Asyiknya Jelajah Wisata Lumajang, Sekali Dayung Dua Pulau Terlampaui

Lumajang mungkin lebih dikenal sebagai wilayah penghasil pisang. Namun jangan salah, ada banyak sederet wisata Lumajang yang indah. Selain Puncak B29 ada juga Coban Tumpak Sewu dan Gua Tetes. Asyiknya lagi, dua lokasi terakhir bisa dikunjungi sekali jalan. Ibarat peribahasa, sekali dayung dua pulau terlampaui.

Coban Tumpak Sewu menawarkan keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Air terjun ini memiliki beberapa aliran yang membentuk setengah lingkaran di tepian bukit. Tak jauh dari situ, terdapat destinasi Gua Tetes yang juga tidak kalah menarik. Yuk, simak ulasan dua wisata Lumajang ini.

Rute Menuju Lokasi

Foto bersama di depan pintu masuk (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Untuk menuju Coban Tumpak Sewu dari arah Malang, bisa arahkan kendaraan menuju Lumajang. Teman Traveler harus bergerak ke arah selatan, melewati Turen dan Pronojiwo.

Upayakan untuk tidak melakukan perjalanan saat malam hari karena jalan yang bakal dilalui cukup berliku. Selain itu juga tidak ada penerangan sama
sekali. Jadi demi keamanan, sebaiknya berangkat atau pulang saat hari masih cukup terang.  

Begitu memasuki daerah Pronowijo, sebelum gapura perbatasan Kabupaten Lumajang bakal ada petunjuk arah menuju Coban Sewu. Teman Traveler tinggal mengikuti rambu tersebut hingga akhirnya sampai di pintu masuk menuju wisata Lumajang ini.

Sebenarnya ada tiga pintu masuk berbeda untuk menuju Coban Sewu. Pintu pertama masih masuk wilayah Kabupaten Malang, sementara dua pintu lainnya jadi bagian dari kawasan Kabupaten Lumajang.

“Kalau untuk air terjunnya sendiri itu termasuk daerah Malang dan Lumajang. Cuma mengandalkan tempat panoramanya saja, karena keindahan Coban Sewu bisa dilihat di atas bukit yang sudah masuk daerah Lumajang,” papar seorang petugas ojek yang sering mangkal di loket masuk.

Perjalanan Menuju Coban Tumpak Sewu

Tangga ekstrem di jalur Coban Sewu (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Sebelum masuk Coban Sewu, pengunjung diwajibkan membayar karcis masuk sebesar Rp10.000. Sementara untuk biaya parkir kendaraan roda dua cukup membayar Rp5.000 saja.

Jalur yang harus dilalui untuk menuju coban cukup ekstrem. Pengunjung harus menuruni beberapa tangga besi. Bukan hanya itu, posisinya posisinya vertikal dan lumayan panjang. Siapkan tenaga dan mental sebelum coba berkunjung ke sini.

Tapi jangan khawatir, begitu sampai di dasar Coban Sewu pengunjung bakal disuguhkan pemandangan alam maha indah. Begitu cantik dan luar biasa megah, bahkan wisata Lumajang ini mungkin tak kalah dengan Air Terjun Niagara,

Pemandangan dari atas Coban Tumpak Sewu (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Di antara sekian banyaknya aliran air di kawasan Coban Sewu, hanya satu yang berasal dari sungai perbatasan Malang dan Lumajang. Khusus untuk aliran satu ini kelihatan sedikit kotor, namun tidak sampai mengurangi keindahan air terjun secara keseluruhan.

Indahnya Bagian Dasar Coban Tumpak Sewu

Pemandangan di Coban Tumpak Sewu (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban Sewu kerap dikunjungi wisatawan dalam jumlah besar. Beberapa di antaranya bahkan berstatus sebagai turis asing. Sayangnya, hal ini membuat lokasi wisata menjadi sedikit terlihat kotor. Tapi Teman Traveler tak perlu khawatir, kepadatan pengunjung tak sampai merusak indahnya panorama sekitar.

Jangan sampai melewatkan kesempatan berfoto-foto begitu sampai di bagian dasar air terjun. Ada banyak lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan gambar keren, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Oh ya, air dari tebing sekitar sini sangat jernih, bahkan bisa langsung diminum jika pengunjung berkenan.

Berlanjut Menuju Goa Tetes

Berfoto di bawah Gua Tetes (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Setelah puas menikmati keindahan Coban Tumpak Sewu, Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Goa Tetes. Jarak antara kedua tempat wisata tersebut tidak terlalu jauh. Sementara untuk tiket masuk menuju gua, pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 saja.

Perjalanan menuju Gua Tetes (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Untuk menuju Goa Tetes, pengunjung harus menelusuri sungai. Sepanjang perjalanan akan tersaji pemandangan indah barisan air terjun, tak kalah indah dengan Coban Tumpak Sewu.

Pemandangan dalam perjalanan menuju Gua Tetes (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Goa Tetes sendiri berada di kawasan perbukitan. Pengunjung wajib melewati jalur menanjak dan sesekali menapakkan kaki di aliran air yang turun dari gua. Namun dijamin bakal mengasyikkan karena sepanjang perjalanan akan nampak beberapa pemandangan menakjubkan.

Gua Tetes (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Setelah puas bermain air dan mengagumi keindahan Gua Tetes, ada dua jalur yang bisa dilalui untuk menuju arah pulang. Pengunjung bisa berjalan ke arah Coban Tumpak Sewu dan menaiki sederet tangga besi ekstrem menuju parkiran.

Opsi lainnya adalah dari Gua Tetes terus berjalan menanjak, mengikuti tangga menuju area perkampungan. Dari sini, pengunjung bisa menyewa ojek untuk mengantar ke loket masuk. Tarifnya cukup murah, hanya berkisar di angka Rp15.000.

Jika Teman Traveler sedang berada di kawasan Lumajang, Coban Sewu dan Goa Tetes sayang dilewatkan. Apalagi sekali jalan kalian sudah bisa singgah di dua destinasi sekaligus. Bagaikan sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Jika berencana mengunjunginya, jangan lupa untuk sekalian eksplor wisata Malang, ya.

Tags
Indonesia kontributor Travelingyuk Wisata Lumajang
Share