Destinasi Wisata di Sawahlunto, Pecinta Alam Mesti Catat!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Wisata alam di Sawahlunto Sumatera Barat. Wisata alam di Sawahlunto Sumatera Barat.

Sawahlunto merupakan salah satu kota yang terletak di Sumatera Barat. Kota yang dulunya terkenal sebagai penghasil batu bara ini, memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik jika dibandingkan dengan kota lain. Nah, Travelingyuk sudah memberikan sejumlah rekomendasi tempat wisata di Sawahlunto yang bisa dikunjungi Teman Traveler nanti. Simak, yuk!

Puncak Microwave

Puncak Microwave
Puncak Microwave via Instagram/amema90

Terletak di Kecamatan Silungkan, kota Sawahlunto, ada satu tempat wisata menarik dan memiliki pesona alam yang indah yaitu Puncak Microwave. Di kawasan yang sama, Teman Traveler juga akan menemukan wisata alam Hutan Batu. Keunikan dari tempat ini adalah terdapat banyak batuan kapur dan koral yang menjulang tinggi keatas. Jika ingin datang ke wisata di Sawahlunto satu ini, para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati karena struktur batu yang kasar dan tajam. Ada baiknya untuk menggunakan pakaian dan alas kaki yang aman. Para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, wisatawan hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp2.000 saja.

Puncak Cemara

Puncak Cemara di Sawahlunto
Puncak Cemara di Sawahlunto via Instagram/yhacy09

Wisata di Sawahlunto yang satu ini sangat pas sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Puncak Cemara menyajikan pemandangan pepohonan cemara yang asri dibarengi dengan udara sejuk. Selain pemandangannya yang cantik, hal yang menjadi daya tarik adalah terdapat bunga raflesia yang merupakan salah satu bunga langka di Indonesia. Terletak di kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Teman Traveler bisa melihat pemandangan kota dari kejauhan. Tak perlu khawatir, di sini juga tersedia area bermain untuk anak-anak seperti perosotan.

Desa Wisata Rantih

Desa Wisata
Desa Wisata Rantih via Instagram/yogadwizantinoeriza19

Destinasi satu ini sangat menarik dan agak sedikit berbeda. Teman Traveler akan menemukan beragam wisata alam seperti beragam air terjun dan sungai. Tak hanya wisata alamnya, para wisatawan juga bisa mempelajari budaya masyarakat sekitar seperti tarian pasambahan, alat musik rebab, kerajinan tangan, dan lain-lain. Para pengunjung akan menemukan lima buah air terjun, tiga diantaranya terletak 1 km dari kantor Desa Rantih dan sisanya terletak di pinggiran Sungai Ombilin.

Puncak Batu Runciang

Puncak Batu Runciang
Puncak Batu Runciang via Instagram/mamy_triana

Hampir mirip dengan Puncak Microwave, Puncak Batu Runciang merupakah salah satu destinasi wisata alam yang terdiri dari bebatuan kapur dan koral yang menjulang tinggi. Juga menyajikan pemandangan alam dari ketinggian, yang menjadi pembeda adalah akses menuju ke lokasi. Puncak Batu Runciang memiliki jalur yang lebih baik, namun para pengunjung juga diharapkan untuk tetap berhati-hati. Terletak di Jorong Kota Baruah, Nagari Aie Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan kebun teh.

Itulah sekian destinasi wisata alam yang bisa Teman Traveler coba jika berkunjung ke Sawahlunto di Sumatera Barat. Tertarik untuk berkunjung?