SD Laskar Pelangi, Yuk Mampir Sekalian Libur Lebaran di Belitung

Rosita

Rosita

On Kontributor
SD Laskar Pelangi SD Laskar Pelangi

Bingung habiskan libur lebaran di mana? Jika Teman Traveler sedang berada di Belitung, banyak yang bisa dilakukan. Kota penghasil timah ini punya sederet destinasi menarik. Salah satunya adalah replika SD Muhammadiyah Gantung atau kerap disebut SD Laskar Pelangi.

Terletak di Kecamatan Gantung

Bandara Has Hanandjoeddin (c) Rosita/Travelingyuk

SD Laskar Pelangi adalah sebutan untuk bangunan sempat digunakan untuk pengambilan gambar film Laskar Pelangi di Belitung. Setelah proses syuting selesai, lokasi ini lumayan populer di kalangan wisatawan. Bangunan yang merupakan replika SD Muhammadiyah ini berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Butuh kurang lebih satu jam perjalanan dari Tanjungpandan untuk bisa sampai di SD Laskar Pelangi. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama jika Teman Traveler berangkat dari Bandara Has Hanandjoeddin.

Setelah melalui jalur menuju Perkampungan Gantung, Teman Traveler akan menyusuri danau sebelum kemudian tiba di bangunan yang berada di atas bukit ini. Sepanjang perjalanan kalian bakal disuguhi pemandangan apik berupa deretan rumah sederhana dan perkebunan milik warga sekitar.

Replika Sekolah Laskar Pelangi

Area parkir kendaraan (c) Rosita/Travelingyuk

Kesuksesan film Laskar Pelangi membuat replika SD Muhammadiyah Gantung tak pernah sepi kunjungan wisatawan. Sesuai namanya, bangunan yang ada sekarang hanyalah tiruan dari bangunan asli yang sudah ambruk. Bentuknya benar-benar mirip, sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika Teman Traveler ingin menapaktilasi perjalanan Laskar Pelangi.

Replika SD Muhammadiyah Gantung dikelilingi pasir yang sengaja diambil dari sekitar tambang timah. Di dalamnya, Teman Traveler bisa melihat ruang kelas beralas tanah dengan interior lemari, kursi, dan meja belajar seadanya.

Meski terlihat sederhana dan kurang terawat, bangunan ini tak pernah sepi kunjungan wisatawan lho. Sejumlah bangku siswa bahkan sudah kelihatan rusak.

Magnet Wisatawan Belitung

Replika SD Laskar Pelangi (c) Rosita/Travelingyuk

Replika SD ini telah jadi salah satu magnet wisata Belitung. Popularitas film Laskar Pelangi membuat tempat ini jadi destinasi wajib untuk dikunjungi. Para pelancong biasanya menyempatkan untuk sekedar berfoto atau melihat-lihat kondisi bangunan yang diresmikan pada 27 November 2010 ini.

Jadi magnet wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai SD Laskar Pelangi, salah satu tempat yang mendadak terkenal usai jadi lokasi syuting film dan tak pernah sepi wisatawan. Jika Teman Traveler sedang libur lebaran di Belitung, jangan sampai lupa mampir ke sini ya.