Mulai Jenuh? Refreshing ke Jember Ala Ubud Bali Yuk

Keliling Jawa Timur saja untuk menjelajah wisata alamnya, rasanya tak cukup waktu satu minggu. Sebut saja deretan pantai yang ada di Malang Selatan yang cantiknya mengundang untuk dikunjungi satu persatu. Belum lagi keindahan pegunungan Batu yang super sejuk, bikin betah dan ogah pulang. Ternyata Jember juga punya wisata yang tak kalah dengan kota lainnya, bahkan bisa bersaing dengan Bali, nih. Di mana, sih?

Dibangun Sejak Jaman Belanda

Puncak Rembangan dari Jaman Belanda
Puncak Rembangan dari Jaman Belanda [image source]
Tak hanya punya Pantai Papuma dan Watu Ulo, Jember juga punya wisata lain yang tak kalah indahnya, yaitu Puncak Rembangan. Wisata yang satu ini ternyata sudah berdiri sejak jaman Belanda, tepatnya tahun 1937. Setelah Indonesia merdeka, lokasi ini pun akhirnya dikelola oleh Pemerintah Jember dengan perbaikan di sana sini, namun tetap menjadi bentuk aslinya. Jadi, jangan heran jika masih menemukan bangunan antik dengan gaya Belanda yang khas. Dulunya puncak ini adalah tempat peristirahatan pada menir karena udaranya yang sejuk.

Jalanan ke Puncak Rembangan
Jalanan ke Puncak Rembangan [image source]

Berada di Ketinggian

Kolam Renang Puncak Rembangan
Kolam Renang Puncak Rembangan [image source]
Udara di Puncak Rembangan sangat sejuk, sangat cocok untuk relaksasi dan menyingkirkan stres karena pekerjaan. Lokasinya berada di ketinggian, tepatnya 650 meter di atas permukaan air laut. Akses menuju wisata ini pun sudah bagus dan bisa dilewati kendaraan besar. Di kanan kiri selama perjalanan, kamu bisa menikmati pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Salah satu fasilitas di destinasi ini adalah kolam renang. Bisa dijadikan pilihan untuk tujuan liburan keluarga selanjutanya. Ada juga sudut-sudut cantik yang bisa untuk selfie, seperti payung warna-warni ini.

Spot Selfie di Puncak Rembangan
Spot Selfie di Puncak Rembangan [image source]

Wisata Alami Jember

Ubudnya Jember, Puncak Rembangan
Ubudnya Jember, Puncak Rembangan [image source]
Selain kolam renang, Puncak Rembangan juga memiliki taman bunga yang sangat indah. Hati-hati jika berfoto di kawasan ini. Jangan sampai hanya demi pose sempurna, kamu merusak bahkan memetik bunganya. Berkunjung ke lokasi ini baiknya di pagi hari. Kamu akan disambut hawa pegunungan yang super segar. Tempat wisata ini pun masih sepi, sehingga terasa seperti villa pribadi. Pemandangan dari puncak ini pun tak kalah indah dari Ubud, Bali yang terkenal dengan sawah-sawahnya yang bertumpuk-tumpuk. Berkunjung di malam hari atau menginap di sini, kamu akan disambut dengan lampu-lampu kota yang dilihat dari ketinggian. Romantis banget!

Taman Bunga di Puncak Rembangan
Taman Bunga di Puncak Rembangan [image source]

Wisata Alami Lainnya di Jember

Air Terjun Tancak
Air Terjun Tancak [image source]
Selain Teluk Love yang terkenal romantis untuk katakan cinta, Jember juga diperkaya dengan air tejun yang eksotis. Di antaranya adalah Air Terjun Tanjak yang berada di Desa Suci, Panti, Kabupaten Jember. Lainnya, ada juga Air Terjun Seputih yang berlokasi di daerah Mayang. Di sini, kamu akan dibuat terpana dengan pemandangan senjanya yang sungguh menawan. Dua air terjun ini akan dijamin ampuh untuk menyegarkan pikiranmu dan menghilangkan kejenuhan yang diakibatkan oleh padatnya pekerjaan.

Air Terjun Seputih
Air Terjun Seputih [image source]

Kuliner yang Wajib Dicicipi

Soto Ayam Dahlok
Soto Ayam Dahlok [image source]
Yang tak boleh ketinggalan dan wajib disempatkan adalah berburu kuliner setempat. Jember punya makanan khas, salah satunya adalah Gudeg Lumintu yang dicampur dengan pecel. Penasaran? Kamu bisa coba sendiri di warungnya yang berada di Jalan Kerta Negara, sekitar 40 menit berkendara dari Puncak Rembangan. Kuliner enak lainnya yang bisa dicicipi adalah Soto Ayam Dahlok yang kuahnya super guring. Warung soto ini terletak di Kepatihan, hanya 8 menitan naik mobil dari Gudeg Lumintu.

Pecel Gudeg Lumintu
Pecel Gudeg Lumintu [image source]
Puncak Rembangan

Lokasi: Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68191

Nah, siapa bilang kalau hanya Bali yang indah? Setiap sudut Indonesia memiliki kecantikannya sendiri, termasuk Jember lho. Setuju, kan?

Tags
Indonesia Jawa Timur Jember puncak rembangan Wisata
Share