Kue Tradisional Khas Indonesia Berbahan Dasar Singkong

Advertisement
Advertisement

Singkong atau yang disebut sebagai ketela pohon adalah makanan yang sangat merakyat. Dahulu banyak digunakan sebagai makanan pokok pengganti beras. Tak hanya digunakan sebagai makanan pokok, singkong juga diolah menjadi berbagai kue khas Nusantara yang memiliki rasa enak. Banyak pilihan kue tradisional khas Indonesia berbahan singkong yang bertebaran di Tanah Air. Inilah beberapa contoh yang mungkin kamu juga menyukainya.

1. Getuk, Jawa Timur dan Jawa Tengah

Getuk yang menggugah selera, Via Instagram bengoemi
Getuk yang menggugah selera, Via Instagram bengoemi

Getuk masih dibagi menjadi dua macam, ada getuk biasa dan juga getuk lindri. Ini merupakan kue tradisional yang sangat mudah ditemukan di Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Cara pengolahannya juga sangat gampang. Singkong dikuliti lalu direbus sampai empuk, kemudian ditumbuk, ditambah gula dan pewarna kemudian ditaburi dengan parutan kelapa. Kudapan satu ini sangat mengenyangkan.

2. Lemet, Gunung Kidul

Lemet, Via Instagram koleksiresepsj
Lemet, Via Instagram koleksiresepsj

Gunungkidul juga memiliki olahan singkong yang bernama lemet. Ini merupakan kuliner berbahan dasar singkong yang ditambah dengan parutan kelapa dan juga gula aren. Perpaduan itu semua kemudian dibungkus dengan daun pisang dan selanjutnya dikukus. Sementara itu untuk rasanya dominan manis. Enak dikonsumsi dengan teh ataupun juga kopi yang masih hangat.

3. Combro, Jawa Barat

Combro, Via Instagram doctfoodie
Combro, Via Instagram doctfoodie

Combro adalah gorengan yang berasal dari Sunda atau Jawa Barat. Nama combro ini sendiri merupakan singkatan dari “oncom di jero bro” atau yang artinya oncom di dalam bro. Bahan utamanya adalah ketela pohon yang diparut kemudian dibentuk bula dengan isian sambal oncom. Dan bulatan inilah kemudian digoreng sampai matang. Kue tradisional yang sangat nikmat.

4. Kue Mata Roda, Jogja

Kue Mata Roda, Via Instagram rinihasrita
Kue Mata Roda, Via Instagram rinihasrita

Ada yang menyebutnya sebagai Kue Mata Roda atau pula yang menjulukinya sebagai Kue Mata Sapi. Terlepas dari penamaan yang berbeda, kue satu ini juga terbuat dari bahan dasar singkong. Ini merupakan kue tradisional Indonesia yang berasal dari Jogja. Di bagian tengahnya biasanya diberi pisang dan disajikan bersamaan dengan taburan kelapa parut. Perpaduan rasa manis dan gurih yang sangat enak.

5. Jongkong Singkong, Semarang

Jongkong atau utri telo, Via Instagram tarivc
Jongkong atau utri telo, Via Instagram tarivc

Di Semarang juga ada kue khas yang berbahan dasar singkong, namanya Jongkong. Singkong diparut kemudian ditambah dengan parutan daun kelapa, garam, dan juga air daun pandan. Bentuk adonan di daun pisang lalu berikan sisiran gula merah di dalamnya. Bungkus lalu kukus sampai matang. Bisa disajikan dengan parutan kelapa.

6. Gatot, Gunungkidul

Gatot singkong, Via Instagram rionecr
Gatot singkong, Via Instagram rionecr

Kue tradisional lainnya yang berbahan dasar singkong adalah gatot yang berasal dari Gunungkidul. Rasanya manis, lezat dan juga gurih. Ternyata, gatot ini merupakan singkatan dari “gagal total” lantaran saat pembuatannya mengalami kesulitan panen atau gagal panen di Gunungkidul. Dan Gatot inilah yang digunakan sebagai penggantinya.

7. Sawut, Jogja

Sawut Singkong, Via Instagram dhora_kusumadewi
Sawut Singkong, Via Instagram dhora_kusumadewi

Kuliner lainnya dari Jogja yang juga berbahan dasar singkong adalah Sawut. Kue ini banyak ditemui di pasar tradisional di Jogja. Terbuat dari pasahan singkong yang dikukus dengan gula jawa. Bisa juga gula jawa nya ini jadi topping. Sawut sendiri berasal dari bahasa Jawa, semrawut yang memiliki artian berantakan karena pembuatannya dipasah secara kasar.

Itulah beberapa kue tradisional khas Nusantara yang berbahan dasar singkong. Mungkin ada lainnya yang tidak terdaftar di atas. Yuk tambahin.

Advertisement
Tags
kue tradisional kue tradisional dari singkong kue tradisional khas Indonesia
Share