Nikmatnya Aneka Es Segar di Solo, Cita Rasanya Dinginkan Suasana

Advertisement

Berlibur ke kampung halamannya Presiden Joko Widodo memang menyenangkan. Banyak bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik. Kuliner dengan rasa istimewa tak kalah menarik perhatian. Seperti es segar di Solo berikut ini. Kesegarannya siap mendinginkan suasana.

1. Es Kapal Baron Surakarta

Es Kapal Baron Surakarta
Es Kapal Baron Surakarta via instagram/@solodelicious

Seunik namanya, minuman menyegarkan ini juga memiliki bentuk yang menarik. Yap, Es Kapal Baron merupakan minuman yang terbuat dari santan dan dicampur dengan serutan es batu. Keunikannya datang dari tambahan sehelai roti di atasnya. Tak lupa tambahan susu untuk memperkaya rasanya. Nah, kuliner ini dapat kamu temukan di kawasan Baron. Tepatnya di Depan Kantor Polisi Baron.

Es Kapal Baron
Es Kapal Baron via instagram/@kksdw_

2. Es Campur Pak Kutir

Es Campur Pak Kutir Solo
Es Campur Pak Kutir Solo via instagram/@solofoodgram

Panasnya Solo di siang hari memang paling pas didinginkan dengan semangkuk es campur Pak Kutir. Yap, warung es sederhana di belakang Pasar Legi yang tak jauh dari SMP 4. Porsi minuman ini melimpah. Semangkuknya terdiri dari roti, nangka, blewah, tape, jelly serta durian jika musimnya datang. Baru kemudian disiram dengan es serut, sirup vanila, cokelat, dan frambors. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bukan?

Es Campur Pak Kutir
Es Campur Pak Kutir via instagram/@jajansolo

3. Es Buah Pak Min

Es Buah Pak Min
Es Buah Pak Min via instagram/@carikulinersolo

Di Kawasan Baron memang banyak warung dengan menu minuman menyegarkan. Selain Es Kapal, ada juga es buah yang sudah berjualan sejak tahun 1961. Apalagi kalau bukan Es Buah Pak Min di Jalan Sri Nalendro. Seporsi es di sini memiliki isi yang banyak. Jenisnya pun breagam mulai dari nangka, kolang kaling, blewah, pepaya, cincau hitamn, melon, degan, dan nanas. Jika musimnya, kamu bisa meminta tambah durian. Tentu harganya berbeda.

Es Buah Pak Min Solo
Es Buah Pak Min Solo via instagram/@carikulinersolo

4. Es Gong 2000

Es Gong 2000 di Soloo
Es Gong 2000 di Solo via instagram/@jajansolo

Tidak hanya di Es Buah Pak Min, kamu juga bisa menikmati es teler dengan tambahan durian di Es Gong 2000. Campuran puding warna-warni, bubur mutiara, akpukat dan kolang-kaling menjadi isian di sini. Menariknya lagi, cita rasanya sangat pas banget. Nah, sudah penasran dengan sajian istimewa di Solo ini? Yuk, mampir ke Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Solo.

Es Gong 2000
Es Gong 2000 via instagram/@waosansurakarta

Itu dia empat es segar di Solo yang siap-siap manjakan lidah. Jadi, kapan nih jelajah kuliner di kampung halaman Presiden Joko Widodo?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo
Share