Pesona Wisata di Lereng Gunung Salak, Miliki Pura Kedua Terbesar di Indonesia Setelah Bali

Pesona wisata di Lereng Gunung Salak, harus Teman Traveler sambangi! Bogor yang kaya dengan curug, memang memiliki banyak pilihan tempat wisata untuk menyenangkan para tamunya. Tidak berhenti pada kesegaran air dan udara di Curug Cikuluwung serta Balong Endah, lereng Gunung Salak ikut menyuguhkan candu. Seperti apa memabukkannya? Ini dia informasinya untuk Teman Traveler!

1. Suaka Elang Loji

Kawasan Wisata di Suaka Elang Loji via Instagram
Kawasan Wisata di Suaka Elang Loji via Instagram/ fadhilsetwn

Suaka Elang Loji, berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya Desa Loji, Kecamatan Cigombong, Bogor. Jarak dari Kota Bogor hanya sekitar 50 menit. Kawasan ini merupakan area konservasi raptor yang terancam punah seperti Elang Jawa. Di sini, dilakukan proses penyelamatan, pengembangbiakan Elang hingga melepasnya kembali ke alam bebas. Udara di sini sungguh menyejukkan. Teman Traveler yang berkunjung ke salah satu wisata di lereng Gunung Salak ini, bisa sekaligus berkemah. Ajak beberapa teman ya!

2. Curug Cigamea

Curug Cigamea di Lereng Gunung Salak via Instagram
Curug Cigamea di Lereng Gunung Salak via Instagram/ crka27

Curug Cigamea memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Di sekitar curug, pepohonan masih sangat rimbun dan sejuk. Terbayang, kan, kesegaran udaranya? Sementara itu di bagian bawah air terjun juga terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Menyenangkan sekali! Curug Cigamea berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Jarak dari pusat Kota Bogor sekitar 43 Km. Teman Traveler bisa melalui rute ke arah Cemplang – Cibungbulang – Pamijahan – Salak Endah. Perjalanan ini akan lebih seru saat melaluinya bersama teman-teman.

3. Kampung Budaya Sindang Barang

Berkunjung ke Kampung Sindang Barang via Instagram
Berkunjung ke Kampung Sindang Barang via Instagram/ mita_meliana

Kawasan wisata di lereng Gunung Salak satu ini, akan memuaskan Teman Traveler yang ingin merasakan suasana di sebuah perkampungan Sunda. Terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, lokasinya hanya berjarak sekitar 5 Km dari pusat Kota Bogor. Di Kampung Budaya Sindang Barang, ada 8 macam kesenian Sunda yang bisa Teman Traveler saksikan. Di sin terdapat pula situs purbakala berupa bukit berundak. Lebih seru lagi karena, para pengunjung bisa menginap di rumah-rumah tradisional di sini!

4. Buper Gunung Bunder

Serunya Kemping di Gunung Bunder via Instagram/ bike_colony_bogor
Serunya Kemping di Gunung Bunder via Instagram/ bike_colony_bogor

Selain di Suaka Elang Loji, kawasan wisata lain di lereng Gunung Salak yang dapat dipakai untuk berkemah adalah Gunung Bunder. Buper Gunung Bunder berada di Cibatok, Bogor. Pemandangan alam di sekitar sini, luar biasa lengkap. Terdapat Kawah Ratu atau puncak lainnya di Gunung Salak, Curug Ngumpet yang jaraknya hanya sekitar 300 meter dari buper.

5. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Berkunjung ke Pura Terbesar Kedua di Indonesia via Instagram
Berkunjung ke Pura Terbesar Kedua di Indonesia via Instagram/ krisyuko

Pernah menyangka bahwa pura kedua terbesar di Indonesia ada di lereng Gunung Salak? Yap! Namanya adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Setelah Pura Besakih di Bali, pura ini adalah terbesar nomor dua. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta berada di Ciapus, Kecamatan Tamansari, Bogor. Konon, pada lokasi yang sama pernah berdiri Kerajaan Pakuan Pajajaran Sunda. Pura yang sampai saat ini masih dipakai beribadah oleh umat Hindu ini dibuka untuk umum pada pukul 11:00 sampai 15:00 WIB. Gunakan pakaian rapi dan sopan ya. Jangan bercelana pendek!

Kawasan wisata di lereng Gunung Salak, tidak hanya berkenaan dengan alam. Teman Traveler bisa bersenang-senang dengan banyak pilihan. Yuk! Agendakan bersama teman-teman! Akhir minggu ini kita dingin-dinginan di Kota Hujan!

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Wisata wisata di lereng gunung salak
Share