Wisata Seni Jogja, Instagenic dan Bikin Milenial Merdeka untuk Berkarya

Jogja merupakan salah satu kota seni yang populer di Indonesia. Beragam karya bisa dinikmati di Kota Gudeg ini, mulai dari tradisional hingga modern. Teman Traveler bisa menyaksikannya di wisata seni Jogja.

Rupanya keberadaan tempat-tempat artsy di Jogja merupakan salah satu wujud kemerdekaan berkarya ala milenial. Selain sarat makna, juga menjadi spot foto instagenic. Mau tahu di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. De Mata Museum

De Mata Museum Jogja Spot Khong Guan via Instagram @brrigitta

De Mata merupakan museum seni modern yang menampilkan beragam karya visual tiga dimensi. Teman Traveler dijamin akan terkecoh sebab lukisannya terlihat seperti nyata. Terdapat kurang lebih 100an gambar 3D beraneka tema, seperti kaleng biskuit Khong Guan yang super ikonik dan legenda unicorn.

Visual foto 3D dengan Unicorn via Instagram @tiwispw

Spot-spot instagenic di De Mata Museum tentunya tidak boleh dilewatkan untuk berfoto. Lumayan buat memperbanyak konten di feed Instagram. Museum ini berada di XT Square, Jalan Vetaran Nomor 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Jogja. Tiket masuknya Rp30 ribuan sampai Rp50 ribuan.

2. Museum Patung De Arca

XT Square via Instagram @wonderfuljogja

Kalau di luar negeri ada Madame Tussauds Museum, maka Indonesia punya yang serupa, yaitu De Arca. Wisata seni Jogja yang masih berada satu kawasan dengan De Mata ini, menampilkan patung tiga dimensi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. Mulai dari Soekarno, sampai Jokowi.

Selain dari nusantara, ada juga patung figur terkenal dunia seperti Jackie Chan, Michael Jackson, dan Albert Einstein. Teman Traveler tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, deh, buat berfoto bersama mereka.

Bersalaman dengan replika Jokowi via Instagram @aldioabrian

De Arca Statue Museum berlokasi di XR Square, buka jam 10.00-22.00. Biaya masuk museum sebesar Rp50 ribuan. Kalau mau sekalian beli tiket terusan dengan De Mata juga bisa. Cukup sediakan Rp75 ribuan.

3.  Art Jog

Panggung Seni Artjog via Instagram @artjog.id

Art Jog merupakan wisata seni Jogja yang diadakan setahun sekali. Tahun ini diadakan mulai 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2019. Teman Traveler dapat menikmati beragam seni kontemporer karya seniman terkemuka, seperti Riri Riza dan Agan Harahap. Begitu melihat betapa menariknya kreasi di Art Jog, dijamin ide-ide segar untuk turut berkarya akan muncul.

Wisata Seni Jogja
Display seni untuk berfoto via Instagram @artjog.id

Teman Traveler penasaran? Datang saja ke Museum Nasional Jogj di Jalan Professor Ki Amri Yahya Nomor 1, Pakuncen, Wirobrajan. Siapkan Rp25 ribuan sampai Rp50 ribuan. Pameran ini buka mulai jam 10.00-21.00.

4. Upside Down World

Wisata Seni Jogja
Spot Foto di Upsidedown via Instagram @jurensiahaya

Seunik namanya, Upside Down World merupakan wisata seni Jogja bertema rumah terbalik. Terdapat aneka spot yang tidak boleh dilewatkan; mulai dari ruang tamu, kamar tidur, sampai dapur. Bermain di Upside Down World Jogja akan semakin seru kalau bareng teman-teman.

Foto di set warung di Upside Down via Instagram @pickabag.dhiennie

Upside Down World Jogja terletak di Jalan Ring Road Utara 18, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Kalau Teman Traveler datang ke sini, wajib untuk upload foto di Instagram; agar netizen juga merasakan sensasi terbalik saat melihat tipuan visual dari Upside Down. Tempat ini buka jam 10.00-19.00, tiketnya Rp40 ribuan sampai Rp80 ribuan.

5. Sangkring Art Space

Wisata Seni Jogja
Salah satu seni yang dipamerkan di Sangkring Art Space via Instagram @pickabag.dhiennie

Sangkring Art Space yang merupakan wujud kebebasan berkarya ala milenial ini terbagi menjadi tiga ruangan. Sangkring Art Space berisi beragam karya seni rupa; lukisan, patung, dan seni instalasi.

Sangkring Art Project ialah ruangan yang memamerkan proyek seni eksperimental dari seniman dengan beragam latar belakang. Teman Traveler juga bisa ikut berpartisipasi, loh. Selanjutnya ada Bale Banjar yang berarti public space, tempat untuk dialog pegiat seni.

Wisata Seni Jogja
Spot foto di Sangkring Art via Instagram @zahrakhairunnisaa

Tempat yang disediakan oleh Sangkring Art Space sudah berstandar internasional. Teman Traveler bisa langsung datang ke tempat keren ini di Jalan Nittiprayan Nomor 88, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

Itulah setidaknya 5 wisata seni Jogja yang patut disinggahi. Teman Traveler sudah pernah ke salah satunya?

Tags
DIY Indonesia Jogja Wisata wisata seni
Share