Kiat Dapatkan Makanan Halal Saat Berwisata ke Negara Mayoritas Non Muslim

Advertisement

Tentu sangat menyenangkan jika Anda berhasil mewujudkan impian untuk berlibur ke luar negeri. Sudah terbayang berbagai hal menarik yang akan dijumpai, seperti pemandangan bersalju, budaya dan bahasa yang sangat berbeda, hingga makanan minuman unik yang tak pernah dijumpai sebelumnya.

Tapi, Anda yang beragama Islam tentu tak lepas juga dari kekhawatiran sulitnya mendapatkan makanan halal saat berlibur ke luar negeri terutama jika mayoritas masyarakatnya non muslim. Sebagian besar restoran dan pedagang kaki lima biasanyan menjual makanan dengan daging babi, sehingga bisa jadi Anda akan kesulitan mengisi perut. Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya tetap dapat mengonsumsi makanan halal di negara non muslim seperti berikut ini:

Pilih hotel, bukan hostel

Restoran hotel memang menyediakan berbagai variasi makanan berbeda untuk para wisatawan. Meski tidak hanya daging babi yang digunakan, bukan berarti menu dengan daging ayam dan sapi terjamin kehalalannya. Bisa jadi ada campuran minyak babi atau bumbu lain yang tergolong dalam makanan non halal. Tentu Anda tak bisa mengecek satu persatu bahan yang digunakan sang koki di dapur. Maka dari itu, menginap di hostel adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Dapur Hostel
Dapur Hostel [Image Source]
Saat menginap di hostel, Anda tak cuma mendapat fasilitas kamar tidur dan kamar mandi tapi juga dapur kecil. Inilah yang membuat Anda bisa memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi sehingga lebih terjamin halalnya.

Berbelanja di supermarket

Daripada membeli makanan di restoran atau jajan di pinggir jalan, lebih baik Anda berbelanja bahan segar ke supermarket. Membeli makanan instan dalam kemasan atau kaleng juga bukan solusi yang tepat karena bisa jadi ada bahan tidak halal yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Supermarket
Supermarket [Image Source]
Jika berbelanja di supermarket, Anda bisa membeli aneka sayur, vegan pasta, ikan, telur, buah, dan beras. Bahan-bahan ini tentu bisa diolah menjadiberbagai menu selama Anda berlibur di luar negeri. Untuk bumbu, akan lebih mudah kalau Anda membawa bumbu instan dari tanah air yang terjamin halalnya.

Browsing video masak

Sudah memilih tinggal di hostel dan berbelanja aneka bahan di supermarket, tentu semua jadi sia-sia kalau Anda tak bisa memasak. Maka dari itu, perbanyak pengetahuan dengan menonton video masak di YouTube. Pilihlah menu-menu yang mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak alat dan bahan. Memilih memasak gudeg saat berlibur di luar negeri tentu bukan pilihan tepat karena membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya.

Video Masak
Video Masak [Image Source]
Menu-menu tumisan yang terbuat dari aneka sayur merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dimasak saat liburan ke luar negeri. Anda bisa pula membuat gorengan berbahan ayam atau seafood sebagai pendamping nasi. Kalau suka, roti dan pasta juga bisa jadi menu mudah yang cukup mengenyangkan.

Kalau  Anda terpaksa harus membeli makanan yang sudah jadi, tentu lebih bijak untuk bertanya kepada penjualnya tentang halal atau tidaknya. Jika membeli makanan dalam kemasan, Anda perlu mengecek label bahan penyusunnya terlebih dahulu. Mungkin Anda akan membutuhkan kamus kalau Anda berkunjung ke negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Sebelum berangkat, ada baiknya bertanya pada teman atau keluarga yang sudah pernah berkunjung ke negara tujuan Anda. Tanyakan apakah ada restoran halal yang bisa dituju di negara tersebut. Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
makanan halal. traveling halal tips traveling
Share