunjungi Pula Air Terjun Kalela

Jangan beranjak dulu dari kecamatan Jereweh setelah puas main-main di Pantai Maluk. Lanjutkan perjalanan menuju ke Air Terjun Kalela yang berada di desa Jereweh, kecamatan Jereweh, kabupaten Sumbawa Barat. Air terjun ini sangat unik lantaran memiliki banyak sekali julukan antara lain Air Terjun Ai Koa, Air Terjun Jantup, dan Air Terjun Semporon Tangkil.

Air Terjun Kalela, via instagram
Air Terjun Kalela, via instagram

Air Terjun Kalela juga punya keunikan dalam hal bentuknya yang mana terjunan air akan jatuh ke atas susunan batu bertingkat sebelum akhirnya mengisi kolam di bawahnya yang berwarna hijau tosca. Lokasi air terjun ini masih lumayan tersembunyi. Dari Pelabuhan Poto Tano wisatawan masih harus menempuh jarak sekitar 48 kilometer menuju desa Jereweh.

9. Pulau Kenawa, Pulau Sepi Serasa Milik Pribadi

Pulau Kenawa dalam beberapa tahun terakhir namanya mulai mencuat sebagai salah satu tujuan wisata eksklusif di Sumbawa. Pulau ini memiliki suasana yang sepi sehingga siapa saja yang berkunjung ke sana akan berasa sedang berlibur di pulau pribadi. Pulau Kenawa memiliki pantai berpasir putih yang bahkan kamu akan kesulitan menemukan jejak kaki di pasir pantainya.

Pulau Kenawa, via instagram
Pulau Kenawa, via instagram

Pulau ini juga diselimuti oleh padang savana bagaikan permadani hijau di seluruh pulaunya. Untuk menjangkau pulau ini traveler yang berangkat dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur bisa berlabuh di pelabuhan Poto Tano sebelum kemudian melanjutkan perjalanan selama 1,5 jam menggunakan kapal feri menuju ke Pulau Kenawa. Baca selengkapnya mengenai Pulau Kenawa dalam artikel berikut.

10. Pulau Satonda, Eksotis dan Misterius

Pulau Satonda terletak di ujung barat dari kabupaten Dompu tepatnya di desa Nangamiro. Pulau ini sangat eksotis namun juga menyimpan sisi mistis. Penampakan wajah alam Pulau Satonda memang sanggup membuat siapa saja terpana namun di dalam pulau ini ada misteri alam yang hingga kini masih menjadi perdebatan.

Pulau Satonda, via instagram
Pulau Satonda, via instagram

Kalau wisatawan ke Pulau Satonda salah satu tujuan yang dikunjungi pastilah Danau Satonda, danau air asin yang sangat misterius. Dikatakan demikian lantaran air danau ini memiliki rasa asin seperti air laut tapi letak danau ini sangat jauh dari laut, keduanya terpisah jarak 3 kilometer. Hingga saat ini teori yang paling dipercaya adalah adanya tsunami mega besar yang terjadi zaman purba yang kemudian mengisi kawah tua berkedalaman 1.000 meter yang kini dikenal dengan nama Danau Satonda.

11. Ladang Garam di Bima Keren Dipotret Kamera

Selain Pamekasan, Madura daerah Bima, Nusa Tenggara Barat juga terkenal sebagai penghasil garam berkualitas di Indonesia. Jika kamu main-main ke Bima akan terlihat ribuan hektar ladang garam yang bersebelahan dengan tambak-tambak ikan bandeng. Tambak garam tersebut memanjang di pesisir teluk Bima.

Ladang Garam di Bima, via instagram
Ladang Garam di Bima, via instagram

Untuk melihat indahnya pemandangan dari ladang garam di Bima wisatawan bisa meluncur ke dua kecamatan penghasil garam yaitu Bolo dan Woha. Di dua kecamatan tersebut terdapat 1.200 hektar ladang garam yang dimiliki oleh puluhan penduduk dan juga perusahaan. Pemandangan ladang garam inilah yang sangat keren jika dipotret sebab menghasilkan pantulan gambar yang sempurna.

12. Gili Meriam, Spot Anti Mainstream di Sumbawa

Gili Meriam atau kadang disebut juga Gili Meriam Besar adalah pulau kecil yang berada tidak jauh dari Desa Nelayan Teluk Santong, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa. Dari desa tersebut hanya butuh menyeberang selama 45 menit menggunakan perahu sewaan. Dari namanya saja sudah terlihat keunikan dari gili ini, meski namanya Gili Meriam Besar nyatanya ini hanyalah pulau seluas 3,62 hektar.

 Gili Meriam, via instagram
Gili Meriam, via instagram

Pun demikian Gili Meriam Besar berada di dalam Teluk Saleh dan amat terasing. Jadi jika mau menyendiri pulau ini cocok untuk kamu sambangi. Gili Meriam dikenal memiliki pantai pasir putih dan perairan dangkal yang bening sehingga pas untuk berenang dan bersenang-senang di air.

Semakin ke timur dari wilayah Indonesia, wisatawan disuguhkan lebih banyak keindahan alam yang luar biasa seperti tempat-tempat keren di Sumbawa tadi. So, jika masih ada destinasi yang terlewatkan kamu bisa melengkapinya di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Gunung Indonesia NTB pantai pulau Sumbawa
Share