5 Spot Wisata di Solok Selatan, Wajah Menawan Ranah Minang

Solok Selatan sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Solok punya daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki olah daerah lain. Kamu harus ke sini untuk menikmati alam ala Swiss dan Selandia Baru, hamparan perukitan yang hijau, air terjun mengalir deras dan rumah adat Minang yang kokoh saling beradu pandang. Berikut ini adalah beberapa wisata di Solok Selatan pilihan Travelingyuk untukmu, baca sampai selesai untuk mengisi kembali semangatmu menjelajah negeri.

1. Air Terjun Kembar

Air terjun Kembar [image source]
Meski sudah populer dan dikunjungi banyak orang, tapi Air Terjun Kembar tetap menampilkan sisi alami dengan pepohonan rindang dan rerumputan hijau. Belum lagi, udara sejuk berhembus memberikan kesegaran tersendiri. Dari Kantor Bupati Solok Selatan, perjalanan ke sini cukup menemuh jarak 5 km. Setelah sampai di tempat parkir pun dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit. Kamu bisa mandi tepat di bawah air terjun atau bermain air di aliran sungainya.

Air Terjun Kembar [image source]
Lokasi : Desa Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan

2. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal Solok Selatan [image source]
Masuk ke goa ini akan membuatmu merasakan senasai seperti menelusuri lambung-lambung kapal. Dindingnya berwana-warni membentuk ruangan-ruangan yang luas dan bertingkat. Destinasi yang pertama kali ditemukan pada tahun 1984 tersebut kini dikelola oleh Pokdarwis Insan Peduli Goa Kapal. Di dekatnya, masih ada beberapa goa yang bisa dikunjungi. Bahkan ada batu yang mengeluarkan bunyi seperti talempong (alat musik) ketika dipukul. Perjalanan ke sini bisa diakses dari Padang Aro dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan. Sedangkan untuk tiket masuknya sekitar Rp3.000 per orang.

Goa Batu Kapal Solok Selatan [image source]
Lokasi : Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo

3. Nagari Seribu Rumah Gadang

Seribu Rumah Gadang [image source]
Pergi ke Solok Selatan kurang lengkap jika tidak melihat langsung bagaimana Budaya Minangkabau yang tetap terjaga sampai saat ini. Yang paling menarik tentu saja deretan Rumah Gadang lengkap dengan kuliner khasnya. Ada satu bangunan yang besar dengan 21 ruang, nampak seperti istana megah kebanggaan orang-orang Minang. Di dalamnya tersimpan berbagai benda bersejarah peninggalan leluhur.

Seribu Rumah Gadang [image source]
Lokasi : Jorong Koto Baru. Kenagarian Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan

4. Kebun Teh Liki

Kebun Teh Liki [image source]
Solok Selatan punya kebun teh yang luas dan cocok dijadikan destinasi wisata bersama dengan keluarga. Tidak hanya bersantai sambil menelusuri jalan-jalan setapak di tengah-tengah perkebunan, tapi kamu juga bisa tahu seputar pengolahan daun teh yang berkualitas. Dari pusat pemerintahan Solok Selatan, perjalan ke sini hanya memakan waktu 4 menit berkendara. Dekat sekali bukan?

Kebun Teh Liki [image source]
Lokasi : Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Solok Selatan

5. Air Terjun Ulu Suliti

Air Terjun Ulu Suliti [image source]
Inilah salah satu air terjun paling indah di Solok Selatan. Aliran airnya melewati tebing yang tinggi dan dikelilingi oleh lingkungan yang masih asri. Menemukannya juga tidak sulit karena dekat dengan gerbang perbatasan dengan Kabupaten Solok. Dari tempat pakir kendaraan, pengunjung diharuskan berjalan kaki selama 2 jam. Cukup melelahkan memang, namun untuk melihat keindahan yang mengagumkan tentu tidak jadi masalah.

Air Terjun Ulu Suliti [image source]
Lokasi : Pakan Rabaa Utara, Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan

Itulah beberapa wisata di Solok Selatan, kalau punya banyak waktu sempatkan untuk mampir ke kabupaten tetangganya. Di sana ada cuilan Selandia baru yang menawan, lho.

Tags
Air Terjun Indonesia kebun teh Solok Selatan Sumatra Barat
Share