Masjid di Indonesia yang Jadi Tempat Wisata

Selain alun-alun, Masjid Agung di setiap kota selalu menarik dengan pesonanya masing-masing. Megah dan suasananya yang adem dari tempat ibadah yang satu ini selalu mengundang untuk dikunjungi sesering mungkin. Beberapa masjid di Indonesia, cantik dan megahnya bahkan menyerupai yang ada di tanah suci, Mekkah, ataupun Madinah. Lalu, di mana saja sih ada masjid memesona yang bisa kamu kunjungi.

Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh
Masjid Raya Baiturrahman, Aceh (image source)

Pasti masih ingat dong dengan bencana tsunami hebat yang menghempas Indonesia sebelah Barat ini? Tsunami meratakan Aceh. Namun, Masjid Raya Baiturrahman masih dengan megahnya berdiri, sedang sekelilingnya sudah porak-poranda karena bencana alam tersebut. Masjid ini menjadi saksi dan juga bukti kebesaran Allah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Aceh, tak akan lupa berkunjung ke sana. Masjid ini mendapat beberapa sentuhan baru, yaitu payung elektrik, dan juga halamannya yang kini berlantai marmer. Wajah barunya kembali menarik minat warga setempat untuk berkunjung.

Berkunjung ke Masjid Baiturrahman, Aceh
Berkunjung ke Masjid Baiturrahman, Aceh (image source)

Masjid Agung, Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (image source)

Masjid Agung Jawa Tengah tersebut diresmikan pada tahun 2006 lalu. Arsitektur masjid yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Semarang, disebut-sebut mirip dengan Masjidil Haram yang ada di Madinah, karena memiliki payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup. Masjid yang mampu menampung sebanyak 16 ribu jamaah ini juga dijadikan salah satu tempat wisata Semarang. Di area masjid juga terdapat museum tentang perkembangan islam. Tepatnya di menaranya, yang diberi nama Tower Asmaul Husna. Dari lantai 18, Semarang akan terlihat cantik-cantiknya. Keren banget, ya.

Jalan-jalan ke Masjid Agung Jawa Tengah
Jalan-jalan ke Masjid Agung Jawa Tengah (image source)

 

Masjid Tiban, Malang

Masjid Tiban, Malang
Masjid Tiban, Malang (image source)

Pernah mendengar istilah masjid tiban? Disebut Tiban karena konon masjidnya tiba-tiba ada. Bangunan didominasi gaya arsitektur ala Timur Tengah dan nuansa emas ini merupakan objek wisata Malang, tempatnya ada di Turen. Sebagian warga percaya bahwa pembangunannya dibantu oleh jin. Konon ceritanya, hanya butuh waktu semalam untuk mendirikannya. Banyak yang akhirnya penasaran dan menyaksikan sendiri kemegahan Masjid Tiban. Daripada masjid, sebenarnya lebih mirip dengan istana. Di dalamnya dilengkapi taman-taman untuk para putri yang cantik.Karena juga difungsikan sebagai tempat wisata, di dalamnya juga disediakan pertokoan dan kantin.

Berpose di depan Masjid Tiban, Malang
Berpose di depan Masjid Tiban, Malang (image source)

 

Masjid Kubah Emas, Depok

Masjid Kubah Emas, Depok
Masjid Kubah Emas, Depok (image source)

Masjid Dian Al Mahri, atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas berlokasi di tepi Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. Mulai ulai dibangun pada tahun 2001, dan selesai lima tahun kemudian. Pada Idul Adha tahun 2006, Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, akhirnya membuka masjid untuk umum. Terdapat satu kubah utama, dan 3 lainnya kecil-kecil. Kesemua kubah dilapisi dengan emas. Tak hanya itu, interior di dalamnya pun sangat mewah dengan oranmen-ornamen ala masjid Timur Tengah. Relief di tempat imam pun terbuat dari emas. Bangunannya mampu menampung 20.000 jamaah. Karenanya, Masjid Dian Al Mahri ini disebut yang termegah dan terbesar di Asia Tenggara.

Berpose di depan Masjid Kubah Emas, Depok
Berpose di depan Masjid Kubah Emas, Depok (image source)

Masjid Terapung, Makassar

Masjid Terapung, Makassar
Masjid Terapung, Makassar (image source)

Makassar adalah kota pertama di Indonesia yang memiliki masjid terapung. Adalah Masjid Amirul Mukminin, yang digagas oleh walikota yang ingin menambahkan ciri khas dari daerahnya. Terletak di sebelah timur Pantai Losari. Keindahan sunset di Pantai Losari bisa dinikmati sembari menunggu Sholat Maghrib. Selain digunakan untuk tempat ibadah, juga sangat cantik dikunjungi sebagai tempat wisata. Meski tak besar, namun masjid terapung pertama di Indonesia ini justru menarik karena kecantikannya yang minimalis dan lokasinya yang sangat strategis.

Santai sore di Masjid Terapung, Makassar
Santai sore di Masjid Terapung, Makassar (image source)

Masjid Terapung, Palu

Masjid Arkam Babu Rahman
Masjid Arkam Babu Rahman (image source)

Selain Makassar, Masjid Terapung juga bisa ditemukan di Palu. Tempat ibadah yang disangga oleh kayu yang menancap sedalam 10 meter itu diberi nama Masjdi Arkam Babu Rahman, gabungan nama kedua orang tua dari pendirinya. Terletak di Teluk Palu. Mungkin tak besar dan bisa menampung beberapa jamaah, namun masjid ini punya desain yang sunggu istimewa. Keramik di seluruh masjid ini didatangkan dari India. Yang membuatnya sangat terkenal, kubah masjid Arkam Babu Rahman ini memancarkan 7 cahaya yang berbeda. Rupanya ada alat khusus dari China yang membuat lampu kubah berwarna-warni secara bergantian. Masjid ini selalu penuh oleh jamaah dan wisatawan yang ingin melihat masjid lebih dekat.

Masjid Terapung, Palu
Masjid Terapung, Palu (image source)

Masjid Terapung, Ternate

Masjid Al Munawar, Ternate
Masjid Al Munawar, Ternate (image source)

Ternate ternyata juga punya Masjid yang berdiri megah di atas peraian. Masjid Al Munawar diresmikan dan dibuka pertama kali pada tahun 2010 lalu, setelah 7 tahun pembangunan. Masjid ini berdiri di atas perairan Pantai Sewiring Gamalama. Sangat megah dan bisa menampung hingga 15.000 jamaah. Ada juga yang mengatakan bahwa Al Munawar lah yang merupakan masjid terapung pertama di Indonesia. Arsitektur masjid ini sangat indah, dan jika dilihat dari jauh, maka benar-benar seperti bangunan yang mengapung. Pemandangan latar Masjid Al Munawar adalah pegunungan Gamalama. Dari tempat ibadah, kecantikan Pulau Tidore juga terlihat sangat jelas.

Masjid Terapung, Ternate
Masjid Terapung, Ternate (image source)

Masjid Raya, Medan

Masjid Raya, Medan
Masjid Raya, Medan (image source)

Masjid Raya ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Medan. Masjid yang gaya arsitekturnya dipengaruhi India, Timur Tengah, dan Spanyol ini sudah ada sejak tahun 1909. Interior tempat ibadah yang satu ini masih terlihat keklasikannya. Ukiran dan warna dinding, juga pilar-pilar di dalam masjid sangat kental dengan nuansa India dan dibangun dengan bahan-bahan impor. Masjid Raya ini juga bisa digunakan sebagai saksi bisu perjanjian sucimu dengan si dia, yaitu akad nikah. Tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, dan juga lokasi wisata, Masjid Raya merupakan jejak kemakmuran Kesultanan Deli, yaitu  Sultan Maimun al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Interior Masjid Raya, Medan
Interior Masjid Raya, Medan (image source)

Masjid Agung, Tuban

Masjid Agung Tuban
Masjid Agung Tuban (image source)

Masjid Agung kota Tuban ini sebelumnya terlihat sangat sederhana. Di tahun 2004 lalu, pemerintah mengeluarkan dana yang kabarnya mencapai 17,5 miliar rupiah untuk merenovasi besar-besaran sehingga tampak secantik dan semegah sekarang. Tempat ibadah satu ini bernama Masjid Sunan Bonang karena letaknya berdekatan dengan makam salah satu dari wali songo tersebut. Bangunan masjid ini sangat cantik dengan warna-warna cerah yang menjadi salah satu daya tariknya. Karena bentuknya yang wah dan warnanya yang cerah ini lah, tempat ibadah ini disebut-sebut seperti masjid dari negeri 1000 dongeng.

Masjid Agung Tuban malam hari
Masjid Agung Tuban malam hari (image source)

Wah, ternyata Indonesia punya banyak kekayaan wisata religi yang tidak kalah dengan negera luar. Sambil ibadah, bisa juga menyegarkan mata dengan keindahan arsitekturnya. Bagaimana, masjid mana saja yang pernah kamu kunjungi?

Tags
Aceh Banda Aceh Depok Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Makassar Malang Maluku Utara masjid Medan Palu semarang Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sumatra Utara Ternate
Share