10 Destinasi Wisata di Sekitar Jalur Pantai Selatan untuk Mudik Lebaran

Advertisement

Selain mudik lewat Pantura, kamu juga bisa memilih Jalur Pantai Selatan sebagai alternatif. Pemandangan alam yang ditawarkan lebih indah dengan akses khas pegunungan di beberapa titik. Jika lelah mendera, sempatkan untuk berkunjung ke wisata-wisata di Jalur Pantai Selatan

Pemandangan Waduk Jatiluhur
Pemandangan Waduk Jatiluhur via Instagram/@moh_irvann

Jika berangkat dari Jakarta, kamu akan lewat di Purwakarta dan bisa keluar di Gerbang Tol Jatiluhur. Dari sini jaraknya dekat. Kamu bisa santai sambil menikmati pemandangan waduk. Ada juga tempat wisata lain seperti Panenjoan Hill untuk melihat panorama dari ketinggian. Akses ke sana dari Jalan Tol masih sekitar 1 jam perjalanan. Jika kamu punya banyak waktu bisa sekalian wisata di Purwakarta terlebih dahulu.

2. Kampung Tulip Bandung

Kampung Tulip Bandung
Kampung Tulip Bandung via Instagram/@kuuuyaa

Setelah melanjutkan perjalanan dari Purwakarta, kamu akan tiba di Kota bandung. Kalau soal wisata, tempat ini punya banyak pilihannya. Salah satu yang dekat dengan Jalan tol untuk mudik adalah Kampoeng Tulip. Ada taman dengan berbagai bunga warna-warni. Dan tentu saja spot selfie kekinian. Fasilitas peristirahatan juga banyak tersedia. Kamu bisa puas jalan-jalan dan mengusir rasa lelah dengan penuh kebahagiaan.

3. Ciung Wanara Ciamis

Situs Ciung Wanara
Situs Ciung Wanara via Flickr

Wisata budaya Ciung Wanara dekat dengan jalan yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah via Pantai Selatan. Tepatnya berada di Ciamis dan memiliki area berupa hutan dengan beberapa situs dari zaman kerajaan Hindu Budha. Suasananya sejuk dan pas banget sebagai tempat istirahat setelah lelah berkendara.

4. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran via Instagram/@inshania

Jika ingin berkendara sedikit lebih jauh dari jalur selatan, kamu bisa mampir ke Pantai Pangandaran. Di sini ada pepohonan rindang yang menawarkan kesejukan. Di beberapa sudut juga ada perahu nelayan yang menambah kesan keren dari destinasi wisata Jawa Barat ini. Jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas yang banyak dijual di sini ya!

5. Baturraden

Baturraden
Baturraden via Instagram/@lutfidwi18

Jika kamu melewati Purwokerto sebaiknya bertandang ke Kawasan wisata Baturraden. Suasana alam yang ada di sini begitu memukau. Ada hutan pinus, air terjun dan kolam pemandian. Spot-spot foto dengan taman bunga warna-warni juga bisa memikat hati. Jika ingin bermalam, tersedia beberapa tempat menginap dengan fasilitas yang lumayan memuaskan.

6. Pantai-Pantai di Kebumen

Pantai Menganti
Pantai Menganti via Instagram/@panji.s.negara

Kebumen adalah kabupaten di pesisir selatan Jawa tengah. Pantai pun dekat dengan jalan besar yang menghubungkan dengan kota tetangga. Beberapa di antaranya adalah Pantai Bopong, Pantai Karang Bolong, Pantai Logending, hingga Pantai Menganti. Mampir sejenak untuk menikmati alam akan membuat perjalananmu jadi lebih berkesan.

7. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu
Pantai Pasir Kadilangu via Instagram/@rahmat.wibowo

Dari Kebumen, kamu akan melewati Kabupeten Purworejo. Setelah itu kamu bisa mengambil jalan menuju jalur Selatan Jogja melalui Kulon Progo. Tempat wisata yang bisa kamu kunjungi begitu tiba di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta itu adalah Pantai Pasir Kadilanggu. Di sini kamu bisa jelajah hutan mangrove yang indah. Atau bisa juga memilih Pantai Glagah dengan ombak yang besar dan mendebarkan.

8. Kota Jogjakarta

Kota Jogjakarta
Jalur Pantai Selatan, Kota Jogjakarta via Satu Jam

Lewat Jalur Pantai Selatan rasanya kurang lengkap jika tidak berhenti dulu di pusat Kota Jogja. Di sini kamu bisa menikmati kuliner malam yang lezat dan membeli berbagai macam oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain itu, ada banyak hotel dari yang murah hingga mahal untuk kamu jadikan sebagai tempat istirahat dan memeriksa ulang kendaraanmu.

9. Pantai-pantai di Pacitan

Pantai Klayar Pacitan
Jalur Pantai Selatan, Pantai Klayar Pacitan via piknik asik

Pacitan Sudah Masuk ke wilayah Jawa Timur. Wisata bahari menjadi andalan dari kabupaten ini. Kamu bisa menikmati pantai dengan panorama serba indah. Ombaknya bahkan menggulung dengan cantik dan memanjakan mata. Salah satu yang jadi primadona tentu saja adalah Pantai Klayar di Donorojo.

10. Pantai-pantai di Tulungagung

Kedung Tumpang
Wisata Jalur Pantai Selatan, Kedung Tumpang via YouTube

Dari Pacitan kamu akan melewati beberapa kabupaten lagi seperti Ponorogo dan Trenggalek. Kemudian akan tiba di Tulungagung. Fasilitas berupa penginapan sudah banyak tersedia. Termasuk juga restoran dan destinasi wisata. Pilih pantai-pantai yang eksotis seperti Kedung Tumpang dan Pantai Patuk Gerbang

Tulungagung tentu bukan ujung dari Jalur Pantai Selatan. Masih ada Blitar Malang, Lumajang, Jember dan berakhir di Banyuwangi. Akses via Pantai Selatan memang tidak seramai Pantura. Maka dari itu, kamu harus selalu berhati-hati, apalagi jika melewati jalanan yang sepi dan minim penerangan. Sebaiknya berkendara saat siang hari saja.

Advertisement
Tags
Indonesia Jalur Mudik Lebaran Mudik Pantai Selatan Pantura
Share