4 Wisata di Purwakarta dari Ketinggian, Spot Sempurna Menikmati Sunrise hingga Sunset

Waduk Jatiluhur menjadi salah satu destinasi yang unggulkan oleh Purwakarta. Danau buatan pertama di Indonesia ini memang memiliki daya tarik sendiri, apalagi ketika mendekati waktu senja. Namun, wisata di Purwakarta tidak hanya itu saja. Banyak tempat di ketinggian yang sempurna untuk dijadikan spot menikmati sunrise dan sunset. Di mana saja? Berikut daftarnya.

1. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
Bukit Panenjoan via instagram/natashaindh

Tempat wisata di Purwakarta ini sebenarnya dikenal dengan nama Kampung Panenjoan. Letaknya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecaman Bojong. Kampung ini menawarkan pemandangan eksotis berupa area perbukitan yang berlatarkan kebun, gunung dan juga waduk. Untuk menikmati alam tersebut, Panenjoan memiliki beberapa saung bahkan gardu pandang yang kekinian. Nah, untuk saat ini, Panenjoan buka setiap hari dari jam 09.00-17.00 dengan biaya tiket masuk Rp5.000. Sempurna kan untuk hunting sunset?

2. Gunung Parang

Gunung Parang
Gunung Parang via shutterstock

Hobi memacu adrenalin? Nah, Gunung Parang pastinya cocok untuk Teman Traveler. Gunung ini menawarkan aktivitas seru yang pastinya bakal membuat liburan berkesan. Beberapa di antaranya hammocking dan rappealing.

Wisata di Purwakarta
Wisata di Purwakarta (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Di sudut lain ada Badega Parang yang merupakan area untuk pecinta panjat tebing. Sementara pemandangan yang ditawarkan oleh gunung di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru ini adalah pemandangan kota Purwakarta.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok
Gunung Bongkok via instagram/@casentana

Selanjutnya ada Gunung Bongkok yang menjadi spot sempurna untuk menikmati sunrise. Dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, Teman Traveler dapat menikmati lanskap kota, Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur di satu tempat ini. Jalur pendakiannya tergolong mudah, termasuk bagi pendaki pemula. Sementara di puncaknya, terdapat dua spot yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk yang bisa menjadi spot untuk berfoto. Keren kan wisata di Purwakarta ini?

4. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Gunung Lembu via shutterstock

Lain dengan Gunung Bongkok yang cocok untuk menikmati sunrise, Gunung Lembu merupakan tempat yang biasa dijadikan pengunjung untuk melihat sunset. Matahari terbenam di sini memang menawan karena beradu dengan perbukitan cantik dengan perkotaan yang menawan. Sayangnya, untuk mencapai puncak membutuhkan tenaga ekstra. Banyak tanjakan tajam yang cukup menguras keringat. Pun demikian, wisata di ketinggian Purwakarta ini menyajikan pemandangan istimewa. Pastinya bakal membuat Teman Traveler tak ingin beranjak dari puncaknya.

Itulah empat wisata di Purwakarta yang bisa jadi rekomendasi untuk Teman Traveler yang menikmati sunrise atau sunset. Bahkan salah satunya menawarkan keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Bagaimana? Kapan nih ke Purwakarta.

Tags
Indonesia Jawa Barat Purwakarta wisata purwakarta
Share