4 Waduk Besar di Jawa Barat, Nikmati Pemandangan Terbaik di Tanah Pasundan

Waduk bisa berupa danau alami atau buatan. Ia difungsikan untuk membendung sungai guna berbagai keperluan. Indonesia punya banyak waduk dengan pemandangan yang tidak kalah indah dibandingkan dengan danau alami atau pantai, termasuk yang ada di Jawa Barat. Dengan tidak meninggalkan fungsi utamanya, danau buatan di tanah pasundan ini punya pemandangan terbaik yang bisa dinikmati. Ini dia deretan waduk di Jawa Barat yang hadirkan pemandangan terbaik.

1. Waduk Jatiluhur

Sebagian Kecil Keindahan di Waduk Jatiluhur
Sebagian Kecil Keindahan di Waduk Jatiluhur via Instagram/firman0197

Waduk Jatiluhur yang terletak di Kabupaten Purwakarta ini merupakan waduk terbesar di Indonesia.yang mulai dibangun dari 1957 hingga 1967. Dalam kurun waktu 10 tahun, bendungan yang semula adalah pemukiman dari masyarakat di 14 desa, memakan biaya 230 juta dollar. Jatiluhur, waduk di Jawa Barat yang terbesar di Indonesia, memiliki beberapa fungsi utama.

Fungsi pertama, sebagai PLTA yang dapat menghasilkan 1.000 juta kwh per tahun. Fungsi selanjutnya, Waduk Jatiluhur juga menyediakan air irigasi untuk 242.000 ha sawah, air baku untuk minum, budi daya ikan dan pengendali banjir. Soal pemandangannya, luar biasa, Teman Traveler!

2. Waduk Jatigede

Kemegahan Waduk Jatigede Menjadi Keindahan Tersendiri
Kemegahan Waduk Jatigede Menjadi Keindahan Tersendiri via Instagram/cnnindonesia

Waduk Jatigede yang berada di Kabupaten Sumedang dan terhitung baru diresmikan ini merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia. Daya tampung waduk ini 979,5 juta meter kubik air. Tidak main-main, untuk membangun waduk ini, sebanyak 28 desa di empat kecamatan di Sumedang direlokasi.

Pembangunan salah satu waduk di Jawa Barat dengan pemandangan terbaik ini difungsikan sebagai irigasi, PLTA, sumber air bersih, dan pengendali banjir. Sayang, musim kemarau yang panjang ini, membuat Waduk Jatigede kering. Namun, sisa-sisa rumah penduduk yang direlokasi dan tampak, justru menjadi keindahan tersendiri.

3. Waduk Cirata

Waduk Cirata, Indah dan PLTA Terbesar di Asia Tenggara
Waduk Cirata, Indah dan PLTA Terbesar di Asia Tenggara via Instagram/pulaujawaphotos

Indonesia punya PLTA terbesar di Asia Tenggara! Letaknya di Desa Tegalwaru, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Daya listrik yang dihasilkan waduk ini mencapai 1.428 Giga Watthour GWh per tahun. Ia menjadi sumber listrik untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali. Waduk yang masih berada di kawasan pedesaan ini memiliki pemandangan yang menawan.

4. Waduk Karian

Meski Masih dalam Tahap Pembangunan, Megahnya Waduk Karian Sudah Terlihat
Meski Masih dalam Tahap Pembangunan, Megahnya Waduk Karian Sudah Terlihat via Instagram/lebaknow

Waduk di Jawa Barat yang satu ini masih dalam tahap pembangunan, Teman Traveler. Meski begitu, dari bentuk yang belum jadi, kemegahannya sudah dapat terlihat dengan jelas. Pemandangan di Waduk Karian tidak akan kalah menakjubkan. Danau Karian ditargetkan selesai dibangun akhir tahun 2018 ini. Ia terletak di Lebak Banten.

Selain memiliki pemandangan yang indah, waduk di Jawa Barat ini punya fungsi yang luar biasa ya. Berkunjung ke sini, pasti akan ada hal lain yang bisa Teman Traveler pelajari. Bagaimana, mana saja yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia Jawa Barat Waduk waduk di jawa barat Wisata
Share