Tak Hanya Pantai, Primadona Banten Sawarna Punya Sejumlah Destinasi Cantik Ini

Advertisement

Tak salah rasanya jika Desa Sawarna disebut sebagai primadona-nya Banten. Kawasan yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak ini punya pantai Tanjung Layar yang keindahannya sudah memukau turis domestik maupun mancanegara. Namun di luar itu, destinasi wisata Sawarna ternyata masih punya sejumlah destinasi menarik lain yang tak kalah memesona.

Bahkan Desa Sawarna bisa dibilang sempat lokasi yang menawarkan wisata komplet di Banten. Tak cuma sekedar keindahan alam, pengunjung di sini juga bakal dimanjakan dengan jamuan kuliner unik nan lezat. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar sejumlah tempat wisata menarik di Desa Sawarna, Banten.

1. Kampung Cikoneng

Pengunjung asyik menjelajah sawah di Cikoneng
Pengunjung asyik menjelajah sawah di Cikoneng via Instagram tikanankiri

Kampung Cikoneng merupakan pusat dari semua kegiatan wisata di Desa Sawarna. Lokasinya terbilang unik karena berbatasan dengan aliran sungai. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung tradisional.

Lokasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan sembari menikmati pemandangan alam sekitar. Ingin bermalam? Tak perlu khawatir karena di sini ada sejumlah penginapan yang bisa dipilih, mulai dari model rumah sederhana hingga motel dengan pendingin ruangan.

Pemandangan senja di Cikoneng
Pemandangan senja di Cikoneng via Instagram kussukafoto

Pengunjung juga bakal dimanjakan dengan fasilitas teh plus kopi gratis 24 jam. Pemilik penginapan di Kampung Cikoneng biasanya takkan segan membantu, jika ada tamu yang meminta servis ekstra seperti bakaran jagung maupun barbecue.

2. Gua Lalay

Pengunjung berfoto di depan Gua Lalay
Pengunjung berfoto di depan Gua Lalay via Instagram besokseninco

Penasaran seperti apa rasanya masuk markas Batman yang dipenuhi ratusan kelelawar? Sensasi itu bisa didapatkan di Gua Lalay, terletak di Kampung Cipanas, masih merupakan bagian dari wilayah Desa Sawarna.

Memasuki bagian dalam Gua Lalay adalah pekerjaan yang membutuhkan nyali, karena harus melalui tangga bambu dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa kaki akan salah memijak, terpeleset, dan kemudian terjatuh.

Keadaan di dalam Gua Lalay
Keadaan di dalam Gua Lalay via Instagram mytrip_magazine

Namun begitu sampai di dalam, pemandangan yang didapat sungguh luar biasa. Gugusan stalaktit dan stalakmit indah bisa dilihat sejauh mata memandang. Selain itu, juga ada banyak kelelawar bersembunyi di sini. Mereka biasanya bakal semakin aktif menjelang malam hari.

3. Pulau Burung

Pemandangan di sekitar Pulomanuk
Pemandangan di sekitar Pulomanuk via Instagram evy_susanto

Pulau Burung adalah cagar alam Banten selain Ujung Kulon, yang letaknya masih cukup terjangkau dari Desa Sawarna. Sesuai dengan namanya, pulau ini menjadi tempat tujuan utama bagi beragam spesies burung untuk berkembangbiak, usai bermigrasi dari wilayah utara dan selatan.

Beberapa sumber mengatakan Pulau Burung bakal sangat ramai antara Maret hingga Juli. Total bakal ada sekitar 10 ribu ekor burung dari 108 spesies berbeda berkumpul di kawasan yang dulunya terpisah dari Pulau Jawa ini.

4. Gua Langir

Pengunjung berfoto di Gua Langir
Pengunjung berfoto di Gua Langir via Instagram fardielah_ftw

Gua Langir sebenarnya terletak di kawasan pantai dengan nama sama. Pesona bebatuan di gua ini tak kalah cantik dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak di hadapannya.

Letaknya hanya sekitar satu kilometer dari Desa Sawarna, namun jangan lupa membawa peralatan seperti senter, sepatu bot, atau mungkin pelindung kepala. Pasalnya, Gua Langir punya langit-langit cukup pendek dan bisa mengakibatkan cedera jika tak berhati-hati ketika berjalan.

Stalaktik di Gua Langir
Stalaktik di Gua Langir via Instagram haryadingdong

Begitu berada di dalam, pengunjung akan disajikan pemandangan unik berupa deretan stalakmit menyerupai gugusan Candi Borobudur di Magelang. Hal ini membuat sejumlah warga sekitar dan pengunjung menjuluki Langir sebagai Gua Seribu Candi.

Itulah tadi sejumlah destinasi wisata cantik Desa Sawarna selain pantai. Jika kebetulan sedang berada di daerah Banten dan bosan dengan suasana berbau laut atau pantai, tak ada salahnya mengunjungi salah satu dari empat lokasi di atas.

Advertisement
Tags
Banten Wisata
Share