Wisata Milik Pemerintah di Jawa Tengah, Mau Kunjungi Mana Dulu?

Seperti halnya provinsi lain, Jawa Tengah juga menawarkan banyak destinasi wisata. Beberapa di antaranya dikelola oleh swasta dan lainnya oleh pemerintah. Destinasi wisata yang dijalankan oleh pemerintah ini datang dari berbagai lini. Intip daftarnya berikut ini, daftar wisata milik pemerintah di Jawa Tengah.

Migas Cepu Edupark, Blora

Migas Cepu Edupark, via Instagram/chassandd_
Migas Cepu Edupark, via Instagram/chassandd_

Migas Cepu Edupark merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Merupakan wahana wisata kepunyaan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas). Pihaknya, memanfaatkan lahan kritis yang dimiliki untuk mengembangkan wisata ini.

Tak hanya edukasi, wisata Blora ini juga menawarkan spot-spot Instagenic. Migas Cepu Edupark juga dilengkapi dengan sarana dan fasilitas yang cukup bagus. Sebut saja gedung wismo kusumo, 3D art peralatan industri migas, sarana olahraga dan lain sebagainya. Alamat tepatnya berada di Nglajo, Lapangan Jl. Golf, Cepu, Blora, Jawa Tengah.

De Tjolomadoe, Karanganyar

De Tjolomadoe, via Instagram/rahmawrdh
De Tjolomadoe, via Instagram/rahmawrdh

Wisata selanjutnya yang merupakan milik pemerintah adalah De Tjolomadoe. Ini merupakan bekas pabrik gula yang dipoles sedemikian rupa menjadi wisata. Awalnya tempat ini merupakan Pabrik Gula Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi destinasi wisata sinergi empat BUMN di Indonesia. Peresmiannya dilakukan pada Maret 2018 yang lalu dengan mengundang penyanyi dunia sekelas David Foster.

Alamat De Tjolomadoe ini berada di Jl. Adisucipto No. 1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar. Jam bukanya mulai dari pukul 10:00 hingga 21:00 WIB. Setiap hari Senin tutup. Harga tiket masuknya Rp25.000 ya, jangan lupa.

Wisata De Loano, Purworejo

Deloano Glamping, via Instagram/pikolll
Deloano Glamping, via Instagram/pikolll

Tempat hits selanjutnya yang merupakan milik pemerintah adalah Glamping de’Loano di Purworejo. Ini merupakan destinasi wisata yang bisa dibilang memiliki konsep nomadic yang Instagenic. Di dalamnya banyak spot-spot foto yang cantik, alamnya juga asri, kamu akan betah berkunjung ke sini. Tempat wisata ini merupakan milik Perhutani.

Alamat Glamping De Loano ini berada di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Purworejo. Wisata ini menempati tanah seluas 1,3 hektar. Untuk bisa berkemah di wisata milik pemerintah di Jawa Tengah satu ini, siapkan kisaran Rp400 ribu sampai dengan Rp600 ribu.

Sanggaluri Park, Purbalingga

Sanggaluri Park, via Instagram/fha_fathul
Sanggaluri Park, via Instagram/fha_fathul

Tempat wisata selanjutnya adalah Sanggar Luru Ilmu atau Sanggaluri. Alamatnya berada di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Ini adalah wisata yang menyuguhkan edukasi untu para pengunjungnya. Di dalamnya tersedia beragam wahan, misalnya saja trampolin, outbond, simulasi manasik haji dan lain sebagainya.

Sanggaluri Park ini merupakan wisata yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Owabong. Guna mendorong perekmbangan Sanggaluri Pak, pihak Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinpaorapar) Purbalingga akan terus memberikan dukungan dengan rutin menggelar berbagai events.

Itulah beberapa wisata milik pemerintah, mungkin kamu pernah berkunjung ke salah satunya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Wisata wisata milik BUMN wisata milik pemerintah di Jawa Tengah
Share