Tampak Remeh, 3 Wisata Jogja ini Simpan Cerita Istimewa

Nur Ma'rifatulJannah

Nur Ma'rifatulJannah

On Indonesia
Alun Alun Kidul Alun Alun Kidul

Jogjakarta seolah tidak pernah membosankan jadi topik pembicaraan. Apalagi soal wisatanya yang sangat beragam. Tidak hanya destinasi bernuansa hiburan saja, beberapa wisata Jogja juga sangat kental akan nuansa sejarah di setiap sudutnya.

Berkunjung ke Pondok Pesantren Krapyak menggugah jiwa traveling saya untuk berjalan kaki menyusuri jalan di sekitarnya. Berikut beberapa tempat unik yang saya temui sepanjang perjalanan.

Panggung Krapyak

Foto Pribadi @marifahtul_jannah
Panggung Krapyak (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Panggung Krapyak, begitulah yang tertulis di papan namanya. Bangunan menyerupai kubus ini memiliki empat pintu dan dua jendela di tiap sisinya. Semuanya dihiasi jeruji besi, menyerupai penjara.

Pintu masuknya digembok rapat, membuat kita hanya bisa melihat kondisi ruangan dari luar. Sepintas dari luar hanya seperti ruang kosong, namun cukup luas. Konon katanya bangunan ini merupakan benteng untuk Raja-raja Kesultanan Jogjakarta ketika melakukan perburuan di hutan krapyak.

f
Pertunjukan seni di Krapyak (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Sesuai namanya, Panggung Krapyak kini difungsikan sebagai panggung hiburan ketika ada acara besar di daerah Krapyak. Salah satunya Festival Budaya pada peringatan Hari Santri yang diadakan Oktober silam.

Plengkung Nirbaya

Foto Pribadi @marifahtul_jannah
Plengkung Nirbaya (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Plengkung Nirbaya adalah sebuah terowongan di jalan raya sekitar keraton. Termasuk salah satu plengkung (gapura pintu-red) terbesar di Jogja dan bentuknya tergolong utuh, dibandingkan lima plengkung lain.

Foto Pribadi @marifahtul_jannah
Foto di depan Plengkung Nirbaya (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Sekilas Plengkung Nirbaya memang nampak seperti lorong biasa. Tetapi konon menurut sejarah, kawasan ini merupakan gerbang yang dijadikan pintu keluar bagi jenazah Sultan saat hendak dimakamkan di Imogiri.

Selain sarat akan cerita menarik, tempat ini juga keren untuk dijadikan spot foto. Hasilnya tentunya bakalan instagenic nih!

Alun-Alun Kidul

alun-alun kidul foto pribadi
Suasana di sekitar Alun-Alun Kidul (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Alun-alun ini sekilas nampak sangat biasa. Tidak ada pemandangan indah, wahana bermain anak, atau spot foto keren. Hanya ada lapangan luas dengan dua pohon beringin besar di tengahnya.

Namun demikian, tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh muda-mudi yang bermain di area pohon tersebut. Konon jika mampu berjalan di antara dua pohon beringin dengan mata tertutup, tandanya hati kita bersih dan  harapan kita akan segera terwujud. Aktivitas ini disebut masangin, ritual paling terkenal untuk dilakukan di Alun-Alun kidul ini.  

alun-alun kidul
Alun-alun Kidul di malam hari via Wisatatempat

Meskipun terlihat hanya seperti lapangan di siang hari, alun-alun akan sangat ramai di malam hari. Tampak semakin indah dengan kerlap-kerlip warna lampu.

Nah Teman Travelar, itulah beberapa tempat yang mungkin sempat kita lewati ketika berkunjung ke Jogyakarta. Namun siapa sangka, meski sekilas nampak remeh deretan lokasi tersebut ternyata punya cerita sejarah yang istimewa.