Keunikan Budaya dan Wisata Indonesia, Tak Ada di Negara Lain

Advertisement

Alam dan budaya Indonesia memang selalu menarik untuk dijelajahi. Beragam lansekap alam dan budaya adalah sebabnya. Dari Sabang hingga Merauke, keindahan alam Indonesia tampil dengan wajah yang beragam. Baik pantai, gunung, desa adat, hingga budaya masyaarakat lokalnya memiliki ketertarikan serta keunikan sendiri. Tak kaget jika wisatawan mancanegara pun banyak yang terpikat dengan keindahan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa keunikan budaya dan wisata Indonesia yang tak akan ditemukan di negara lain.

Kuburan Bayi Toraja

Pemakaman bayi Toraja via instagram/richaa_rahman

Pemakaman di Toraja memang memiliki tradisi yang cukup unik. Seperti tradisi pemakaman Rambu Solo’ dan ritual mayat berjalan. Namun selain dua tradisi tersebut, masih terdapat budaya lain yang cukup unik. Terdapat sebuah makam khusus untuk bayi yang meninggal sebelum memiliki gigi. Di Kambira, bayi-bayi tersebut ditaruh dalam sebuah peti kecil lalu ditempelkan pada sebuah pohon yang bernama pohon Tarra.

Pulau Komodo

Komodo yang hanya ada di Indonesia via instagram/indoflashlight

Pulau Komodo merupakan pulau kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan pemandangan yang memukau. Reputasinya melambung tidak lain karena menjadi habitat Komodo. Namun wilayah sekitarnya pun memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Pulau Komodo memiliki pemandangan yang hijau saat musim hujan., keindahan alamnya juga tak bisa dipungkuri. Serta pemandangan pantai dengan pasir berwarna pink.

Danau Kakaban

Wisatawan sedang berenang bersama ubur-ubur via instagram/tanyabaracchi

Ubur-ubur yang tidak menyengat adalah salah satu hewan unik yang dapat ditemukan di Danau Kakaban yang berada di Kepulauan Derawan. Jika berkunjung ke sini, teman traveler dapat menemukan sekaligus berenang bersama ubur-ubur yang tidak menyengat. Kepulauan tersebut terdiri dari 4 pulau, dua di antaranya tak berpenghuni. Berbeda dengan danau pada umumnya, tempat ini berisi air asin.

Danau Kelimutu

Gambar aerial Danau Kelimutu via instagram/airyindonesia

Keunikan alam Indonesia lainnya bisa dilihat di Flores. Generasi 90an pasti tak asing dengan Danau Kelimutu. Danau yang juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna ini pernah menghiasi wajah uang kertas Rp5000. Bahkan tiga warna yang ada pada airnya ini juga bisa berubah. Tergantung dari gas, suhu, dan mikroba yang ada di dalamnya.

Berbagai macam keindahan alam dapat ditemukan di wisata Indonesia. Mulai ujung barat hingga ujung timur, tersebar destinasi wisata yang siap untuk dijelajahi. Asal tetap jaga dan jangan dirusak dengan sampah atau kelalaian wisatawan. Turut jaga keindahan alam Indonesia ya teman traveler.

Advertisement
Tags
Alam Indonesia Wisata
Share