Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Surabaya, Seru-seruan di Kota Pahlawan

Meski terkenal berhawa panas, Surabaya nyatanya tak pernah kehabisan pesona untuk dijelajahi. Berkali-kali berkunjung, rasanya saya belum sekalipun bosan dengan Kota Pahlawan. Apalagi banyak wisata kuliner dan oleh-oleh Surabaya yang siap memanjakan Teman Traveler.

Nah, bagi Teman Traveler yang baru pertama bertandang ke Kota Pahlawan, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner dan oleh-oleh Surabaya yang patut kalian sambangi. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Mencicipi Maknyusnya Rawon Setan

Baliho rumah makan Rawon Setan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mendengar embel-embel kata ‘setan’ di sebuah sajian mungkin membuat sebagian Teman Traveler berpikir bahwa makanan tersebut bercita rasa pedas. Namun demikian, anggapan tersebut tak berlaku untuk Rawon Setan Surabaya, yang berlokasi di depan Hotel JW Marriot.

Rawon setan dengan nasi putih dipisah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Rawon yang diklaim banyak orang sebagai terenak di Surabaya ini kabarnya sempat hanya buka di malam hari, hingga kemudian memunculkan julukan ‘setan’. Namun kini, kedai Rawon Setan sudah buka sejak siang hari. Kuliner Surabaya bisa jadi salah satu alternatif untuk Teman Traveler yang bingung ingin mencari menu lunch di Surabaya.

Pilihan menu yang tersedia (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Untuk menikmati gurihnya kuah dan lembutnya daging sapi Rawon Setan, Teman Traveler cukup rogoh kocek sekitar Rp30.000. Lumayan terjangkau bukan? Kalian juga bisa pilih cara penyajiannya, dicampur nasi putih atau dipisah.

Oh ya, mereka juga menyediakan menu lain lho. Teman Traveler bisa memesan nasi pecel, nasi bali, nasi campur, atau nasi osek.

Kuliner Malam Sekitar Stasiun Gubeng

Bon pemesanan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebagai tempat keluar masuk penumpang, Stasiun Gubeng memiliki beberapa kuliner menarik di sekitarnya. Jika Teman Traveler sedang jalan-jalan malam di daerah ini, mampirlah untuk makan soto di salah satu warung pojok dekat Pos Polisi. Namanya Depot Sederhana.

Suasana malam di ruas jalan Stasiun Gubeng (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sesuai namanya, warung makan ini memang sederhana, tampak seperti warung makan soto pada umumnya. Namun pengunjungnya lumayan banyak, sehingga bisa disimpulkan kalau rasanya enak dan harganya terjangkau.

Selain soto ayam dan soto daging, nasi rawon juga tersedia di tempat ini. Agar perut makin hangat di tengah dinginnya suasana malam, Teman Traveler bisa pesan wedang jahe.

Bebek Sinjay Jangan Sampai Terlewat

Bebek sinjay dan sambal pencit via instagram.com/salwaasseweth

Kedai utama Bebek Sinjay memang ada di Madura, tapi cabangnya sudah menyebar di berbagai kota. Salah satunya di Surabaya.

Meski cuma nasi bebek, Bebek Sinjay sukses membuat para pecinta kuliner rela antre panjang demi mencicipi kelezatannya. Salah satu ciri khas sajian ini adalah sambal pencitnya yang terasa segar dan pedas.

Bebek sinjay cabang utama di Madura (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sambal pencit sendiri merupakan sambal yang disajikan dengan cabai rawit pedas, bawang merah, dan irisan mangga muda. Hmm, sensasi pedas dan asamnya pasti langsung menggoda. Dicocol dengan bebek goreng kremes yang masih hangat, pasti bikin lidah Teman Traveler

Sajian luar biasa nikmat ini juga ditawarkan dengan harga terjangkau. Paket nasi bebek goreng Sinjay dan teh Sosro hanya dibanderol Rp29.000 saja.

Sambal dan Udang Khas Bu Rudy

Sambal Bu Rudy (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Puas kulineran, saatnya Teman Traveler hunting oleh-oleh khas Surabaya. Salah satu yang wajib masuk daftar adalah sambal Bu Rudy. Berjualan sejak tahun 2000, sang pemilik yang punya nama asli Lany Siswadi adalah orang asli Madiun dan gemar membuat sambal.

Grinting udang balado (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dari hobinya tersebut, depot milik Lany di Jalan Dharmahusada No.140, Surabaya, kini tak pernah sepi pengunjung. Sambal di Depot Bu Rudy sendiri tersedia dalam banyak jenis, mulai sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi, sambal teri, sambal bajak, hingga sambal petis. 

Tak hanya itu, udang keringnya pun sangat khas dan gurih. Teman Traveler bisa dapatkan dalam kemasan toples besar maupun kecil.

Udang toples besar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Agar lebih hemat, Teman Traveler bisa membeli paket bundling sambal dan udang. Namun, untuk paket ini cuma bisa pilih sambal bawang saja, tidak boleh jenis sambal yang lain.

Sementara itu, Paket Udang Besar Bu Rudy ditawarkan dengan harga Rp136.000, terdiri dari udang toples besar, tiga sambal bawang, dua serundeng, dan dua koya. Sementara untuk Paket Udang Kecil bisa ditebus dengan bermodal Rp58.000, terdiri dari udang toples kecil, satu serundeng, dan satu koya. Pilih mana?

Almond Crispy Cheese yang Renyah

Rasa original (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, kalau belum puas dengan Sambal Bu Rudy, Teman Traveler bisa melipir ke Jalan Genteng Besar untuk berburu oleh-oleh lain khas Surabaya. Langsung masuk ke Pasar Genteng, salah satu kawasan paling ramai di Kota Pahlawan.

Tiga varian rasa Almond Crispy (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa belanja Almond Crispy Cheese, cemilan nikmat dengan bentuk mirip leker. Tipis dan bulat, diameternya sekitar tujuh sentimeter. Di atasnya diberi taburang kacang almond dan keju.

Dikemas dalam plastik dan kardus, Almond Crispy Cheese ini tersedia dalam tiga rasa; original, green tea, dan chocolate. Harganya per bungkus sekitar Rp45.000. Murah atau mahal Teman Traveler?

Sentra Kulit dan Tas Tanggulangin

Pilihan tas yang dijual (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menutup perjalanan di Surabaya, Teman Traveler bisa mampir sebentar ke tetangga dekat kota ini, yaitu Sidoarjo. Dengan perjalanan kurang lebih selama 45 menit dari pusat Kota Pahlawan, kalian bisa menyambangi Tanggulangin, sentra pembuatan kerajian dari kulit sapi asli dan sintetis. Di sini tersedia tas, dompet, jaket, ikat pinggang, dan beragam asesoris menarik lainnya.

Jaket kulit harga jutaan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ada banyak toko yang berdiri di sepanjang ruas di kawasan Tanggulangin, antara lain Permata Tanggulangin Collection dan Mitra Jaya Collection. Harga untuk masing-masing produk bervariasi, mulai dari seratus ribu hingga jutaan rupiah, dengan kualitas produk yang tak kalah dengan merek impor.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner dan oleh-oleh Surabaya yang bisa Teman Traveler kunjungi. Siapkan budget tersendiri untuk memborong semuanya. Jangan lupa mampir jika kalian sedang jalan-jalan di sekitaran Surabaya ya.

Tags
Indonesia kontributor kuliner surabaya Surabaya Travelingyuk
Share