Wisata Sembalun, Keindahan Trio Air Terjun Lombok yang Memesona

Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, memang punya segudang potensi alam memikat. Kawasan ini benar-benar wajib masuk dalam
list rencana liburan Teman Traveler. Di sekitaran rimba kaki Gunung Rinjani ini, kalian bakal menemukan banyak wisata Sembalun yang indah.

Beberapa yang sempat saya kunjungi adalah Air Terjun Mangku Sakti, Kuda
Sembrani, dan Mangku Kodek. Meski berada dalam satu lokasi, masing-masing tawarkan keunikan tersendiri. Yuk, simak cerita saya selama berada di sana.

Air Terjun Mangku Sakti

img_15814_3hQ.jpg
Aliran air cantik di Air Terjun Mangku sakti (c) Rosita/Travelingyuk

Mangku Sakti, merupakan salah satu air terjun cantik di kawasan Sembalun. Lokasinya ada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Butuh waktu perjalanan sekitar tiga jam dari Mataram untuk sampai sini. Namun Tetman Traveler tak perlu khawatir bakal bosan, sepanjang jalan kalian bakal disuguhi keindahan kawasan kaki Gunung Rinjani.

Air terjun dengan jalur setapak lumayan ekstrem ini memang tidak mudah dicapai. Namun perjuangan Teman Traveler melintasi medan terjal akan terbayar lunas begitu sudah menyaksikan langsung keindahan Mangku Sakti. Aliran airnya menjulang setinggi 40 meter dan memancarkan corak tosca. Fenomena unik ini terjadi karena airnya bercampur dengan belerang dari Danau Segara Anak.

Kuda Sembrani

img_15774_71v.jpg
Air Terjun Kuda Sembrani (c) Rosita/Travelingyuk

Menyisir rimba di sekitar Mangku sakti, Teman Traveler akan temukan jalan setapak menuju Air Terjun Kuda Sembrani. Tapi ingat, butuh stamina yang cukup prima untuk menjelajah alam di sekitar sini. Sebaiknya kalian siapkan kondisi tubuh jika tak ingin kelelahan di perjalanan.

Lantaran masih jarang dikunjungi wisatawan, rimba di sekitar sini tampak begitu alami. Jika merasa ragu, Teman Traveler bisa terima tawaran jasa guide di lokasi parkir kendaraan. Mereka akan dengan senang hati mengantarkan kalian mengunjungi tiap air terjun cantik di kaki Rinjani.

Mangku Kodek

img_1639_nNI.jpg
Mangku Kodek (c) Rosita/Travelingyuk

Berikutnya ada Air Terjun Mangku Kodek. Menakjubkan, itulah hal pertama yang melintas dalam pikiran begitu sampai di lokasi. Destinasi ini memang cukup tersembunyi. Teman Traveler harus menyusuri aliran sungai sebelum sampai tujuan.

Berada di antara dinding-dinding bebatuan, Air Terjun Mangku Kodek nampak begitu unik. Tingginya memang tak lebih dari tiga meter, sesuai namanya ‘Kodeq’, yang dalam Bahasa Sasak Lombok berarti ‘kecil’. Namun jangan salah, air terjun satu ini punya pusaran kuat lho.

img_1633_OZM.jpg
Dinding bebatuan Mangku Kodek (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan wisata Sembalun dengan tiga air terjun cantiknya. Benar-benar wajib dikunjungi jika Teman Traveler sedang keliling wisata Lombok. Bagaimana, sudah pesan tiketnya?

Tags
Air Terjun kontributor Lombok Sembalun Travelingyuk wisata lombok
Share