10 Wisata Murah di Bogor, Liburan Tanpa Khawatir Kantong Bolong

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Aneka ragam wisata yang ada di sana menjadi alasannya. Teman Traveler tak perlu khawatir dengan harganya, karena banyak wisata yang menyediakan harga ramah kantong. Berikut adalah wisata murah di Bogor yang bisa kalian kunjungi. Jangan lupa dicatat, ya. 

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta 

wisata murah di bogor
Tangga Pura Jagatkartta via instagram/evaamaliaokta

Tempat wisata pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Meskipun berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu, area ini juga dibuka untuk semua agama. Siapapun boleh datang dan juga berdoa.

Apabila berkunjung ke sini, kalian pasti serasa ada di Bali. Hal ini disebabkan arsitektur pura yang Bali banget dan disertai juga dengan suasananya. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan kesejukan dari udara, lantaran pura ini terletak di lereng Gunung Salak. 

wisata murah di bogor
Bagian depan Pura Jagatkartta via instagram/nyomaniweg

Kalau kalian tertarik, bisa datang ke Kampung Warung Loak, Desa Taman Sari, Kelurahan Ciapus, Bogor. Untuk masuk ke sana, para pengunjung tidak ditarik biaya sama sekali. Lalu, jangan lupa juga, ada aturan yang berlaku ketika ingin masuk ke area pura terbesar di Jawa ini. Yaitu harus melepas alas kaki dan memakai selendang kuning yang sudah disediakan pihak pura. 

Danau Quarry Jayamix 

wisata murah di bogor
Danau Quarry jayamix via instagram/hans_que

Kota hujan satu ini juga punya danau dengan pemandangan menakjubkan. Namanya adalah Danau Quarry Jayamix. Teman Traveler akan melihat tebing-tebing curam di sekitar danau. Ternyata, hal tersebut disebabkan danau ini dulunya adalah bekas galian tambang, hingga akhirnya berubah menjadi danau dan dijadikan tempat wisata. 

wisatta murah di bogor
View danau dari ketinggian via instagram/indahknissa

Tak perlu ragu untuk ke sini, karena view-nya sangat indah. Banyak pecinta fotografi yang sudah membuktikannya sendiri. Untuk sampai ke danau ini, kalian langsung saja ke Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg, Bogor. Kemudian harga tiket masuknya sekitar Rp5 ribu. 

Museum Nasional Sejarah Indonesia

wisata murah di bogor
Museum Nasional Sejarah Indonesia via instagram/kyaweimon

Bagi kalian yang suka jelajah museum, di Bogor punya tempat menarik. Namanya adalah Museum Etnobotani yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Namun, karena terdapat penambahan banyak koleksi, maka namanya diubah menjadi Museum Nasional Sejarah Indonesia. Ada banyak ilmu yang bisa kalian temukan di wisata murah Bogor satu ini. 

wisata murah di bogor
Sudut di museum via instagram/naila_aunika

Di lantai pertama, Teman Traveler akan mendapat info tentang rempah-rempah, batik dan juga teknologi pangan. Kemudian di lantai bawah, ada berbagai macam diorama, seperti peralatan dapur tradisional, alat pertanian dan masih banyak lainnya. Nah, untuk mendapatkan ini semua kalian hanya cukup membayar Rp5 ribu dan alamatnya berada di Jalan Ir. H. Juanda No.22 Bogor.

Curug Lembah Pelangi 

wisata murah di bogor
Curug Lembah Pelangi via instagram/sitirahmaa2807

Wisata murah di Bogor lainnya adalah Curug Lembah Pelangi yang berlokasi di Desa Cimanggu, Kampung Jatake, Kecamatan Cibungbulang, Bogor. Air terjun ini memiliki tinggi 60 meter dan terkadang akan muncul pelangi apabila cuaca sedang cerah. Dari sudut yang pas, pemandangan pelangi di air terjun ini akan terlihat menakjubkan.

wisata murah di bogor
Sisi lain curug via instagram/jamaludin467

Selain menawarkan pemandangan indah, curug satu ini juga punya dinding-dinding batu yang kerap digunakan komunitas pecinta alam untuk beraktivitas. Seperti rappeling, canyoning dan masih banyak lagi. Menyenangkan bukan? Yuk ke wisata ini yang harga tiketnya hanya Rp5 ribu. 

Paralayang Puncak Bukit Gantole  

wisata murah di bogor
Kebun teh paralayang via instagram/yustiaast03

Teman Traveler juga bisa berkelana ke Paralayang Puncak Bukit Gantole. Kalian tak perlu naik paralayangnya, karena wisata ini juga menawarkan pemandangan indah di sekitarnya. Seperti kebun teh dan gunung yang berlokasi tidak jauh dari sana. Di sana juga ada spot-spot selfie yang disediakan untuk para pengunjung. 

wisata murah di bogor
Gardu pandang via instagram/dewisukmaaa

Bertempat di Jalan Raya Puncak Km 87, Gunung Mas, wisata ini menawarkan harga tiket sebesar Rp13 ribu. Apabila kalian ingin mencoba paralayangnya, bisa membayar mulai harga Rp350 ribu. 

Kebun Raya Bogor  

Istana Bogor via instagram/yohanneschristiando

Kalau kalian berkunjung ke kota hujan, tak sah rasanya apabila tidak berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Ikon dari Bogor satu ini memiliki banyak spot menarik yang bisa Teman Traveler jelajahi. Ada Istana Bogor, Bunga Bangkai, Museum Zoologi, beragam flora serta fauna dan masih banyak lagi.  

wisata murah di bogor
Kebun Raya Bogor via instagram/nurtifany

Apabila kalian penasaran dengan wisata satu ini, datanglah ke Jl.Ir. H. Djuanda No.13, Paledang, Bogor. Untuk masuk ke dalamnya, Teman Traveler cukup mengeluarkan uang sebesar Rp15 ribu. Cukup murah untuk wisata yang menawarkan aneka ragam atraksi. 

Curug Cilember  

wisata murah di bogor
Curug Cilember via instagram/jobpalar

Destinasi wisata air terjun yang menawarkan harga terjangkau yakni Curug Cilember. Dengan harga Rp15 ribu, kalian sudah bisa menikmati  banyak hal. Seperti melihat tujuh air terjun dengan jarak yang tidak terlalu jauh, camping, trekking dan juga hiking

wisata murah di bogor
Bagian bawah curug via instagram/m.agung.hrdynsyh

Satu lagi yang menjadi daya tarik Curug Cilember adalah Taman Konservasi Kupu-kupu berbentuk rumah kaca. Di dalamnya terdapat puluhan jenis kupu-kupu dengan sayap berwarna warni. Uniknya, kupu-kupu masih hidup, sehingga menarik untuk dilihat. Curug Cilember ini beralamat di Jl. Raya Puncak Km 15, Desa Megamendung, Kecamatan Cisarua, Bogor. 

Kebun Raya Cibodas 

Kebun Raya Cibodas via instagram/chitraachiet

Ada lagi wisata yang tak kalah seru dan harganya murah. Adalah Kebun Raya Cibodas yang ada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas. Untuk masuk ke destinasi ini, kalian perlu membayar tiket masuk sekitar Rp17 ribu. Dengan nominal tersebut, Teman Traveler  bisa menikmati taman yang sangat indah dan sangat luas. Beberapa tempat yang banyak menarik minat di antaranya adalah rumah kaca atau green house, Jalan Araucaria, Kebun bunga sakura dan Air Terjun Cibodas. 

Pemandangan hijau Cibodas via instagram/evafatmawati541

Taman Rusa Giri Jaya 

Taman Rusa Giri Jaya via instagram/tamanrusagirijaya

Kalau ingin berinteraksi langsung dengan hewan, Teman Traveler bisa ke Taman Rusa Giri Jaya. Tempat ini merupakan penangkaran rusa yang dikelola oleh Perhutani sebagai kawasan wisata yang menarik dan juga mendidik. Taman penangkaran rusa ini menyediakan berbagai jenis rusa mulai dari rusa totol, rusa timor dan rusa bawean. Kebanyakan rusa diambil langsung dari Pulau Jawa – Bali. 

Penangkaran rusa via instagram/gungraah

Selain dapat menyaksikan tingkah lucu rusa, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah pemandangan asri di sekitar padang rumput yang luas. Pemandangan yang hijau layaknya kawasan hutan seakan menjadi satu kenyamanan ketika berada di sana. Penasaran bagaimana serunya? Silakan mampir ke Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor dengan tiket masuk sebesar Rp20 ribu. 

Agrowisata Gunung Mas 

Kebun teh Agrowisata Gunung Mas via instagram/hildaarwiyanti

Selain Paralayang Puncak Bukit Gantole, Agrowisata Gunung Mas juga menyediakan panorama kebun teh. Hamparan daun hijau yang luas, dijamin membuat kalian semakin merasa tenang di sana. Selain itu, kalian juga akan menemukan para pemetik daun teh apabila beruntung. 

Agrowisata Gunung Mas via instagram/ish_pr

Beralamat di Jalan Raya Puncak No.KM. 87, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, agrowisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Adalah kolam terapi ikan, ATV, villa, kafe dan berkuda. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kalian harus merogoh kocek sebesar Rp20 ribu. 

Itulah deretan wisata murah di Bogor yang bisa Teman Traveler kunjungi. Selain harganya ramah kantong, tempat liburan di atas juga memberikan atraksi yang cukup menarik. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? 

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Wisata wisata murah di bogor
Share