Deretan Destinasi Wisata Dieng, Pas Banget Buat Weekend Getaway

Bagi yang bingung menghabiskan waktu liburan di akhir pekan, Dieng bisa jadi salah satu alternatif yang dipertimbangkan. Terdapat sejumlah destinasi indah di daerah yang berada di wilayah Jawa Tengah tersebut. Ada banyak deretan destinasi wisata Dieng yang dijamin tak mengecewakan.

Mulai dari tempat liburan yang menyuguhkan pemandangan indah dari gardu pandang, hingga lokasi bernuansa air, ragam destinasi wisata Dieng siap memanjakan para wisatawan. Daripada penasaran, yuk kita simak rekomendasi dari salah satu kontributor Travelingyuk, Reksita Wardani.

1. Gardu Pandang Dieng

Pemandangan di Gardu Pandang Dieng
Pemandangan di Gardu Pandang Dieng via Instagram wonosobohitz

Gardu pandang ini ada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Untuk menikmati pemandangan di atasnya, pengunjung cukup membayar tiket terusan sebesar 10 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk akses penuh ke lokasi wisata.

Berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Gardu Pandang Dieng menawarkan pemandangan luar biasa dari ketinggian. Mulai dari area ladang yang membentang luas, pemukiman penduduk, hingga Gunung Sindoro terlihat sangat memukau dari sini.

2. Candi Arjuna

Megahnya Candi Dieng
Megahnya Candi Dieng via Instagram tasahiltravel

Dari Dataran Tinggi Dieng, pengunjung bisa langsung menuju ke Candi Arjuna. Tiket masuknya cukup murah, hanya 15 ribu rupiah per orang. Di sini wisatawan berkesempatan menjelajah Kompleks Percandian Arjuna, yang terdiri dari beragam candi cantik seperti Arjuna, Srikandi, dan Sembadra. Selain itu masih ada Candi Semar yang statusnya sebagai perwara alias candi pendamping.

Sebagai bonus, berbekal tiket yang sama wisatawan juga bisa menjelajahi Candi Setyaki dan Telaga Balekambang. Dua lokasi eksotis tersebut letaknya tak jauh dari Candi Arjuna.

3. Kawah Sikidang

Pemandangan di sekitar Kawah Sikidang
Pemandangan di sekitar Kawah Sikidang via Instagram mitta_ngell

Mengunjungi Kawah Sikidang, pelancong cukup menunjukkan tiket terusan yang didapatkan sebelumnya di Candi Arjuna. Di kawah ini terdapat fenomena alam sangat unik berupa lava cair dengan memiliki titik didih antara 85-100 derajat celcius. Bau belerang dan asap putih pekat juga kerap menghiasi lokasi ini.

Sejumlah hal menarik bisa dilakukan di Kawah Sikidang, seperti berfoto dengan burung hantu khas daerah ini. Namun jangan sampai mendekat ke area bibir kawah, karena lawan longsor. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati telur yang direbus langsung di atas kawah.

4. Telaga Warna

Pemandangan di Telaga Warna
Pemandangan di Telaga Warna via Instagram renfistjendi

Masuk ke Telaga Warna cukup membayar tiket seharga enam ribu rupiah. Pesona utama tempat wisata ini adalah keindahan air telaga yang bisa berubah-ubah. Apalagi suasana di sekitarnya masih asri dan sejuk, sangat pas bagi yang ingin bersantai sembari menikmati keindahan alam.

Di sekitar Telaga Warna masih terdapat tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah Goa Semar, Goa Jaran, Goa Pengantin, dan Telaga Pengilon.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin
Batu Pandang Ratapan Angin via Instagram kurniaputri36

Batu Pandang Ratapan Angin juga tidak boleh dilewatkan jika sedang berakhir pekan di kawasan Dieng. Destinasi bernuansa perbukitan ini dihiasi pemandangan batu-batu vulkanik yang membentang di sepanjang lereng Gunung Sikendil. Dari sini wisatawan bisa menyaksikan beragam spot tersembunyi nan indah.

6. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater
Dieng Plateau Theater via Instagram ramlimuhamad

Tiket terusan kawasan Wisata Dieng Plateau juga bisa digunakan memasuki Dieng Plateau Theater. Sangat direkomendasikan mampir ke sini, lantaran letaknya berdekatan dengan Batu Pandang Ratapan Angin.

Di destinasi satu ini pengunjung akan diajak menyaksikan film dokumenter singkat mengenai Dieng Plateau yang sudah dikemas sangat menarik. Tak hanya sekedar menikmati keindahan, pengunjung juga bisa menambah wawasan di tempat ini.

7. Telaga Cebong

Telaga Cebong
Telaga Cebong via Instagram alfahash

Menjelang senja, perjalanan bisa dilanjutkan ke Telaga Cebong. Pengunjung bisa mendirikan tenda sembari menikmati keindahan malam di bibir telaga. Atmosfer yang menanti di pagi hari bakal luar biasa. Tetapi jangan lupa untuk membawa pakaian tebal, karena udara sekitar sangat dingin – bisa mencapai di bawah 10 derajat celcius.

Untuk bisa memasuki kawasan Telaga Cebong wisatawan hanya perlu mengeluarkan membayar 10 ribu rupiah. Bagi yang membutuhkan, pengelola juga menyediakan penyewaan tenda dan alat-alat kemping. Homestay di rumah warga sekitar juga siap menyambut para tamu.

8. Gunung Sikunir

Suasana di Puncak Sikunir
Suasana di Puncak Sikunir via Instagram dyascandra

Setelah bermalam di Telaga Cebong, perjalanan bisa dilanjutkan ke Gunung Sikunir untuk menyaksikan matahari terbit. Pendakian ke sini umumnya dimulai pukul empat pagi, sementara keindahan sunrise bakal muncul sekitar pukul setengah enam.

Pastikan kondisi tubuh sedang fit dan siapkan senter. Medan menuju titik puncak Sikunir cukup menantang, dengan ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Udara di sana juga sangat dingin, bisa mencapai di bawah dua derajat celcius.

Bagi yang belum ingin segera pulang, tak ada salahnya mampir ke beberapa destinasi lain seperti Kawah Sileri, Telaga Menjer, maupun Telaga Dringo. Bagaimana, ada yang sudah tertarik untuk mampir ke salah destinasi wisata Dieng di atas?

Tags
Dieng Jawa Tengah Wisata
Share