Wisata Alam Kalimantan Selatan, Teman Traveler Suka yang Mana?

Pada musim kemarau 2019 terjadi bencana karhutla yang juga melanda Kalimantan Selatan (Kalsel). Tentu potensi alamnya jadi terancam padahal banyak keindahan provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini. Nah, buat Teman Traveler yang ingin berwisata ke Kalsel, baca dulu informasi berikut. Ada banyak pilihan destinasi, termasuk pulau unik di tengah danau, lho.

1. Bukit Meratus

Pegunungan Meratus
Pegunungan Meratus via Instagram @sarwo_eddhy

Pegunungan Meratus yang membentang sepanjang ±600 km² merupakan satu-satunya kawasan hutan yang masih terjaga di Provinsi Kalimantan Selatan. Pegunungan ini membentang dari tenggara ke utara sampai perbatasan Provinsi Kalimantan Timur. Sungai Amandit yang membelah daratan menjadikannya tampak begitu indah.

2. Pantai Angsana

Pantai Angsana
Pantai Angsana via [email protected]b_auto_focus

Ada dua hal yang wajib untuk dilakukan saat mengunjungi pantai ini yaitu snorkeling dan diving. Keindahan bawah laut Pantai Angsana memang tidak jauh berbeda dari Bunaken maupun Raja Ampat.

Tersedia juga fasilitas olahraga air seperti banana boat dan jetski. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai Angsana memiliki sebuah jembatan yang biasanya dipakai untuk berfoto dan menangkap momen matahari tenggelam.  Spot fotonya sangat instagenic. Alamat Pantai Angsana di Jalan Sawit KM.8 Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin.

3. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan
Pantai Pagatan via [email protected]suanang_gumbili

Pantai Pagatan adalah sebuah pantai yang berada di wilayah Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Tempatnya istimewa karena memiliki panorama laut biru, deburan ombak yang relatif kecil, serta deretan pohon kelapa.

Pantai Pagatan letaknya tidak jauh dari Bandara Syamsudin Noor, di dekat jalan trans Kalimantan poros selatan. Pasir putih pantainya memanjang dari barat ke timur.

4. Danau Seran

Danau Seran
Danau Seran via Instagram @fotografibjm

Danau Seran adalah area penambangan intan milik salah satu perusahaan. Memang aktivitas penambangannya sudah tak dilakukan lagi, tapi bisa dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Kota Banjarbaru. Lokasi tepatnya di Perumahan Fitria Residence, tepatnya di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin.

Saat berkunjung ke sini Teman Traveler akan disuguhi pemandangan danau yang luas serta udara sejuk. Air Danau Seran sangat jernih bikin aktivitas berenang di danau dengan kedalaman 30 meter ini makin seru.

Di tengah-tengah Danau Seran terdapat pulau yang ditumbuhi pepohonan rindang. Tempat yang dinamai Pulau Asmara itu bisa teman Traveler datangi. Tersedia wahana permainan seperti bianglala dan rumah pohon untuk hiburan.

Itu dia empat wisata alam Kalimantan Selatan yang harus Teman Traveler kunjungi, teman traveler. Segera siapkan tiketmu!

Tags
Danau Indonesia Kalimantan Selatan Wisata Alam Wisata Indonesia
Share