Rekomendasi Tempat Wisata Dieng Plateu, Destinasi Cantik di Atas Awan

Budget pas-pasan bukan berarti tak bisa liburan. Jika diolah dengan baik, Teman Traveler bisa traveling, bahkan bersama dengan keluarga besar. Salah satu caranya adalah mencari tahu tempat wisata dengan biaya terjangkau. Salah satunya destinasi wisata di Dieng Plateu. Lalu, apa saja tempat menarik di desa atas awan ini? Yuk, simak rekomendasi Kontributor Travelingyuk, Devi Kurnia Noviani yang akan bercerita tentang wisata Dieng Plateu. Simak yuk.

1. Bukit Scooter

photo by muji
Bukit Scooter

Wisata Dieng Plateu yang pertama adalah Bukit scooter. Wisata ini berada di sebelah utara desa Dieng Kulon. Dari Dieng, butuh waktu 15 menit untuk sampai di sini. Pemandangan yang ditawarkan tak perlu ditanyakan lagi. Pemandangan desa Desa Kulon dan Wetan dari atas bukit sangatlah menakjubkan. Pesonanya makin istimewa ketika matahari terbit dan matahari terbenam. Tempat wisata di ketinggian kurang lebih 2.200 mdpl ini juga menawarkan keindahan gunung eksotis, seperti Sindoro‚ Pangonan‚ Pakuwaja dan Sipandu. Harga tiket murah‚ hanya sebesar Rp5.000 per orang. Sangat cocok buat Teman Traveler yang budgetnya pas-pasan.

2. Gunung Prahu

http://instagram.com/mars.wt
Gunung Prahu via instagram/@mars.wt

Prahu yang juga dieja Prau merupakan gunung yang berada pada empat kabupaten‚ yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, dan Batang. Wisata Dieng Plateu yang satu ini menjadi gunung favorit bagi kalangan pendaki, khususnya pemula. Pasalnya, pemandangan yang ditawarkan membuat siapapun terpesona. Apalagi sunricenya. Untuk menuju puncak‚ ada dua jalur yang dapat ditempuh, yaitu melalui jalur utara (melalui Desa Dieng) dan jalur selatan (melalui desa Patak Banteng).

Tak perlu khawatir, untuk pendaki pemula yang belum punya alat-alat kemping. Di sekitar pos pemberangkatan, banyak warga yang menyediakan perawatan camping untuk disewakan. Bahkan, ada juga pemandu yang siap menunjukkan arah. Untuk harga tiket pendakian cukup terjangkau, hanya Rp10.000 per orang.

3. Bukit Sikunir

http://instagram.com/mars.wt
Telaga Sikunir via instagram/@mars.wt

Rekomendasi tempat wisata di Dieng Plateu berikutnya adalah Bukit Sikunir. Destinasi di Kabupaten Wonosobo ini selalu menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari perjalanan awal hingga sampai di atas bukit, suguhan panorama alam sangat memanjakan mata. Sebelum naik ke atas bukit udara di Telaga Cebong sangat menyegarkan. Sementara di puncak, keindahan alam telaga begitu memesan. Pastinya tak akan mau pulang setelah sampai di atas. Nah, waktu yang tepat untuk naik ke puncak ini sekitar pukul 03.00. Harga tiketnya terjangkau yaitu Rp10.000.

4. Telaga Warna

Telaga Warna
Telaga Warna

Siapa yang tak kenal dengan Telaga Warna. Destinasi wisata di Dieng ini menjadi andalan Kabupaten Wonosobo untuk menarik perhatian wisatawan. Keunikannya tidak hanya air tenang, tapi juga warnanya yang berubah-ubah. Di sini pula terdapat beberapa goa cagar budaya, seperti goa semar, goa sumur, goa jaran serta batu tulis eyang purbo waseso. Telaga warna juga cocok untuk Teman Traveler yang bosa dengan hiruk pikuknya perkotaan. Tak perlu khawatir, harga tiketnya murah, sekitar Rp10.000.

Nah, itulah empat rekomendasi tempat wisata Dieng Plateu yang bisa dikunjungi dengan budget pas-pasan. Jadi kapan nih liburan ke sini?

Tags
Banjarnegara Dieng Indonesia Jawa Tengah Wisata Dieng Wonosobo
Share