5 Wisata Seni Terindah di Indonesia, Semuanya Instagenic

Indonesia tak hanya kaya akan wisata alamnya yang penuh pesona. Tapi juga memiliki wisata seni menakjubkan di beberapa daerah. Di dalam tempat tersebut ada banyak sekali karya luar biasa dari tangan-tangan kreatif para seniman. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas beberapa wisata seni terindah di Indonesia. Penasaran apa saja? Oke, kita jelajah satu persatu yuk. 

1. Art 1 : New Museum, Jakarta Pusat 

wisata seni terindah
Art 1 : New Museum via instagram/ajengrchmwt

Pertama, ada Art 1 : New Museum yang berada di Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Museum yang didirikan sejak tahun 1983 ini, dulunya bernama Mon Decor Gallery.

Museum ini memiliki banyak koleksi lukisan di dalamnya, mulai dari lukisan kontemporer hingga modern yang dibuat langsung oleh para seniman Indonesia. Semua yang dipamerkan di sini lukisannya sangat penting karena berhubungan dengan perkembangan dan sejarah seni nasional. 

2. Ullen Sentalu, Yogyakarta 

wisata seni terindah
Ullen Sentalu via instagram/garnetayup

Kemudian, ada juga Ullen Sentalu yang sudah berdiri sejak tahun 1994. Tempat wisata satu ini berisikan koleksi lukisan, foto tokoh sejarah Mataram, kain batik, karya sastra, arca, dan etnografi Mataram.

Peninggalan sejarah Mataram membuat museum ini memiliki nuansa Jawa yang begitu kuat, seolah mengajak pengunjung kembali ke masa kaum Jawa pada kala itu. Kalau kalian ingin mengunjungi museum unik ini, datang saja ke Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman

3. Museum Blanco Renaissance, Bali 

Museum Blanco Renaissance via instagram/stevenxidbali 

Tak kalah indah dengan dua museum di atas, ada Blanco Renaissance yang paling dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Bali. Museum ini memajang koleksi lukisan-lukisan milik seniman dunia asal Spanyol yang bernama Antonio Blanco. Pria kelahiran 1911 ini menjadikan Bali sebagai rumah untuk berkarya hingga kematian menjemputnya pada 1999.

Lukisan-lukisannya banyak menggambarkan keindahan alam dan kehidupan masyarakat Bali. Ingin melihat keindahan lukisan-lukisannya? Datang saja ke Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. 

4. Museum Kata Andrea Hirata, Bangka Belitung  

Museum Kata Andrea Hirata via instagram/sigit_sugiyono

Teman Traveler pasti sudah tak asing dengan Andrea Hirata sang penulis buku Laskar Pelangi. Nah, pria satu ini ternyata juga mendirikan sebuah museum sastra. Namanya adalah Museum Kata Andrea Hirata yang sudah didirikan sejak tahun 2010 lalu. Untuk lokasinya berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur.

Di museum ini kalian bisa menemukan lebih dari 200 literatur dari berbagai genre seperti literatur musik, film, anak, seni, hingga literatur arsitektur. Ada juga ruang-ruang khusus untuk belajar informasi tertentu. Misalnya, ruangan yang khusus membahas informasi mengenai geografi Belitung. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki banyak sekali spot-spot instagenic. 

5. Museum Ganesya, Malang 

Musuem Ganesya via instagram/rizka_wr

Di tahun 2019, Kota Malang juga menyajikan museum baru nih. Bernama Museum Ganesya yang berada di Jl. Graha Kencana Raya, Karanglo, Banjararum, Kecamatan Singosari, Malang.

Museum ini tidak hanya menyajikan aneka benda purbakala peninggalan sejarah, namun juga budaya yang dikemas dengan atraktif dan komunikatif. Menariknya lagi, penataan benda-benda yang dipamerkan dibuat seindah mungkin, sehingga pengunjung yang datang bisa sekaligus mengabadikan momen di sana. 

Itulah beberapa wisata seni terindah yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki tema masing-masing untuk menyalurkan pengetahuan kepada pengunjung yang datang. Tak lupa juga museum dibuat sedemikian rupa agar lebih instagenic, sehingga para milenial pun tertarik untuk datang. Bagaimana, sudah siap untuk menimba ilmu di museum-museum ini? 

Tags
Bali bangka belitung Indonesia Jakarta Jawa Timur Wisata wisata seni terindah wisata seni terindah di indonesia Yogyakarta
Share