Wisata Guci di Tegal, Tawarkan Spot Instagenic Sampai Kereta Gantung

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal

Berbicara masalah wisata, Tegal memiliki banyak potensi yang menguntungkan. Banyak destinasi wisata alam yang menyedot perhatian, sebut saja Bukit Goa Lawa, Danau Beko Margasari dan lain-lain. Tidak kalah cantik dan menyuguhkan banyak aktivitas adalah Wisata Guci. Tempat ini merupakan salah satu wisata di Tegal yang belakangan menyedot perhatian karena penambahan kereta gantung. Yuk ulas lebih mendalam mengencai Wisata Guci di Tegal ini.

Asal Usul Nama Wisata Guci

Taman Wisata Guci, Via Instagram/rindy.citra
Taman Wisata Guci, Via Instagram/rindy.citra

Teman Traveler yang baru pertama kali mendengar istilah Wisata Guci mungkin akan sedikit mempertanyakan dari manakah nama tersebut berasal. Konon, nama Guci tersebut berasal dari zaman Wali Songo saat menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah, khususnya di Tegal. Wali tersebut dibekali air yang ditempatkan di dalam sebuah guci.

Alam yang sangat memesona, Via Instagram/paramithaditha
Alam yang sangat memesona, Via Instagram/paramithaditha

Sasyarakat setempat percaya jika air dalam guci tersebut bisa berkhasiat untuk mengobati penyakit. Namun lantaran airnya terbatas, sang wali akhirnya menancapkan tongkatnya ke tanah. Ajaibnya, setelah tongkat tersebut dicabut, mengalirlah air panas. Dan air panas yang mengalir itu disebut dengan nama Guci.

Tawarkan Pemandian Air Panas

Tawarkan pemandian air panas, Via Instagram/amelia_amelita
Tawarkan pemandian air panas, Via Instagram/amelia_amelita

Seperti yang disinggung sebelumnya, Wisata Guci di Tegal ini menawarkan pemandian air panas. Ada dua pemandian umum, yakni Pancuran 13 dan Pancuran 7. Air-air yang mengalir di pancuran tersebut dipercaya oleh masayarakat setempat dan para wisatwan yang datang bisa berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya saja rematik ataupun beragam penyakit kulit lainnya. Tak hanya pemandian air panas, di sini juga terdapat sekitar 10 air terjun yang bisa disaksikan kecantikannya.

Tambah Wahana Baru Sehingga Makin Diburu

Kereta Gantung, Via Instagram/pemalang.update
Kereta Gantung, Via Instagram/pemalang.update

Wisata Guci ini sudah lama dan untuk semakin menyedot para wisatawan ditambahkan berbagai wahana baru. Contohnya saja di tahun 2017 lalu ditambahkan spot selfie berupa Sepeda Gantung. Paling baru adalah kereta gantung yang digerakkan oleh listrik dengan panjang 250 meter. Untuk bisa mencicipi kereta gantung di wisata Guci di Tegal ini, kamu akan ditarik uang Rp20 ribu.

Lokasi Wisata Guci di Tegal

Banya air terjun, Via Instagram/larissaicha
Banya air terjun, Via Instagram/larissaicha

Wisata Guci di Tegal ini berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Lokasi tepatnya berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tepatnya di bawah kaki Gunung Slamet, sehingga suasananya begitu asri. Memiliki jarak kurang lebih 30 km dari Slawi,Jawa Tengah. Saat berada di sini, hawa dingin khas pegunungan akan menyergap siapa saja yang datang. Untuk jalurnya sendiri, Wisata Guci ini sudah bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Guci

Wisata Guci, Via Instagram/rindy.citra
Wisata Guci, Via Instagram/rindy.citra

Tertarik untuk traveling ke Wisata Guci? Tenang saja ya, harga tiketnya sangatlah murah meriah. Untuk orang dewasa tiketnya Rp5.000 saja, dan anak-anak Rp4.500. Sementara itu untuk hari libur, orang dewasa tiketnya Rp7.000 dan anak-anak Rp6.500 saja. Harga tersebut berlaku 2018, dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Tegal juga memiliki destinasi wisata yang unggulan ya. Jadi, Teman Traveler tidak perlu kebingungan lagi mencari wisata yang menyenangkan dan menyuguhkan beragam aktivitas di Tegal. Jadi, kapan berangkat?