Kalahkan Malaysia, Inilah 5 Wilayah yang Jadikan Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik di Dunia 2019

Kabar gembira untuk kita semua, Indonesia dinobatkan menjadi destinasi halal tourism atau wisata halal terbaik dunia 2019 oleh Global Muslim Travel Index (GMTII) 2019. Bangganya lagi, Indonesia unggul dari 130 negara lainnya di dunia. Tahun 2018 yang lalu Indonesia dikalahkan oleh Malaysia, namun 2019 ini sebaliknya. Meskipun sama-sama dengan skor 78 dengan Malaysia, Indonesia lebih unggul.

Ini tak terlepas dari berbagai usaha wisata di berbagai tempat di Indonesia. Ada lima wisata halal di dalam negeri yang menjadikan Indonesia dinobatkan menjadi nomor 1 oleh Global Muslim Travel Index. Mereka adalah sebagai berikut ini.

Wisata Lombok

Desa Sade, via Instagram/ernandiass
Desa Sade, via Instagram/ernandiass

Lombok selama ini sudah menjadi salah satu wisata andalan Indonesia. Bahkan dalam menyuguhkan wisata halal, wilayah yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid ini tidak setengah-setengah. Lombok sukses menjadi salah satu yang membuat Indonesia jadi destinasi wisata halal dunia. Ada banyak hal yang menjadikan lombok pantas jadi destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Misalnya saja banyak menyediakan makanan halal, gampang mencari masjid, mereka memiliki perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Satu hal lagi, mereka menyediakan banyak hotel syariah. Salah satu wisata halal yang bisa dicoba adalah Makam Loang Baloq, tawarkan ziarah. Tak ketinggalan dengan wisata alamnya yang kini sedang naik daun yaitu kawasan wisata Mandalika.

Wisata Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, via Instagram/khairunnas_aditya
Masjid Raya Baiturrahman, via Instagram/khairunnas_aditya

Setelah Lombok, ada Aceh yang turut menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika Aceh memang wilayah yang menganut berbagai aturan Islam dengan baik. Dalam sektor wisata pun demikian. Pemerintah Aceh tidak main-main dan bersemangat untuk membangun wisata-wisata halal.

Salah satu daya tarik utama Aceh dalam hal wisata halal adalah Masjid Raya Baiturrahman. Ini menjadi ikon utama wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Serambi Makkah ini. Terkait transportasi, bahkan Pemkot Banda Aceh membangun trans kota dengan puluhan armada.

Wisata Riau dan Kepulauan Riau

Masjid Agung Madani, via Instagram/exploremasjid_
Masjid Agung Madani, via Instagram/exploremasjid_

Lokasi lainnya yang juga menyumbang adalah Wisata Riau dan Kepulauan Riau. Banyak hal yang menjadikan Riau dan Kepulauan Riau menjadi wisata halal untuk dikunjungi. Misalnya saja, sampai saat ini Riau masih menggunakan tulisan Arab Melayu. Ditambah lagi banyaknya destinasi wisata halal yang ditawarkan oleh Riau dan Kepulauan Riau.

Terbaru masih dalam proyek adalah Pulau Penyengat yang memang digadang-gadang jadi wisata halal atau ramah muslim. Daya tarik utamanya adalah banyaknya kuliner halal yang ditawarkan, termasuk masakan Melayu. Pulau Penyengat juga merupakan pusat sejarah dan 99 persen penduduknya beragama Islam.

Wisata Jakarta

Masjid Istiqlal, via Instagram/junn_hr
Masjid Istiqlal, via Instagram/junn_hr

Wisata Halal Terbaik di Dunia Selanjutnya ada Jakarta yang menempati urutan keempat. Beberapa waktu belakangan, Jakarta memang memprioritaskan wisata halal. Makin banyak hotel syariah yang dibangun dan pengembangan lainnya.

Ke depannya, ada beberapa destinasi yang dibidik untuk menjadi wisata halal, yakni Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Sementara untuk wisata halal yang sudah sering dikunjungi adalah Masjid Istiqlal, Jakarta Islamic Center dan dan lain-lain.

Wisata Sumatra Barat

Istana Pagaruyuang, via Instagram/dina.septria
Istana Pagaruyuang, via Instagram/dina.septria

Kelima ada wisata-wisata halal di Sumatra Barat. Bahkan wisata halal Sumatra Barat sudah menjadi bagian dari program pemerintah. Karena itulah tidak mengherankan jika area ini masuk menjadi jajaran terbaik. Mereka berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi traveler Muslim yang sesuai dengan aturan-aturan Islam.

Salah satu daya tarik utama Sumatra Barat adalah kulinernya, yakni rendang yang lezat dan bisa bertahan lama. Bahkan, karena rendang, Sumatra Barat pernah mendapatkan Word’s Best Halal Culinary Destination di ajang yang berlangsung di Abu Dhabi pada tahun 2016. Semoga ke depannya makin banyak wisata halal di Indonesia ya.

Tags
Indonesia wisata halal terbaik dunia Wisata Indonesia
Share