4 Wisata Jadul Kalimantan, Mulai Sekolah Sampai Istana

Wisata dengan nuansa tempo dulu memang tidak pernah membosankan. Sebab, kita bisa belajar tentang kehidupan di masa lalu. Nah, ternyata wisata jadul ini juga ada di Kalimantan lho. Mau tahu seperti apa destinasinya? Lihat ulasan dari Traveling Yuk berikut ya.

SD Negeri 14 Pontianak

wisata jadul kalimantan
SD Negeri 14 Pontianak via instagram/
n_salsabillah

Menurut sejarahnya, bangunan kuno ini dulunya adalah Hollandsch Inlandsche School (HIS). Pemerintah Hindia Belanda mendirikan HIS atau setingkat SD sekarang, bertujuan untuk mengadakan pendidikan volkschool. Awalnya, hanya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Baru pada tahun 1928, Pemerintah Hindia Belanda membuka diri dengan memperbolehkan orang pribumi untuk bersekolah di HIS tersebut.

Namun, meskipun sudah berdiri sejak lama, Keaslian bangunan ini tetap dipelihara dan dijaga. Pemkot Pontianak memasukkan bangunan penuh sejarah ini sebagai benda cagar budaya yang harus dilindungi berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. Bahkan di depan SD ini juga dipasang papan yang mengukuhkan bahwa SD Negeri 14 Pontianak ini merupakan benda cagar budaya.

Museum Lambung Mangkurat

wisata jadul kalimantan
Museum Lambung Mangkurat via instagram/ muslamofficial

Semula bernama Museum Borneo, didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1907 di Banjarmasin. Akibat masuknya penjajahan Jepang, Museum Borneo berakhir dan dilanjutkan pencetusannya oleh Gubernur Milono dengan didirikannya Museum Kalimantan pada tanggal 22 Desember 1955. Separuh dari koleksinya merupakan kepunyaan Kiai Amir Hasan Bondan Kejawen sebagai salah satu Bapak Pioneer Museum.

Koleksi Museum Lambung Mangkurat terdiri dari Kitab Injil beraksara Arab-Melayu yang disebarkan Belanda di Kalimantan Selatan dan Mahkota pemain Wayang Gungyang yang disebut Katopong.

Kampung Wisata Kenangan

wisata jadul kalimantan
Kampung Wisata Kenangan via instagram/
karangtaruna_unit12

Kampung Wisata Kenangan berada di daerah RT 12 Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Obyek wisata ini telah diresmikan pada 15 Agustus 2018. Di lokasi Kampung Wisata Kenangan, disediakan beberapa spot foto yang instagramable. Mulai dari spot mobil jamban, taman ular tangga, gembok cinta Balikpapan, dan pondok asmara.

Lokasinya dirancang secara unik penuh warna-warni dengan konsep nuansa zaman dahulu, pengunjung akan merasa puas mendapat gambar kenangan yang indah di kampung ini. Kampung wisata ini juga bisa dikunjungi secara cuma-cuma alias gratis.

Istana Kuning

Istana kuning via instagram/ hopeless_badluck

Mungkin Teman Traveler mengira kalau tempat ini merupakan bangunan yang berwarna kuning. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Alasan mengapa diberi nama kuning adalah itu merupakan warna keramat bagi masyarakat Kotawaringin.

Di dalam istana ini hampir tak ada isinya. Ukuran bangunan-bangunannya yang besar dan luas semakin menambah kesan kosong istana tersebut. Akan tetapi, kalian masih bisa menengok sejumlah lukisan raja-raja terdahulu yang berderet rapi di salah satu pojok ruangan. Terdapat pula kereta kuda yang biasa digunakan keluarga kerajaan zaman dulu untuk berkeliling.

Inilah tempat-tempat tempo dulu yang ada di Kalimantan. Semuanya sangat menarik untuk dikunjungi. Adakah dari Teman Traveler yang pernah bertandang ke salah satunya?

Tags
Balikpapan banjarmasin Indonesia Kalimantan Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Kalimantan Timur kotawaringin Pontianak Wisata wisata jadul kalimantan
Share