Nggak Cuma Pantai, Inilah 5 Destinasi Wisata Pulau Morotai

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak wisata bahari yang menawan hati, termasuk Morotai. Kabupaten Pulau Morotai yang termasuk dalam Provinsi Maluku Utara ini memang dikenal memiliki banyak pantai indah. Namun tidak hanya sebatas itu, Teman Traveler juga bisa mendatangi 5 destinasi wisata Pulau Morotai selain pantai. Berikut ulasannya.

Air Kaca

Wisata Air Kaca via Instagram @rianviolet

Air kaca merupakan sungai bawah tanah yang airnya muncul ke permukaan. Dimanfaatkan sebagai sumber air minum semenjak masa Perang Dunia II. Dinamakan air kaca karena dahulu memiliki air yang jernih. Akibat berbagai macam faktor, air kaca sudah tidak sejernih dahulu. Wisata Pulau Morotai satu ini dipercaya membawa berkah oleh warga sekitar. Konon pasangan yang tidak kunjung mempunyai anak bisa meminum air kaca agar diberi keturunan.

Gua Popogu

Gua Popogu via Instagram @fandinoval

Jarak gua Popogu dari Daruba, ibu kota Kabupaten Pulau Morotai, memang cukup jauh sekitar 40 kilometer. Wisata Pulau Morotai ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun menyewa mobil. Teman Traveler pecinta wisata yang memicu adrenalin bisa menjajal memasuki gua yang cukup gelap di dalamnya ini. Memiliki air jernih yang mengalir di dalam gua dan juga terdapat stalaktit stalakmit, akan membuat takjub siapa pun yang datang.

Air Terjun Bunga Kokota

Air Terjun di Morotai Instagram @irin_mandea

Teman Traveler yang ingin merasakan kesejukan air gunung bisa mengunjungi air terjun yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Daruba ini.

Destinasi Wisata Pulau Morotai
Destinasi Wisata Pulau Morotai (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Tidak hanya air terjun Bunga Kokota, Teman Traveler juga bisa menjelajah di sekitar lokasi ini dan bisa menemukan setidaknya empat titik air terjun mulai dari ketinggian 4 meter sampai 25 meter.

Army Dock & Navy Base

Di Kawasan Ini Dahulu Terdapat Markas Perang via Instagram @fikrihandokoputra

Lokasi ini dulunya merupakan markas Angkatan Darat dan Angkatan Laut sekutu saat Perang Pasifik di Pulau Morotai. Ada jembatan terapung yang terhubung dengan Pulau Zum-Zum digunakan untuk mengantar logistik para tentara perang. Jika mengunjungi tempat ini, Teman Traveler bisa menyaksikan puing-puing bekas perang. Terletak di dekat air laut yang jernih dan tenang. Pastikan Teman Traveler tetap menjaga lingkungan saat berkunjung wisata di Pulau Morotai yang satu ini.

Museum Perang Dunia II

Museum Perang Dunia 2 via Instagram @yanuardisatrio

Di Kota Daruba terdapat dua wisata sejarah yang bisa dikunjungi, yaitu Museum Perang Dunia II yang menyimpan peninggalan masa Perang Dunia II dan Museum Trikora untuk mengenang pasukan Trikora dalam operasi pembebasan Irian Jaya (Papua). Teman Traveler yang ingin mendalami sejarah setempat, wisata di Pulau Morotai yang satu ini jangan dilewatkan.

Nah, jadi percaya kan bahwa tak hanya pantai, masih banyak wisata di Pulau Morotai yang menarik untuk dieksplor. Bagaimana, mana nih yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia Maluku Utara Pulau Morotai Wisata
Share