5 Wisata Ekstrim di Jogja yang Bisa Kamu Cicipi

Advertisement

2. Gua Jomblang, Menyelami Kedalaman Gua Vertikal Untuk Menyambut Cahaya Surga

Kawasan Gunungkidul terkenal dengan jajaran pegunungan kapur. Dengan lanskap alam yang seperti itu memungkinkan wilayahnya dipenuhi dengan gua dan juga sungai bawah tanah. Dari sekian banyak gua yang terdapat di sana ada satu yang paling menantang untuk ditelusuri yaitu Gua Jomblang.

Sudah pada tahu belum dengan Gua Jomblang? Gua ini cukup terkenal setelah kemunculan perdananya beberapa tahun lalu di televisi sebagai tempat pengambilan gambar iklan sebuah produk rokok yang menayangkan aksi skateboard di dalam gua yang diterangi oleh cahaya matahari dari mulut gua di atasnya yang traveler kenal dengan istilah cahaya surga.

Gua Jomblang, Menyelami Kedalaman Gua Vertikal Untuk Menyambut Cahaya Surga, via Instagram
Gua Jomblang, Menyelami Kedalaman Gua Vertikal Untuk Menyambut Cahaya Surga, via Instagram

Gua Jomblang memiliki karakteristik vertikal yang biasa dikenal dengan sebutan luweng. Menurut penelitian gua ini terbentuk karena tanah disekitarnya ambles dan membentuk sebuah lubang. Ekosistem yang ada di atas ikut terpendam, uniknya tidak mati malah membentuk sebuah ekosistem sendiri di dalam gua yang dikenal dengan hutan purba.

Wisata ekstrim ke Gua Jomblang terbilang sangat premium dengan harga yang mahal. Satu orang dibanderol dengan tarif mulai dari Rp 450 ribu lengkap dengan pemandu dan alat keselamatan. Itu pun ditambah dengan batasan pengunjung yang mana dalam satu hari hanya diizinkan masuk sebanyak 40 orang saja. Kamu yang kepingin harus membuat janji dulu biar tidak kecewa jika datang ternyata kuotanya sudah penuh.

Advertisement
Tags
gua Indonesia Jawa Tengah pantai Paralayang Yogyakarta
Share