8 Wisata di Sembalun Lombok yang Indahnya Nggak Bikin Kapok

Sembalun terkenal sebagai gerbang Rinjani. Tempat ini dilalui para pendaki yang ingin menuju puncak gunung terindah di Indonesia. Secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur. Dan ternyata, ada banyak wisata di Sembalun dari alam hingga budaya. Apa saja sih? Simak ulasan berikut ini.

1. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti 
Air Terjun Mangku Sakti via Instagram/@simaun_

Air terjun ini letaknya masih sangat tersembunyi dan alami. ada aliran yang begitu deras dan melebar melewati dinding tebing berbatu. Udara di sini begitu sejuk dan batu-batu berukuran besar juga bisa jadi spot foto keren. Kamu harus berhati-hati, terutama kalau datang saat musim hujan karena debit air akan lebih besar. Sebaiknya tidak berenang tepat di bawah titik jatuhnya air.

2. Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun 
Pusuk Sembalun via Instagram/@yuliatiwinarsih

Taman Wisata Pusuk Sembalun adalah spot di atas beukit yang menawarkan pemandangan indah. Kombinasi langit yang cantik, pegunungan serta bukit, hingga pemukiman dan sawah begitu cantik. Spot foto ini begitu terkenal, dan jadi andalan Desa Wisata Sembalun. Tingginya mencapai 1250 mdpl.

3. Desa Adat Beleq

Desa Adat di Sembalun
Desa Adat di Sembalun via Instagram/@eko_echofitri

Desa adat ini dihuni oleh beberapa orang yang tinggal di rumah adat yang masih terjaga keasliannya. Mulai dari dinding hingga atap, semuanya masih menggunakan bahan-bahan yang alami. Sama seperti rumah lainnya di lombok, lantai rumah di Desa Beleq juga dibuat dengan campuran kotoran kerbau.

4. Bukit Selong

Bukit Selong 
Bukit Selong via Instagram/@liburpedia

Bukit Selong juga masih ada dalam area Pusuk Sembalun. Berupa bukit untuk melihat indahnya sawah yang terkotak-kotak menampilkan berbagi warna seperti sebuah anyaman. Uniknya lagi, di Bukit Sleong kamu bisa foto di Gardu Pandang yang Bentuknya unik. Di kejauhan ada lereng Rinjani yang menggetarkan hati.

5. Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya 
Air Terjun Umar Maya via Instagram/@sriayuoppo

Selain Mangku Sakti, di Semablun ada air terjun Umar Maya. Lokasinya sendiri berada di Desa Bilok Petung. Jika kamu berangkat dari pusat kermaianan di Sembalun, jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Aliran Umar Maya memiliki warna unik karena memang memiliki kandungan belerang.

6. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan via Instagram/@kayvanhuisseling

Bikut ini juga bisa didatangi untuk melihat panorama alam Sembalun. Kamu yang suka dengan fotografi pasti akan senang berada di sini. Ada banyak objek foto yang bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuanmu mengabadikan gambar dengan kamera. Sama seperti Bukit Selong, dari sini kamu juga bisa melihat pemandangan sawah dan pedesaan.

7. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani 
Gunung Rinjani via Instagram/@trisnaindonesia

Tentu saja rasanya kurang lengkap jika sudah ke Sembalun tapi tidak mampir ke Gunung Rinjani. Kamu bisa mulai petualangan dan melewati jalur Sembalun yang penuh tantangan. Lihatlah lebih dekat seperti apa kecantikan kaldera Gunung Rinjani atau puncaknya yang penuh misteri.

8. Bukit Dandaun

Bukit Dandaun 
Bukit DandauBukit Dandaun via Instagram/@dillantsia

Di Bukit Dandaunan, kamu juga bisa santai sambil menikmati alam di LOmbok yang begitu aduhai. Sama seperti bukit-bukit sebelumnya, kamu juga dapat melihat lembah-lembah luas yang dikelilingi oleh lereng gunung. Lebih seru lagi jika ke sini sambil bermalam. Bawa tenda dan tunggu indahnya senja dan fajar.

Itulah beberapa tempat wisata di Sembalun yang keren dan bisa kamu datangi  liburan nanti. Tentu saja sehari tidak akan cukup. Jangan khawatir karena di Sembakun sudah ada banyak tempat menginap.

Tags
Indonesia Lombok Sembalun wisata lombok
Share