Mengejar Indahnya Mentari Pagi di Gunung Ireng Yogyakarta

Advertisement

Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang menyuguhkan wisata alam cukup menarik. Mulai dari deretan lautan hingga pegunungan siap memanjakan mata para traveler. Nah bagi kamu yang ingin menikmati sajian sunrise memukau, sepertinya Gunung Ireng menjadi destinasi paling rekomendasi. Gunung ini tidak hanya menyimpan sajian perbukitan yang menawan namun menjadi destinasi populer warga Gunung Kidul dan para wisatawan lainnya.

Pagi hari dengan sajian sunrise indah di Gunung Ireng Gunung Kidul
Pagi hari dengan sajian sunrise indah di Gunung Ireng Gunung Kidul. Foto via liburdulu.com

Gunung Ireng memang menjadi terbaik untuk menikmati matahari terbit, maka destinasi ini buka selama 24 jam, sehingga kamu bebas mengunjunginya kapan pun kamu mau. Bila kamu ingin menikmati sunrise pastinya kamu harus tiba dilokasi setelah subuh selesai. Dan bila kamu ingin menikmati sajian sunset, Gunung Ireng juga menawarkan spot indah ketika sore hari. Sajian matahari terbenam memang membuat siapa saja bakal terpikat akan sinar keemasan yang terpantul dibebatuan dan pepohonan sekitar bukit.

Lokasi dan Akses Destinasi Gunung Ireng

Gunung Ireng berlokasi di Dusun Srumbung, Desa Pengok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak jauh dari pusat kota Yogyakarta, cukup 30 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan. Namun sesampai di pintu masuk, kamu masih harus mendaki hingga puncak gunung selama 15 menit. Jarak hiking tidaklah jauh, hanya 250 meter saja. Namun tanjakan demi tanjakan membuat mu tampak ngos-ngos an.

Lautan awan kian tersaji sangat indah ketika pagi hari
Lautan awan kian tersaji sangat indah ketika pagi hari. Foto via dekatour.com

Jalanan menuju puncak didominasi dengan tanah berbatu. Tampak pepohonan jati yang membuat jalanan kian teduh dan asri. Terlebih treking dijalur terjal kamu tetap ditemani sajian keindahan alam sekitar yang tampak dari ketinggian.

Tiket Masuk Gunung Ireng

Kali ini kamu tak perlu bingung dengan destinasi satu ini. Ada pepatah bahwa liburan itu tidak harus mahal. Gunung Ireng hanya mematok biaya masuk sebesar Rp. 3.000 per orang, murah bukan? Namun jangan lupa menambah biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 kendaraan roda empat.

Menikmati sajian sunrise dan sunset dipuncak gunung Ireng bersama dengan sahabat
Menikmati sajian sunrise dan sunset dipuncak gunung Ireng bersama dengan sahabat. Foto via jamelatourtravel.com

Kadang bila kamu datang diwaktu pagi hari sebelum matahari terbit, sepertinya masih belum tersedia petugas diloket masuk. Sehingga kamu akan menikmati sajian keindahan Gunung Ireng secara gratis.

Keindahan Spot Gunung Ireng

Gunung Ireng merupakan sebuah bukit dengan kontur bebatuan kecil dengan puncak yang terbilang gundul. Puncak gunung ini ternyata puncak tertinggi dari Desa Srumbung. Nama Ireng diberikan oleh penduduk sekitar lantaran jenis bebatuan yang terdapat dipuncak gunung berwarna hitam. Sesuai sejarahnya, gunung Ireng adalah bagian dari Gunung api purba yang terbentuk sejak dua hingga tiga juta tahun silam.

Pintu masuk menuju puncak Gunung Ireng Gunung Kidul
Pintu masuk menuju puncak Gunung Ireng Gunung Kidul. Foto via nasirullahsitam.com

Ketinggian gunung Ireng ini hanyalah setinggi 200 meter diatas permukaan laut, namun siapa sangka menyimpan panorama yang super menakjubkan. Terlebih bila kamu ingin menyaksikan pesona sunset dan sunrise. Bila pagi hari terlihat kabut menyelimuti area lembah perbukitan serasa kamu berada diarea lautan awan.

Fasilitas Yang Disuguhkan Gunung Ireng

Nah, tak perlu khawatir ketika mendaki gunung Ireng ini, kamu akan disuguhkan berbagai fasilitas untuk kenyamana pengunjung. Fasilitas ini seperti lahan parkir yang luas, toilet, spot foto yang unik dan keren, juga lahan untuk area camp ground. Serunya gunung Ireng sudah menyediakan beberapa warung penjual makanan dan minuman.

Mendirikan tenda di camp ground Gunung Ireng dengan suasana cukup mengasyikkan
Mendirikan tenda di camp ground Gunung Ireng dengan suasana cukup mengasyikkan. Foto via rentalmobiljogja.com

Bila kamu ingin menikmati sajian keindahan Gunung Ireng seharian bisa membawa perlengkapan berkemah dan mendirikan tenda diarea camp ground. Dengan menginap disini kamu akan menyaksikan matahari terbit yang indah tanpa harus berjalan lagi dipagi buta membelah hutan jati selama perjalanan.

Advertisement
Tags
Wisata bukit Wisata Gunung Kidul Wisata Indonesia wisata nusantara Wisata Yogyakarta
Share